Menu

Mode Gelap
Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (25) NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan? Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!! Ngaji Burdah syarah Mbah Sholeh Darat  ( 2 )

Kabar · 14 Mei 2020 02:07 WIB ·

1000 Paket Ramadhan Berkah untuk Fakir Miskin dan Imam Masjid


 1000 Paket Ramadhan Berkah untuk Fakir Miskin dan Imam Masjid Perbesar

nujepara.or.id – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara melalui UPZ El-Mazis Sejahtera pada ramadhan tahun ini menyalurkan program 1000 paket ramadhan berkah.

1000 paket itu terdiri dari 500 paket sembako untuk fakir miskin, 100 paket bisyarah plus sarung untuk imam mushala – masjid, dan 400 paket beras untuk dhuafa.

Program kepedulian sosial itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 silam. Perlu diketahui BMT USA Jepara merupakan salah satu baitul maal yang bernaung di bawah Asosiasi Koperasi Syariah Warga Nahdlatul Ulama (Askowanu) Jepara.

Pengelola UPZ El-Mazis Sejahtera, Chusni Maulana menjelaskan baitul maal wat tamwil mempunyai 2 program inti yaitu baitul maal dan baitut tanwil.

“Sejak berdirinya sebagai alat perjuangan ekonomi berbasis syariah menjadi satu pilihan masyarakat sebagai mitra dalam bermuamalah, BMT mempunyai peran penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat, tidak hanya produktivitas yang dikejar tapi ruh perjuangan BMT terletak dalam baitul maal yang terus-menerus menghimpun dana dari masyarakat baik zakat, infak, shadaqah,” jelasnya, Rabu (13/5).

Setelah dihimpun lanjutnya ditasharufkan kepada masyarakat yang berhak melalui beragam kegiatan, di antaranya; Elmazis Religi, Elmazis Edukasi, Elmazis Care, Elmazis Support, Elmazis Empowering, dan Elmazis Medika.

“Salah satu bentuk kegiatan ramadhan tahun ini adalah Elmazis religi berbentuk pembagian zakat sembako kepada para dhuafa,” tambah mantan Ketua PC IPNU Jepara ini.

Manajer KSPPS BMT USA Jepara, Jauharuddin menambahkan tujuan program tersebut untuk berdakwah kepada masyarakat yang berkaitan ekonomi syariah, bahwa di dalam harta yang dimiliki sebagian adalah milik orang lain.

“Kami selaku UPZ El-Mazis Sejahtera bisa bermitra dengan masyarakat dalam pengumpulan maupun pentasharufannya tentunya sesuai dengan aturan-aturan yang ada dalam petunjuk Baznas sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah,” bebernya.

Pihaknya berharap dengan program kepedulian itu benar-benar dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. Di samping itu juga masyarakat semakin pintar dalam memilih lembaga keuangan sebagai mitra dalam bermuamalah. (ip)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (25)

5 April 2024 - 15:18 WIB

Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara), Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat.

Tidak Pandang Suku, Agama dan Ras, NUPB Jepara Siap Bantu Korban Bencana

31 Maret 2024 - 21:57 WIB

NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang

20 Maret 2024 - 19:56 WIB

Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan?

19 Maret 2024 - 13:50 WIB

Kisah Raden Kusen, Senopati Terakhir Majapahit Saat Menghadapi Gempuran Demak (2)

18 Maret 2024 - 23:03 WIB

Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!!

16 Maret 2024 - 23:52 WIB

Trending di Kabar