Menu

Mode Gelap
NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan? Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!! Ngaji Burdah syarah Mbah Sholeh Darat  ( 2 ) Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat ( 2 )

Kabar · 24 Okt 2022 04:46 WIB ·

2500 Beasiswa Santri 2022 dari Baznas Dibuka, Begini Cara Daftarnya


 2500 Beasiswa Santri 2022 dari Baznas Dibuka, Begini Cara Daftarnya Perbesar

nujepara.or.id – Dalam rangka memperingati Hari Santri 2022, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Beasiswa Santri angkatan 2 tahun 2022. Beasiswa ini diperuntukkan bagi para santri aktif berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di kelas XII (3) tingkat MA sederajat yang memiliki keinginan kuat untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia pada 2023 nanti.

“Sejumlah 2500 (kuota beasiswa), untuk sementara,” terang Ketua Baznas RI Prof Noor Achmad di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Sabtu (22/10/2022).

Kuota itu, kata dia, akan bertambah dan berkembang manakala para muzakki, BUMN-BUMN, bank-bank, zakatnya diberikan kepada Baznas.

“Itu berarti juga sekaligus menambah para (penerima) beasiswa santri yang akan datang,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga akan meluncurkan 300 beasiswa untuk santri yang akan melanjutkan kuliah di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

“Bila diperkenankan, kami juga mohon Bapak Wakil Presiden yang bisa meluncurkan langsung di Mesir,” pinta Prof Noor Achmad

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang secara resmi meluncurkan program Beasiswa Santri 2022 ini, mendorong agar para santri menyiapkan diri untuk membangun.

“Kunci daripada kemakmuran, miftachul imarah, adalah (kualitas) sumber daya manusia,” ungkapnya.

Kiai Ma’ruf mengatakan, pesantren tetap menjadi tempat pendidikan yang mencetak ahli agama, penerus perjuangan ulama dan Rasulullah saw dalam memperbaiki masyarakat. Selain itu, pesantren juga harus menjadi tempat menyiapkan para kader yang dapat membawa perbaikan di berbagai bidang, baik sosial, politik, maupun budaya.

Alumnus Pesantren Tebuireng, Jombang, itu mengingatkan para santri agar belajar dan berjuang tidak karena mencari kedudukan, harta, atau jabatan. Namun, ikhlas karena Allah SWT.

Wakil Presiden ke-13 Indonesia itu juga menitipkan harapan kepada Baznas, agar beasiswa yang selama ini telah diberikan kepada ribuan santri dapat semakin ditingkatkan. Diantaranya penerima Beasiswa Baznas 2022 ini, harap Wapres kedepan akan ada yang menjadi teknokrat, birokrat, dan pemimpin Indonesia.

“Siapa tahu di antara kalian yang menerima nanti, akan menggantikan Gus Dur menjadi Presiden Rebublik Indonesia. Iya, kan? Begitu, supaya semangat,” ungkap Kiai Ma’ruf, memotivasi.

Fasilitas, Tata Cara, dan Waktu Pendaftaran Penerima beasiswa ini akan mendapatkan dana persiapan melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri/Favorit sebesar Rp. 6.000.000/santri, yang dikelola oleh pesantren dan pembinaan khusus dari pesantren dan BAZNAS.

Langkah pertama, pendaftaran dilakukan oleh perwakilan pesantren dengan melengkapi proposal pengajuan dan melengkapi dokumen sesuai format berkas persyaratan yang dapat diunduh melalui tautan: https://bit.ly/panduan-beasiswasantri2022

Langkah kedua, perwakilan pesantren mendaftar dengan mengisi dan mengunggah berkas pendaftaran di tautan: https://bit.ly/daftar-beasiswasantri2022 Pendaftaran dibuka mulai 23 Oktober hingga 6 November 2022 pukul 23.59 WIB.

“Yuk, pelajari panduan beasiswa dengan mengunduh Petunjuk Teknis Pendaftaran Beasiswa di https://bit.ly/panduan-beasiswasantri2022,” tulis akun Instagram @lembagabeasiswabaznas dan @baznasindonesia, dilihat NU Online pada Sabtu (22/10/2022).

Baca selengkapnya :

https://www.nu.or.id/nasional/dibuka-2500-beasiswa-santri-2022-dari-baznas-begini-cara-daftarnya-bM3se

Artikel ini telah dibaca 259 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang

20 Maret 2024 - 19:56 WIB

Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan?

19 Maret 2024 - 13:50 WIB

Kisah Raden Kusen, Senopati Terakhir Majapahit Saat Menghadapi Gempuran Demak (2)

18 Maret 2024 - 23:03 WIB

Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!!

16 Maret 2024 - 23:52 WIB

Sedulur Papat Limo Pancer, Wejangan Ruhani Sunan Kalijaga

15 Maret 2024 - 00:06 WIB

Kisah Raden Kusen, Senopati Terakhir Majapahit Saat Menghadapi Gempuran Demak (1)

13 Maret 2024 - 17:35 WIB

Trending di Headline