Menu

Mode Gelap
NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU Dimakamkan di Mayong, Ini Kisah Raden Ayu Mas Semangkin Sang Senopati Perang Lereng Muria Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan YPM NU Jepara Boyong Empat Tropy Juara di Gebyar PAUD dan TPQ Tingkat Jateng

Esai · 10 Apr 2023 05:54 WIB ·

Menunaikan Zakat Hakikat Menjaga Keamanan Dan Ketentraman Negara


 Menunaikan Zakat Hakikat Menjaga Keamanan Dan Ketentraman Negara Perbesar

Oleh : Kiai Roshif Arwani
Pengasuh Ponpes Annur Mangunan & Katib Syuriah MWC NU Tahunan

nujepara.or.id – Zakat merupakan kewajiban yang telah disepakati oleh para Ulama’ kewajiban zakat telah ditetapkan dalam Alqur’an dan Hadits baik secara umum atau khusus.

Sehingga telah diketahui dengan pasti sebagai bagian dari kewajiban agama jika seorang muslim mengingkari kewajiban zakat maka ia dianggap kafir dan boleh diperangi serta diambil hartanya secara paksa oleh pemerintah.

Terganggunya ketentraman dan keamanan disuatu Negara merupakan bencana besar yang tidak ada padanannya, meski suatu negara terkena berbagai mas’alah seperti wabak paceklik dan krisis finansial karena hilangnya keamanan disuatu negara itu bisa menghilangkan negara itu sendiri.

Apabila keamanan disuatu negara sudah hilang meskipun berbagai perhatian dan usaha besar telah dicurahkan (untuk menciptakan keamanan ) semua itu akan sia sia belaka selama orang kaya tidak peduli pada fakir miskin.

Para pejabat merampok harta negara rakyat tidak bisa menikmati hasil tanahnya dan dimana mana tidak ada rasa kasih sayang pada sesama, maka zakat adalah solusi untuk menumbuhkan ketentraman dan keamanan disuatu negara.

Diantara hikmah menunaikan zakat, adalah mencegah terjadinya tindakan kriminalitas dengan alasan fakir miskin.

Menguatkan pondasi-pondasi keamanan publik sehingga tidak muncul merampok mencuri dan membunuh karna adanya zakat yang ia terima, dan terjaganya martabat kemanusian di tengah-tengah masyarakat sebab adanya kedermawanan orang kaya dan tumbuhnya kasih sayang antar sesama.

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Menyingkap Makna Perintah Membaca dalam Al-Qur’an

24 Maret 2024 - 11:48 WIB

FATAL! Sekaliber Gus Muwaffiq Kok Mem”Ba’alawi”kan Sanad Keilmuan Mbah KH. Hasyim Asyari (?)

10 November 2023 - 09:14 WIB

Ngaji Filosofi: Siapa Manusia Yang Sukses Meneladani Nabi Muhammad?

28 September 2023 - 22:58 WIB

Garam : “Misi Suci” Yang Sering Terkapitalisasi!

15 Agustus 2023 - 05:03 WIB

Ngaji Tematik : Banyak Pintu Meraih Sukses

8 Mei 2023 - 09:01 WIB

Badan Usaha Milik Pesantren di Jepara Siap Kembangkan Sayap

18 April 2023 - 23:01 WIB

Trending di Pesantren