Menu

Mode Gelap
Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU Dimakamkan di Mayong, Ini Kisah Raden Ayu Mas Semangkin Sang Senopati Perang Lereng Muria Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

Kabar · 14 Mei 2020 02:07 WIB ·

1000 Paket Ramadhan Berkah untuk Fakir Miskin dan Imam Masjid


 1000 Paket Ramadhan Berkah untuk Fakir Miskin dan Imam Masjid Perbesar

nujepara.or.id – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara melalui UPZ El-Mazis Sejahtera pada ramadhan tahun ini menyalurkan program 1000 paket ramadhan berkah.

1000 paket itu terdiri dari 500 paket sembako untuk fakir miskin, 100 paket bisyarah plus sarung untuk imam mushala – masjid, dan 400 paket beras untuk dhuafa.

Program kepedulian sosial itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 silam. Perlu diketahui BMT USA Jepara merupakan salah satu baitul maal yang bernaung di bawah Asosiasi Koperasi Syariah Warga Nahdlatul Ulama (Askowanu) Jepara.

Pengelola UPZ El-Mazis Sejahtera, Chusni Maulana menjelaskan baitul maal wat tamwil mempunyai 2 program inti yaitu baitul maal dan baitut tanwil.

“Sejak berdirinya sebagai alat perjuangan ekonomi berbasis syariah menjadi satu pilihan masyarakat sebagai mitra dalam bermuamalah, BMT mempunyai peran penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat, tidak hanya produktivitas yang dikejar tapi ruh perjuangan BMT terletak dalam baitul maal yang terus-menerus menghimpun dana dari masyarakat baik zakat, infak, shadaqah,” jelasnya, Rabu (13/5).

Setelah dihimpun lanjutnya ditasharufkan kepada masyarakat yang berhak melalui beragam kegiatan, di antaranya; Elmazis Religi, Elmazis Edukasi, Elmazis Care, Elmazis Support, Elmazis Empowering, dan Elmazis Medika.

“Salah satu bentuk kegiatan ramadhan tahun ini adalah Elmazis religi berbentuk pembagian zakat sembako kepada para dhuafa,” tambah mantan Ketua PC IPNU Jepara ini.

Manajer KSPPS BMT USA Jepara, Jauharuddin menambahkan tujuan program tersebut untuk berdakwah kepada masyarakat yang berkaitan ekonomi syariah, bahwa di dalam harta yang dimiliki sebagian adalah milik orang lain.

“Kami selaku UPZ El-Mazis Sejahtera bisa bermitra dengan masyarakat dalam pengumpulan maupun pentasharufannya tentunya sesuai dengan aturan-aturan yang ada dalam petunjuk Baznas sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah,” bebernya.

Pihaknya berharap dengan program kepedulian itu benar-benar dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. Di samping itu juga masyarakat semakin pintar dalam memilih lembaga keuangan sebagai mitra dalam bermuamalah. (ip)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani

19 Juli 2024 - 15:01 WIB

NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU

16 Juli 2024 - 16:16 WIB

Prihatin Pengguna Transportasi Umum Menurun, Mahasiswa Unisnu Ciptakan Aplikasi JETA

14 Juli 2024 - 22:46 WIB

Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama

10 Juli 2024 - 11:52 WIB

Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

10 Juli 2024 - 01:31 WIB

Peserta Pawai Obor Desa Bawu berjalan kaki menyambut Tahun Baru Islam 1446 H

YPM NU Jepara Boyong Empat Tropy Juara di Gebyar PAUD dan TPQ Tingkat Jateng

9 Juli 2024 - 09:41 WIB

Trending di Kabar