Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 14 Mei 2020 02:07 WIB ·

1000 Paket Ramadhan Berkah untuk Fakir Miskin dan Imam Masjid


 1000 Paket Ramadhan Berkah untuk Fakir Miskin dan Imam Masjid Perbesar

nujepara.or.id – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara melalui UPZ El-Mazis Sejahtera pada ramadhan tahun ini menyalurkan program 1000 paket ramadhan berkah.

1000 paket itu terdiri dari 500 paket sembako untuk fakir miskin, 100 paket bisyarah plus sarung untuk imam mushala – masjid, dan 400 paket beras untuk dhuafa.

Program kepedulian sosial itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2010 silam. Perlu diketahui BMT USA Jepara merupakan salah satu baitul maal yang bernaung di bawah Asosiasi Koperasi Syariah Warga Nahdlatul Ulama (Askowanu) Jepara.

Pengelola UPZ El-Mazis Sejahtera, Chusni Maulana menjelaskan baitul maal wat tamwil mempunyai 2 program inti yaitu baitul maal dan baitut tanwil.

“Sejak berdirinya sebagai alat perjuangan ekonomi berbasis syariah menjadi satu pilihan masyarakat sebagai mitra dalam bermuamalah, BMT mempunyai peran penting dalam pengembangan ekonomi masyarakat, tidak hanya produktivitas yang dikejar tapi ruh perjuangan BMT terletak dalam baitul maal yang terus-menerus menghimpun dana dari masyarakat baik zakat, infak, shadaqah,” jelasnya, Rabu (13/5).

Setelah dihimpun lanjutnya ditasharufkan kepada masyarakat yang berhak melalui beragam kegiatan, di antaranya; Elmazis Religi, Elmazis Edukasi, Elmazis Care, Elmazis Support, Elmazis Empowering, dan Elmazis Medika.

“Salah satu bentuk kegiatan ramadhan tahun ini adalah Elmazis religi berbentuk pembagian zakat sembako kepada para dhuafa,” tambah mantan Ketua PC IPNU Jepara ini.

Manajer KSPPS BMT USA Jepara, Jauharuddin menambahkan tujuan program tersebut untuk berdakwah kepada masyarakat yang berkaitan ekonomi syariah, bahwa di dalam harta yang dimiliki sebagian adalah milik orang lain.

“Kami selaku UPZ El-Mazis Sejahtera bisa bermitra dengan masyarakat dalam pengumpulan maupun pentasharufannya tentunya sesuai dengan aturan-aturan yang ada dalam petunjuk Baznas sebagai lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah,” bebernya.

Pihaknya berharap dengan program kepedulian itu benar-benar dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. Di samping itu juga masyarakat semakin pintar dalam memilih lembaga keuangan sebagai mitra dalam bermuamalah. (ip)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: