Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 3 Nov 2022 02:25 WIB ·

Ajang Pencarian Bibit Atlet NU yang Berkualitas, Ratusan Pelajar MI Ikuti Porsema Ma’arif


 Ajang Pencarian Bibit Atlet NU yang Berkualitas, Ratusan Pelajar MI Ikuti Porsema Ma’arif Perbesar

nujepara.or.id – Sebanyak 588 pelajar madrasah ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Jepara, mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Madrasah (Porsema) Ma’arif KKMI 02 Jepara, Rabu (2/11/2021). Pelajar yang berprestasi di tingkat kabupaten ini berkesempatan mewakili Jepara saat ajang Porsema Provinsi Jawa Tengah.

Perlombaan bergengsi yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Muh Habib ini digelar di kompleks Madrasah Mathalibul Huda Mlonggo. Hadir saat pembukaan Ketua Tanfidziyah PCNu Jepara Kh Charis Rohman, pengurus NU, Lembaga Pendidikan Maarif NU, pengurus KKMI 02, KKMTs 02, KKMA 02 Jepara dan elemen lainnya.

“Kegiatan ini penting untuk mendapat wakil terbaik yang akan dikirim ke provinsi. Selamat bertanding dan tetap junjung tinggi sportivitas,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib saat membuka kegiatan.

Ada 15 cabang olahraga dan seni yang dipertandingkan saat Porsema Ma’arif KKMI 02. Di antaranya catur, lari jarak jauh, lari sprint, bola voli, bulutangkis, dan sepak takraw. Sedangkan cabang seni memperlombakan kaligrafi, MTQ, puisi religi, pidato bahasa Jawa, pidato bahasa Indonesia, dan pencak silat.

Ratusan pelajar yang ikut dalam pertandingan ini sebelumnya telah lolos seleksi pada Porsema tingkat KKMI (Kelompok Kerja MI) di wilayah masing-masing. Para peserta itu berasal dari tujuh KKMI kecamatan se-Kabupaten Jepara. Rinciannya adalah KKMI adalah KKMI Donorojo, Keling, Bangsri, Mlonggo, Pakisaji, Tahunan dan KKMI Istimewa yang merupakan gabungan MI lintas-kecamatan.

“Para peserta ini adalah atlet terbaik di kecamatannya masing-masing,” kata ketua Panitia Porsema Ma’arif KKMI 02 Jepara, Mariyoto.

Menurut Mariyoto, selain untuk memilih wakil yang akan dikirim dalam ajang Porsema tingkat Provinsi Jateng, kegiatan ini juga sekaigus untuk menjaring potensi pelajar madrasah/sekolah di bawah LP Maarif NU, khususnya terkait bidang olahraga dan seni.

“Semoga dengan perlombaan ini para pelajar NU ini juga punya bekal yang komplit baik jasmani maupun rohani untuk bekal masa depan membangun bangsa,” harapnya.

Salah seorang pelajar MI yang berprestasi di ajang porsema ini adalah Muhammad Wardan Husain. Pelajar MI Miftahul Huda Bulungan ini mewakili KKMI Pakisaji. Wardan menjadi juara 2 Lomba Lari Sprint Porsema tingkat kabupaten ini. Wardan berharap bisa dikirim mewakili Jepara saat ajang Porsema Provinsi Jateng.

“Harapannya seperti itu. Kalau tahun ini tidak bisa, saya akan berlatih lebih keras semoga 2023 bisa mewakili Jepara,” harapnya.

Saat ajang porsema ini, bendera Komite Olahraga Nahdlatul Ulama (KONU) PCNU Jepara berkibar untuk pertama kalinya. KONU merupakan Badan Khusus yang bergerak di bidang olahraga warga nahdliyin di Kabupten Jepara.

Pembentukan KONU diputuskan melalui Musyawarah Kerja Cabang PCNU Jepara yang pertama pada tanggal 17 Juli 2022 di MWC NU Batealit. Setelah itu kepengurusan KONU dibentuk secara resmi melalui Surat Keputusan PCNU Jepara dengan nomor: 0189/PC/A.II.a/H.08/IX/2022. KONU yang dipimpin Waskito, ST dikukuhkan pada hari Jumat malam, 21 Oktober 2022 di Lapangan Pantai Bandengan yang bertepatan dengan malam tasyakuran Hari Santri Nasional tahun 2022.

Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara KH Charis Rohman berharap kehadiran KONU di Kabupaten Jepara ini berkontribusi positif meningkatkan semangat berolahraga dan berprestasi khususnya di kalangan nahdliyin.

“Semoga KONU ini membawa angin segar bagi atlet-atlet nahdliyin di semua cabang olahraga,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: