Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 13 Des 2020 04:52 WIB ·

BMT USA Jepara Serahkan 5 Kambing untuk Anggota


 BMT USA Jepara Serahkan 5 Kambing untuk Anggota Perbesar

nujepara.or.id – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara dalam rangka untuk memberdayakan anggota menyerahkan 5 kambing kepada 5 orang.

Program bertajuk Empowering Tebar Ternak tersebut merupakan tindak lanjut dari program-program sebelumnya. Ketua Pengurus KSPPS BMT USA Jepara, H Mustaqim Umar menjelaskan setelah sukses program Empowering gerobag es tebu kepada anggota dua tahun silam tahun ini melalui Baitul Maal El Mazis juga melaksanakan program lanjutan yakni Pelatihan Budidaya dan Tebar Benih Lele yang sudah dilaksanakan pertengahan tahun.

“Akhir tahun ini kami melaksanakan tebar ternak kambing kepada para peternak kecil yang ada di keanggotaan KSPPS BMT USA Jepara,” jelasnya.

Dikatakan Mustaqim program Baitul Maal yang dikelolalanya tahun ini mengalami penurunan fundrising yang diakibatkan adanya Pandemi Covid-19. “Walaupun begitu dengan segala upaya tetap ingin memberikan yang terbaik untuk umat melalui kegiatan-kegiatan baik santunan konsumtif kepada masyarakat terdampak Covid maupun kegiatan produktif yang diarahkan untuk anggota yang mempunyai usaha. Dan akhir tahun ini salah satu yang menjadi bidikan adalah dunia peternakan yaitu tebar ternak kambing,” jelasnya yang juga Pengurus Yaptinu Jepara ini.

Manajer KSPPS BMT USA Jepara, M. Juaruddin menambahkan program tersebut bertujuan untuk mensupport anggota yang mempunyai usaha ternak kambing skala kecil dengan memberi tambahan ternak per orang 1 ekor kambing betina untuk dirawat dan dikembangbiakkan.

“Harapannya dari seekor kambing yang diberikan bisa beranak pinak menjadi banyak,” tambahnya.

Ditambahkan, apabila sudah beranak maka anggota penerima manfaat mempunyai kewajiban untuk mengembalikan anak pertama dari induk kambing kepada BMT yang nantinya akan disalurkan kepada penerima manfaat selanjutnya.

“Sedangkan induk dan anakan kambing selanjutnya menjadi milik anggota penerima manfaat. Sehingga program ini tidak terputus merambah ke banyak anggota yang membutuhkan,” lanjut Pengurus PC Ansor Jepara ini.

Salah satu penerima manfaat, Jumeno menghaturkan terima kasih diberikan kepercayaan untuk merawat kambing tersebut.

“Saya harap melalui program ini BMT USA betul-betul memposisikan sebagai mitra masyarakat khususnya anggota untuk pengembangan ekonomi anggota menjadi lebih baik,” pungkas pria asal Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara ini. (sm)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Memakna Budaya Merdeka

14 Agustus 2022 - 03:20 WIB

Perkemahan Satu Hari : 
Kecerahan Anak Yang Mulai “Bangkit”

14 Agustus 2022 - 02:02 WIB

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: