Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 13 Des 2020 04:52 WIB ·

BMT USA Jepara Serahkan 5 Kambing untuk Anggota


 BMT USA Jepara Serahkan 5 Kambing untuk Anggota Perbesar

nujepara.or.id – Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Ummat Sejahtera Abadi (USA) Jepara dalam rangka untuk memberdayakan anggota menyerahkan 5 kambing kepada 5 orang.

Program bertajuk Empowering Tebar Ternak tersebut merupakan tindak lanjut dari program-program sebelumnya. Ketua Pengurus KSPPS BMT USA Jepara, H Mustaqim Umar menjelaskan setelah sukses program Empowering gerobag es tebu kepada anggota dua tahun silam tahun ini melalui Baitul Maal El Mazis juga melaksanakan program lanjutan yakni Pelatihan Budidaya dan Tebar Benih Lele yang sudah dilaksanakan pertengahan tahun.

“Akhir tahun ini kami melaksanakan tebar ternak kambing kepada para peternak kecil yang ada di keanggotaan KSPPS BMT USA Jepara,” jelasnya.

Dikatakan Mustaqim program Baitul Maal yang dikelolalanya tahun ini mengalami penurunan fundrising yang diakibatkan adanya Pandemi Covid-19. “Walaupun begitu dengan segala upaya tetap ingin memberikan yang terbaik untuk umat melalui kegiatan-kegiatan baik santunan konsumtif kepada masyarakat terdampak Covid maupun kegiatan produktif yang diarahkan untuk anggota yang mempunyai usaha. Dan akhir tahun ini salah satu yang menjadi bidikan adalah dunia peternakan yaitu tebar ternak kambing,” jelasnya yang juga Pengurus Yaptinu Jepara ini.

Manajer KSPPS BMT USA Jepara, M. Juaruddin menambahkan program tersebut bertujuan untuk mensupport anggota yang mempunyai usaha ternak kambing skala kecil dengan memberi tambahan ternak per orang 1 ekor kambing betina untuk dirawat dan dikembangbiakkan.

“Harapannya dari seekor kambing yang diberikan bisa beranak pinak menjadi banyak,” tambahnya.

Ditambahkan, apabila sudah beranak maka anggota penerima manfaat mempunyai kewajiban untuk mengembalikan anak pertama dari induk kambing kepada BMT yang nantinya akan disalurkan kepada penerima manfaat selanjutnya.

“Sedangkan induk dan anakan kambing selanjutnya menjadi milik anggota penerima manfaat. Sehingga program ini tidak terputus merambah ke banyak anggota yang membutuhkan,” lanjut Pengurus PC Ansor Jepara ini.

Salah satu penerima manfaat, Jumeno menghaturkan terima kasih diberikan kepercayaan untuk merawat kambing tersebut.

“Saya harap melalui program ini BMT USA betul-betul memposisikan sebagai mitra masyarakat khususnya anggota untuk pengembangan ekonomi anggota menjadi lebih baik,” pungkas pria asal Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara ini. (sm)

Artikel ini telah dibaca 192 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar