Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Hujjah Aswaja · 20 Jul 2022 12:37 WIB ·

Gandeng LTN NU Jepara, IPNU-IPPNU Tegalsambi Gelar Pelatihan Jurnalistik


 Pelatihan jurnalistik yang digelar IPNU-IPPNU Tegalsambi dengan menggandeng LTN NU Jepara. Perbesar

Pelatihan jurnalistik yang digelar IPNU-IPPNU Tegalsambi dengan menggandeng LTN NU Jepara.

nujepara.or.id- Beralihnya media informasi dari cetak ke digital membuat masyarakat sangat mudah mengakses berita. Para penulis berita pun dituntut untuk menyampaikan informasi secara cepat dan tepat dengan tidak meninggalkan kaidah jurnalistik.

Menggandeng Pengurus Cabang Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (PC LTN NU) Kabupaten Jepara, Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU Desa Tegalsambi yang diketuai oleh Muhammad Sokheh (IPNU) dan Najma Muniroh (IPPNU) menggelar pelatihan jurnalistik di Gedung NU Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Selasa (19/7/2022).

Dalam pelatihan tersebut, Ulil Abshor, anggota PC LTN NU Jepara yang hadir sebagai pemateri, memperkenalkan dasar-dasar dalam penulisan berita yaitu 5W 1H. Kemudian dilanjutkan bagaimana trik membuat sebuah judul. Karena judul ibarat barang dagangan yang dipajang di etalase toko. Semakin menarik sebuah judul, semakin penasaran pula para pembacanya.

Selain trik membuat judul berita, membuat lead berita menjadi sebuah hal penting untuk mengajak pembaca semakin penasaran dengan isi berita. Selain judul dan lead berita, dalam ilmu jurnalistikpun dikenal dengan beberapa jenis tulisan, seperti straith news, feature, dan artikel.

Peserta pelatihan yang terdiri dari anggota IPNU-IPPNU Ranting Tegalsambi kemudian diajak mempraktekkan menulis berita dengan menggunakan kaidah 5W 1H. Rencananya, petemuan selanjutnya akan semakin dikembangkan bagaimana cara menulis artikel, esai, hingga pembuatan video. Hal ini sesuai dengan program PC LTN NU Jepara yang akan bekerjasama dengan RMI, LP Ma’arif, IPNU-IPPNU seperti yang telah diputuskan dalam Muskercab NU 1 2022. (ipnu/ippnu tegalsambi)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sembilan Nilai Warisan Gus Dur, Apa Saja?  

9 Agustus 2022 - 01:37 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ini Tujuh Peristiwa Penting Pada 10 Muharram

5 Agustus 2022 - 02:07 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: