Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Hujjah Aswaja · 20 Jul 2022 12:37 WIB ·

Gandeng LTN NU Jepara, IPNU-IPPNU Tegalsambi Gelar Pelatihan Jurnalistik


 Pelatihan jurnalistik yang digelar IPNU-IPPNU Tegalsambi dengan menggandeng LTN NU Jepara. Perbesar

Pelatihan jurnalistik yang digelar IPNU-IPPNU Tegalsambi dengan menggandeng LTN NU Jepara.

nujepara.or.id- Beralihnya media informasi dari cetak ke digital membuat masyarakat sangat mudah mengakses berita. Para penulis berita pun dituntut untuk menyampaikan informasi secara cepat dan tepat dengan tidak meninggalkan kaidah jurnalistik.

Menggandeng Pengurus Cabang Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (PC LTN NU) Kabupaten Jepara, Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU Desa Tegalsambi yang diketuai oleh Muhammad Sokheh (IPNU) dan Najma Muniroh (IPPNU) menggelar pelatihan jurnalistik di Gedung NU Desa Tegalsambi, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Selasa (19/7/2022).

Dalam pelatihan tersebut, Ulil Abshor, anggota PC LTN NU Jepara yang hadir sebagai pemateri, memperkenalkan dasar-dasar dalam penulisan berita yaitu 5W 1H. Kemudian dilanjutkan bagaimana trik membuat sebuah judul. Karena judul ibarat barang dagangan yang dipajang di etalase toko. Semakin menarik sebuah judul, semakin penasaran pula para pembacanya.

Selain trik membuat judul berita, membuat lead berita menjadi sebuah hal penting untuk mengajak pembaca semakin penasaran dengan isi berita. Selain judul dan lead berita, dalam ilmu jurnalistikpun dikenal dengan beberapa jenis tulisan, seperti straith news, feature, dan artikel.

Peserta pelatihan yang terdiri dari anggota IPNU-IPPNU Ranting Tegalsambi kemudian diajak mempraktekkan menulis berita dengan menggunakan kaidah 5W 1H. Rencananya, petemuan selanjutnya akan semakin dikembangkan bagaimana cara menulis artikel, esai, hingga pembuatan video. Hal ini sesuai dengan program PC LTN NU Jepara yang akan bekerjasama dengan RMI, LP Ma’arif, IPNU-IPPNU seperti yang telah diputuskan dalam Muskercab NU 1 2022. (ipnu/ippnu tegalsambi)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: