Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Esai · 15 Agu 2023 05:03 WIB ·

Garam : “Misi Suci” Yang Sering Terkapitalisasi!


 Garam : “Misi Suci” Yang Sering Terkapitalisasi! Perbesar

nujepara.or.id – Konon garam yang kita konsumsi sehari-hari ini adalah merupakan sedekahnya Nabiyulloh Ibrohim Alaihissalam semenjak kurun beliau hingga sekarang, ila Yaumil qiyamah!

Sampai Hari Kiamat Kelak! (Karena yang berkisah adalah Syaikh Nawawi bin Umar al-Bantani Al-Jawi : tsumma Al-Makky, di dalam Risalah Qomi’ut-Tughyannya, maka kata “konon” di atas kuranglah “pantas”, dan kita yakini saja akan ihwal kebenarannya)

Alkisah, diriwayatkan bahwa sosok nabi yang begitu terkenal akan kedermawanannya (sakho’) adalah Nabiyulloh Ibrahim ‘AS. Beliau begitu masyhur dalam menyempurnakan akan “hidangan” dan “suguhan” kepada tamu-tamu. Sangatlah pemurah!

Sehingga suatu kali dalam munajatnya kepada Allah, Nabi Ibrahim AS tak segan-segan memohon supaya bisa bersedekah kepada seluruh umat manusia sampai akhir zaman. (Aneh dan musykil dalam pandangan dan logika insan!

Sehingga satu suara pun mengingatkan kepada Ibrahim AS : “Hai Ibrahim, bagimana itu mungkin?”) Makan dengan yakin, Nabiyulloh Ibrahim pun semakin mempertegas apa yang menjadi “himmahnya”

“Aduhai Tuhanku! Bukankah Engkau adalah Tuhan yang maha kuasa atas segala sesuatu?”

Zat Kafur (Elemen Garam) Maka Allah mengabulkan do’a Nabiyulloh Ibrahim AS dan mengutus Malaikat Jibril AS supaya mengambil “Zat Kafur” yang berwarna putih dari surga untuk ditaburkan di lautan yang pada akhirnya zat Kafur itulah yang menjadi elemen garam.

(Berikut sekian manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia) Garam adalah benar-benar sedekah Nabiyulloh Ibrahim AS yang dengannya beliau semakin lengkap dikenang sepanjang zaman seperti doanya yang ingin menjadi: ‘Lisana shidqin fil-akhirin” (Dikenang dan dipersepsikan bagus, menjadi ‘buah bibir” oleh kaum yang terlahir kemudian)

Dan para Ulama Sufi pun tak segan-segan “melirik” derajatnya di sisih Allah (yang bergelar “Kholilulloh”) dalam Muroqobah mereka .

Terutama di dua jenjeng Muroqobah yaitu: 1) Muroqobah Maqom Ibrahim, dan 2) Muroqobah Mahabbah Shirfah (yaitu muroqobah di Maqom cinta yang tulus murni).

WAL-HÀSHIL! Itulah sekelumit kisah tentang garam, yang sayangnya ketika produksi garam melimpah di sepanjang area : Teluk Jepara, Semat, Tanggul Telare, Bulak Baru, Panggung, Kedung, sampai wilayah selatan; yaitu Demak (Menco) dan sekitarnya, sekali lagi ketika produksi Garam melimpah tidak menjamin adanya pendapatan yang melimpah juga.

Soalnya kita tahu semua, harga garam yang anjlok, dan munculnya “permainan kartel”!*

Oleh : Murtadho Hadi
(Penulis merupakan Pengurus LTN PCNU Jepara) 

Artikel ini telah dibaca 309 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar