Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 26 Mar 2021 07:11 WIB ·

GP Ansor Bangsri Gandeng Kesbangpol Perkuat Wawasan Kebangsaan


 GP Ansor Bangsri Gandeng Kesbangpol Perkuat Wawasan Kebangsaan Perbesar

Sosialisasi wawasan kebangsaan kerja bareng PAC GP Ansor Bangsri dan Kesbangpol. (Istimewa)

nujepara.or.id – Dalam rangka memperkuat kaderisasi, Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara menyelenggarakan pelatihan bersama Kesbangpol Jepara.

Acara dilaksanakan di Pesantren Sadamiyah Guyangan, Jumat (26/3) pagi.

Kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dalam rangka Penguatan dan Pemantapan Ideologi Pancasila itu diikuti puluhan kader dari sejumlah ranting PAC Bangsri. Masing-masing ranting mengirimkan minimal dua kader.

Beberapa materi dan narasumber seperti dari kiai, kepolisian, TNI, akademisi, dan praktisi turut mengisi acara tersebut. Diharapkan dari materi yang disampaikan dari para narasumber dapat menjadikan para peserta menjadi lebih memahami tentang akar-akar gerakan radikal yang mengancam eksistensi kebangsaan.

Ketua PAC GP Ansor Bangsri, Ahnafudin menyampaikan bahwa radikalisasi dalam hal beragama pada khususnya masih menjadi ancaman dewasa ini. Fonomena tersebut digambarkan sebagaimana gunung es, di mana terorisme yang muncul di permukaan hanya sebagian kecil dari gerakan radikal yang ada di tengah masyarakat.

“Atas dasar itu, kegiatan pelatihan ini diselenggarakan bersama dengan pemerintah Kabupaten Jepara,” jelasnya.

Selain sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan pelatihan mendeteksi paham radikalisme agama.

Pelatihan ini akan lebih menekankan dari pengalaman di lapangan dari para kader Ansor terkait dengan potensi radikalisasi agama. Acara direncanakan diselenggarakan sampai dini hari.

Sebagai tindak lanjut, para peserta yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat mencermati potensi radikalisasi agama di lingkungannya masing-masing. Setelah mencermati dan memahami, langkah selanjutnya para kader dapat melakukan antisipasi atau pencegahan. (md)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar