Menu

Mode Gelap
PAC Ansor Kedung Gelar Silaturahmi dan Konsolidasi ke Ranting Bukan Calistung, Ini Enam Hal yang Penting Ditanamkan Saat Pembelajaran Anak Usia Dini PC Muslimat NU Jepara Gelar Diklat Paralegal, Bentuk Pos Pengaduan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Fatayat Jepara Kota Lantik Kepengurusan 11 Ranting Baru Turba ke Ranting, MWCNU Nalumsari Targetkan Kinerja Lazisnu

Hujjah Aswaja · 26 Mar 2023 04:32 WIB ·

Habib Abdulloh al Hindwan : “Sang Juru Damai”


 Habib Abdulloh al Hindwan Perbesar

Habib Abdulloh al Hindwan

Oleh Kiai Hisyam Zamroni*

nujepara.or.id- Empat puluh hari sudah wafatnya Bib Dullah, saya baru bisa menulis tentang “realitas Bib Dullah” karena keluasan “gerakan sosial dan keagamaanya” yang lintas batas teks dirinya sendiri dengan mendirikan komunitas yang di beri nama : Jam’iyyah Hubburrosul.

Gerakan sosial dan keagamaan Hubburrosul terwujud dan terimplementasi dari pola pikir dan laku Bib Dullah sebagai “juru damai” ketika wilayah Kudus, Jepara dan Demak mengalami tahun tahun “kegelapan” yaitu masa “gesekan politik” pada awal era reformasi.

Kegelisahan Bib Dullah melihat ummatnya saling “tawur-politik” membuahkan sebuah pemikiran tentang “resolusi konflik” dengan menggunakan pendekatan “kultural” yaitu melalui strategi “iter burdahan” di setiap lapangan sepakbola, rumah rumah, dan majlis majlis dari kecamatan ke kecamatan dan dari desa ke desa se wilayah Kudus, Jepara dan Demak yang disingkat dengan “Kuromak” dengan mengkampanyekan slogan: “Kita wong Kuromak adalah saudara”.

Strategi “iter burdahan” membuahkan hasil yang mengagumkan dimana Bib Dullah mampu menggeser pola pikir dan prilaku masyarakat “kuromak” yang berawal dari “tawur – politik” menjadi “damai itu indah” yang hingga saat ini dirasakan oleh masyarakat “kuromak”.

Setelah kedamaian masyarakat terwujud, dengan kecerdasannya, Bib Dullah merekonstruksi “iter Burdahan” menjadi dua makna yaitu Burdahan bil – lisan dan Burdahan bil hal.

Burdah bil lisan adalah sebuah prosesi maulid dengan membaca Burdah yang dilakukan secara rutin di semua lini baik di majlis majlis, di rumah rumah maupun di even even lainnya dengan satu tujuan agar masyarakat cinta kepada Kanjeng Nabi Muhammad Rosulillah SAW sehingga mendapatkan syafa’atnya di dunia dan kelak di akherat.

Sedangkan Burdah bil hal adalah menjadikan maulid sebagai motivator dan support untuk berkarya, memiliki etos kerja yang tinggi, menjadi seorang profesional dalam bisnis, dan berilmu pengetahuan yang mumpuni sehingga mampu mensejahterahkan kehidupan masyarakat. Hal ini bisa kita lihat betapa gigihnya Bib Dullah mendorong jama’ah Hubburrosul untuk memiliki UMKM, memiliki lembaga pendidikan yang berkualitas dan lain lain.

Dari realitas diatas, kita dapat memahami secara mendalam bahwa Bib Dullah adalah “seorang pembeda” dari kebanyakan orang yang “berstatus sama” baik dari sisi kecerdasan, cara memahami masyarakat, memahami gerakan dan keikhlasannya dalam mengangkat harkat dan martabat masyarakat “Kuromak”.

Semoga kita mampu meneruskan perjuangan Bib Dullah melaksanakan Burdah bil lisan dan Burdah bil hal dalam kehidupan sehari hari. Aamiin Aamiin Aamiin.

*Wakil Tanfidziyah PCNU Jepara

Artikel ini telah dibaca 553 kali

Baca Lainnya

Bukan Calistung, Ini Enam Hal yang Penting Ditanamkan Saat Pembelajaran Anak Usia Dini

9 Juni 2023 - 01:25 WIB

Dua dosen Unisnu Jepara Dina Amalia, M.Pd dan Aliva Rosdiana, M.Pd saat menjadi pembicara pada kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan bimbingan belajar Ilman Nafi’ Klaling Jekulo.

Satu Siswi MA NU Al-Mustaqim Lolos Tahap Pertama Program Inisiator Muda Moderasi Agama Madrasah Tahun 2023

8 Juni 2023 - 05:36 WIB

PAC GP Ansor Nalumsari Sosialisasikan Tantangan Kebangsaan

8 Juni 2023 - 05:25 WIB

Generasi Muda Harus Amalkan Pancasila

7 Juni 2023 - 08:24 WIB

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jepara menggelar sosialisasi dan forum diskusi.

Kolaborasi MWCNU Nalumsari dan Mayong Bahas Problem Keumatan

6 Juni 2023 - 02:01 WIB

Kolaborasi jamaah dari dua MWCNU di wilayah Jepara bagian Selatan masih tetap terjaga.

Gerakan SIDoWaRaS MWC NU Tahunan: Bermula dari Data Terbitlah Dana

5 Juni 2023 - 10:42 WIB

Trending di Headline
%d blogger menyukai ini: