Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 24 Okt 2021 14:24 WIB ·

Hari Santri, KKMTs 02 Gelar Lomba Virtual


 Hari Santri, KKMTs 02 Gelar Lomba Virtual Perbesar

Penyerahan piala Lomba KKMTs 02 dalam memeriahkan hari santri. (Foto: Istimewa)

nujepara.or.id – “Pandemi jangan menjadi alasan untuk tidak mengembangkan kreativitas, justru momentum inilah guru ditantang kreativitasnnya untuk melaksanakan pembelajaran meski lewat daring,” demikian pesan H. Fathul Huda, Ketua LP Ma’arif PCNU Jepara saat membuka Grand Final Lomba Hari Santri yang diselenggarakan oleh KKMTs 02 Jepara.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian lomba yang sebelumnya dilaksanakan secara virtual. Lomba yang dilaksanakan di MTs Hasyim Asyari Bangsri tersebut diikuti oleh madrasah di bawah naungan KKMTs 02 Jepara. Beberapa mata lomba yang sebelumnya dilaksanakan secara virtual adalah MTQ, lomba baca puisi religi, dan lomba video profil madrasah. Sedangkan lomba MHQ (Musabaqah Hifzhil Qur’an) dilaksanakan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan.

Hadir dalam apel pembukaan Grand Final antara lain KH Nuruddin Amin, KH Zainul Umam, H. Fathul Huda, dan Mualimin. Beberapa Kepala madrasah dan para finalis lomba Hari Santri juga turut serta dalam acara Apel Lomba Hari Santri.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2021 dan puncak acara tanggal 22 Oktober ini disambut antusias oleh peserta. “Ini merupakan moment yang saya tunggu, setelah 2 tahun melewati keterbatasan kegiatan karena pandemi,” papar Amalia Ulfah, siswi MTs Nahdlatul Fata Petekeyan juara harapan 1 dalam lomba baca puisi.

H. Subekhan, ketua panitia mengemukakn kegiatan bertujuan memberi ruang ekspresi siswa-siswi dalam mengembangkan bakat dan minat setelah lumpuh total selama pandemi. Di samping itu, sebagai ajang pemanasan sebelum dihelat kegiatan Porsema (Pekan Olahraga dan Seni Maarif) yang akan dilaksanakan pada tahun depan. Secara khusus dilaksanakan lomba MHQ (Musabaqah Hifzhil Qur’an)  juz 1 – 3 yang menjadi ajang untuk menakar keberhasilan program Tahfizh yang sudah menjadi trend di beberapa madrasah.

Mualimin, Ketua KKMTs 02 Jepara mengapresiasi dan memberi dukungan atas terselenggaranya lomba dalam rangka Hari Santri. ” Ayo terus tingkatkan prestasimu dan jangan hanya berhenti di sini,” tuturnya. Lebih lanjut ia mengaku surprise saat mengetahui jumlah peserta MHQ mencapai 50 siswa- siswi. “Ini di luar dugaan saya,” cetusnya.

Sebagai puncak kegiatan hari santri akan dilaunching Web. KKMTs 02 Jepara yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 26 Oktober 2021. Web ini  hadir sebagai respon atas perkembangan teknologi yang membutuhkan kecepatan informasi dan kemudahan mengakses data. Di samping itu, sebagai ruang komunikasi dan sosialisasi madrasah di wilayah KKMTs 02 Jepara. (sb)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: