Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 5 Sep 2016 09:28 WIB ·

Hidupkan Kembali “Afkar” Lewat Pelatihan Jurnalistik


 Hidupkan Kembali “Afkar” Lewat Pelatihan Jurnalistik Perbesar

Pelatihan Jurnalistik SMK Kholiliyah Bangsri

Pelatihan Jurnalistik di SMK Kholiliyah Bangsri 1-2 September 2016

JEPARA – Tahun 2013 dan 2014 SMK Kholiliyah Bangsri Jepara berhasil menerbitkan majalah tahunan Afkar. Setelah itu hingga saat ini majalah vakum, belum diterbitkan lagi.

Nah, untuk menghidupkan kembali majalah berjargon berpikir, bertindak dan berkarya Lembaga Pers Siswa (LPS) Afkar melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang dilaksanakan Kamis-Jum’at (01-02/09/16).

Selama dua hari, 25 peserta dari SMP IT dan SMK Kholiliyah memperoleh materi pengenalan jurnalistik, menulis artikel, sastra dan berita. Adapun pemateri berasal dari pegiat jurnalistik sekolah dan madrasah.

Pasang surutnya kegiatan jurnalistik di sekolah tersebut, kata Sahal Humami pembina ekskul lantaran minimnya SDM dari siswa. Setelah vakum 1 tahun ada siswa yang memiliki inisiatif untuk menghidupkan kembali kegiatan tulis-menulis tersebut.

Guru yang sering disapa Gus Humam ini mengemukakan karena ditugasi untuk membimbing jurnalistik dari pihak sekolah sebisa mungkin pihaknya bekerja keras mengembangkannya.

“Setiap Sabtu seminggu sekali kita ada latihan rutin dengan pemberian materi. Sebelum PJTD kemarin juga kami mengadakan pra PTJD agar peserta ada gambaran sebelum pelatihan,” tambahnya.

Kegiatan tersebut imbuhnya untuk membekali ilmu jurnalistik juga untuk meneruskan produksi majalah tahunan edisi berikutnya. (sm)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar