Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 29 Agu 2022 03:23 WIB ·

Ini Cara LPTNU, Ma’arif dan UIN Walisongo Genjot Kualitas Guru Di Jepara


 Ini Cara LPTNU, Ma’arif dan UIN Walisongo Genjot Kualitas Guru Di Jepara Perbesar

nujepara.or.id – Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jepara melalui KKMTs 02 bekerjasama dengan UIN Walisongo Semarang mengadakan Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Sabtu 27 Agustus 2022.

Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan di Gedung LP Ma`arif NU Krapyak, Jepara tersebut dihadiri Ketua KKMTs 02 Jepara, Mualimin, Kepala LPTNU Jepara, Maghfurin, TIM Pengabdian UIN Walisongo Semarang, Alis Asikin, dan Rokhani. Pelatihan diikuti 79 guru-guru mata pelajaran Bahasa Arab tingkat MTS se-Kabupaten Jepara. Demikian dikutip dari Tribun Jateng.

Ketua KKMTs 02 Jepara, Mualimin, menuturkan kegiatan tersebut merupakan runtutan agenda kerja Pengurus KKMTs dalam rangka peningkatan kualitas tenaga pengajar terlebih lagi pengajar mapel Bahasa Arab di wilayah kelompok kerja Madrasah yang dipimpinnya.

“Diharapkan nanti, implikasinya ataupun outputnya bisa menjadikan seluruh Pengajar Mapel Bahasa Arab yang ada di KKMTs 02 ini bisa memiliki skil tambahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di kelas, umpomo ustad ustadzhahnya kreatif, santri-santrine kan luwih gampang mudeng (Jika ustadz-ustadzahnya kreatif, pasti murid-muridnya akan lebih mudah faham)” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjateng.com, Minggu (28/8/2022).

Selain itu, Mualimin juga menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut, yakni memfasilitasi seluruh pengajar Bahasa Arab KKMTs 02 Jepara untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, wawasan, dan skill dalam digitalisasi pendidikan.

“Selanjutnya memberikan keterampilan kepada peserta bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran berbasis digital,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPTNU Jepara, Maghfurin, merasa bangga dan menyampaikan terima kasih kepada TIM Pengabdian UIN Walisongo terutama Ketua TIM, Alis Asikin, dengan adanya program Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab bagi Tenaga Pengajar se – KKMTs 02 Jepara..

“Kami sangat bangga, karena dapat melaksanakan kegiatan ini bersama TIM Pengabdian UIN Walisongo Semarang yang sangat luar biasa ini,” ujarnya

Dirinya menyampaikan, kegiatan pelatihan ini merupakan suatu usaha penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab yang menarik dan menyenangkan.

“Semoga Pelatihan ini dapat bermanfaat untuk lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Jepara,” ucapnya.

Selain itu, Maghfurin mengatakan, kemajuan teknologi menjadi hal wajib diikuti perkembangannya dalam dunia pendidikan. Karena itu, kemampuan guru atau tenaga pengajar dalam mendesaign sebuah media pembelajaran menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Maka sangat tepat sekali jika Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah 02 di Kabupaten Jepara mengadakan pelatihan media media pembelajaran ini, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan skill Tenaga Pengajar Bahasa Arab khususnya di Kabupaten Jepara,” ujar Maghfurin.

Ketua TIM Pengabdian, Alis Asikin, yang juga menjabat Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo, menyebutkan, perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat pada era sekarang semakin memudahkan manusia hampir pada seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan. Menurutnya, perlu adanya suatu kegiatan untuk mengasah, melatih dan saling berbagi ilmu.

“Maka dari itu untuk meningkatkan skill atau kemampuan diri dalam hal kreatifitas khususnya bagi dunia pendidikan, kita (UIN dan KKMTs 02) adakan pelatihan ini,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul LPTNU Jepara dan UIN Walisongo Semarang Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Bahasa Arab untuk Guru

Artikel ini telah dibaca 94 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: