Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 11 Apr 2022 08:58 WIB ·

Ini Tujuan LPNU Data Pelaku UMKM di Kalangan Nahdliyyin Jepara


 Ini Tujuan LPNU Data Pelaku UMKM di Kalangan Nahdliyyin Jepara Perbesar

nujepara.or.id- Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) bertekad membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuannya, supaya warga Nahdliyyin di Jepara bisa mandiri dan kuat secara ekonomi.

 

Sochib Achmada, Ketua LPNU Jepara, mengatakan bahwa peta UMKM di warga NU Jepara sejauh ini beum ada databasenya. Hal itu dianggap menyulitkan LPNU untuk memberikan akses pelatihan.

 

Saat ini, kata Sochib, jika ada pelatihan untuk UMKM , LPNU meminta rekomendasi dari Muslimat, Fatayat, Ansor dan MWC LPNU karena mereka yang mempunyai basis massa.

 

“Bagi LPNU cara tersebut kurang efektif, bisa saja yang diminta ikut pelatihan tidak sesuai dengan kebutuhan usaha mereka,” jelas Sochib, Senin 11 April 2022.

 

Dengan adanya database nanti, LPNU bisa menunjuk langsung UMKM NU mana yang memang membutuhkan pelatihan. Selanjutnya dengan database, juga dapat digunakan sebagai pijakan LPNU dalam melakukan mentoring atau pendampingan kepada UMKM NU.

 

Dalam program ini, lanjut Sochib, UMKM yang disasar ini tentunya warga Nahdliyin yang punya usaha skala mikro dan kecil yang bersedia meningkatkan usahanya untuk naik kelas.

 

“Kita tidak menarget jumah UMKM. Target kami ada kualitas pendampingan bukan kuantitas. Jika memang data yang masuk cukup banyak, akan kita bikin cluster,” imbuh Sochib.

 

Dalam melaksanakan pelatihan, LPNU nantinya bisa melakukan sendiri atau berkolaborasi dengan pihak lain.

 

Sochib menambahkan, pendataan tersebut juga bertujuan untuk membantu pemberian akses permodalan. Selain itu, pelaku UMKM juga bisa berjejaring dengan UMKM NU se Indonesia. (qih)

Artikel ini telah dibaca 282 kali

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar