Menu

Mode Gelap
Lakpesdam NU Jepara Tancap Gas Penguatan Kaderisasi NU, PD-PKPNU Angkatan Ke-3 Digelar di Mlonggo Awal Maret 2023 Kiai Charis Turun Langsung Sosialisasikan RSNU Jepara, Gencarkan SIDoWaRaS Hingga Ranting Wakaf 4 m2 untuk RSNU, Petinggi Tahunan: Warga NU
Harus Dukung Inovasi Bidang Kesehatan
Meriahkan 1 Abad NU, Lesbumi Semaikan Pesan Nasionalisme Lewat Pementasan Ketoprak Santri NU Jepara Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru

Kabar · 11 Apr 2022 08:58 WIB ·

Ini Tujuan LPNU Data Pelaku UMKM di Kalangan Nahdliyyin Jepara


 Ini Tujuan LPNU Data Pelaku UMKM di Kalangan Nahdliyyin Jepara Perbesar

nujepara.or.id- Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) bertekad membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuannya, supaya warga Nahdliyyin di Jepara bisa mandiri dan kuat secara ekonomi.

 

Sochib Achmada, Ketua LPNU Jepara, mengatakan bahwa peta UMKM di warga NU Jepara sejauh ini beum ada databasenya. Hal itu dianggap menyulitkan LPNU untuk memberikan akses pelatihan.

 

Saat ini, kata Sochib, jika ada pelatihan untuk UMKM , LPNU meminta rekomendasi dari Muslimat, Fatayat, Ansor dan MWC LPNU karena mereka yang mempunyai basis massa.

 

“Bagi LPNU cara tersebut kurang efektif, bisa saja yang diminta ikut pelatihan tidak sesuai dengan kebutuhan usaha mereka,” jelas Sochib, Senin 11 April 2022.

 

Dengan adanya database nanti, LPNU bisa menunjuk langsung UMKM NU mana yang memang membutuhkan pelatihan. Selanjutnya dengan database, juga dapat digunakan sebagai pijakan LPNU dalam melakukan mentoring atau pendampingan kepada UMKM NU.

 

Dalam program ini, lanjut Sochib, UMKM yang disasar ini tentunya warga Nahdliyin yang punya usaha skala mikro dan kecil yang bersedia meningkatkan usahanya untuk naik kelas.

 

“Kita tidak menarget jumah UMKM. Target kami ada kualitas pendampingan bukan kuantitas. Jika memang data yang masuk cukup banyak, akan kita bikin cluster,” imbuh Sochib.

 

Dalam melaksanakan pelatihan, LPNU nantinya bisa melakukan sendiri atau berkolaborasi dengan pihak lain.

 

Sochib menambahkan, pendataan tersebut juga bertujuan untuk membantu pemberian akses permodalan. Selain itu, pelaku UMKM juga bisa berjejaring dengan UMKM NU se Indonesia. (qih)

Artikel ini telah dibaca 113 kali

Baca Lainnya

Ketua PCNU Jepara: Peringatan Satu Abad NU Momentum untuk Refleksi

5 Februari 2023 - 05:11 WIB

Lakpesdam NU Jepara Tancap Gas Penguatan Kaderisasi NU, PD-PKPNU Angkatan Ke-3 Digelar di Mlonggo Awal Maret 2023

4 Februari 2023 - 08:58 WIB

Jajaran Lakpesdam PCNU Jepara menggelar rapat koordinasi dengan pengurus MWCNU Mlonggo dan Kepala SMK Az-Zahra Mlonggo terkait persiapan pelaksanaan PD-PKPNU angkatan ke-3.

Kiai Charis Turun Langsung Sosialisasikan RSNU Jepara, Gencarkan SIDoWaRaS Hingga Ranting

3 Februari 2023 - 23:03 WIB

Ketua Tanfidziyah PCNU Jepara KH Charis Rohman mengukuhkan lembaga-lembaga Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kecapi 3 di Masjid Ar-Roudloh, Kecapi Kaligede RT 18 RW 03 Kecapi Tahunan Jepara, Kamis (2/2/2023) malam.

Wakaf 4 m2 untuk RSNU, Petinggi Tahunan: Warga NU
Harus Dukung Inovasi Bidang Kesehatan

1 Februari 2023 - 15:06 WIB

Petinggi Tahunan H Muhadi , pengurus NU Tahunan dan panitia penggerak wakaf RSNU saat kegiatan peringatan 1 Abad NU, Selasa (30/1/2023).

Meriahkan 1 Abad NU, Lesbumi Semaikan Pesan Nasionalisme Lewat Pementasan Ketoprak Santri

1 Februari 2023 - 14:36 WIB

Pementasan Ketoprak Santri dengan lakon “Sang Naga Samudra Satru Bebuyutan Portugis”.

NU Jepara Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru

1 Februari 2023 - 13:56 WIB

Ilustrasi NU menerangi dunia
Trending di Esai
%d blogger menyukai ini: