Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 11 Apr 2022 08:58 WIB ·

Ini Tujuan LPNU Data Pelaku UMKM di Kalangan Nahdliyyin Jepara


 Ini Tujuan LPNU Data Pelaku UMKM di Kalangan Nahdliyyin Jepara Perbesar

nujepara.or.id- Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) bertekad membangkitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuannya, supaya warga Nahdliyyin di Jepara bisa mandiri dan kuat secara ekonomi.

 

Sochib Achmada, Ketua LPNU Jepara, mengatakan bahwa peta UMKM di warga NU Jepara sejauh ini beum ada databasenya. Hal itu dianggap menyulitkan LPNU untuk memberikan akses pelatihan.

 

Saat ini, kata Sochib, jika ada pelatihan untuk UMKM , LPNU meminta rekomendasi dari Muslimat, Fatayat, Ansor dan MWC LPNU karena mereka yang mempunyai basis massa.

 

“Bagi LPNU cara tersebut kurang efektif, bisa saja yang diminta ikut pelatihan tidak sesuai dengan kebutuhan usaha mereka,” jelas Sochib, Senin 11 April 2022.

 

Dengan adanya database nanti, LPNU bisa menunjuk langsung UMKM NU mana yang memang membutuhkan pelatihan. Selanjutnya dengan database, juga dapat digunakan sebagai pijakan LPNU dalam melakukan mentoring atau pendampingan kepada UMKM NU.

 

Dalam program ini, lanjut Sochib, UMKM yang disasar ini tentunya warga Nahdliyin yang punya usaha skala mikro dan kecil yang bersedia meningkatkan usahanya untuk naik kelas.

 

“Kita tidak menarget jumah UMKM. Target kami ada kualitas pendampingan bukan kuantitas. Jika memang data yang masuk cukup banyak, akan kita bikin cluster,” imbuh Sochib.

 

Dalam melaksanakan pelatihan, LPNU nantinya bisa melakukan sendiri atau berkolaborasi dengan pihak lain.

 

Sochib menambahkan, pendataan tersebut juga bertujuan untuk membantu pemberian akses permodalan. Selain itu, pelaku UMKM juga bisa berjejaring dengan UMKM NU se Indonesia. (qih)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

Baca Lainnya

Memakna Budaya Merdeka

14 Agustus 2022 - 03:20 WIB

Perkemahan Satu Hari : 
Kecerahan Anak Yang Mulai “Bangkit”

14 Agustus 2022 - 02:02 WIB

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: