Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

IPNU-IPPNU · 24 Apr 2019 09:20 WIB ·

IPNU-IPPNU Krasak Gelar Ruwahan Massal


 IPNU-IPPNU Krasak Gelar Ruwahan Massal Perbesar

nujepara.or.id – PR IPNU-IPPNU Desa Krasak Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara menggelar kegiatan ruwahan massal serta khatmil qur’an bil ghoib bertempat di kediaman Kiai Malkan, Ahad (21/4/2019). Kegiatan selain dihadiri kader IPNU juga Banom NU serta warga sekitar.

Kegiatan bertemakan “Merawat dan Menjaga Tradisi Ukhuwah Ahlisunnah Wal Jamaah An-nahdliyah” itu bertujuan mensyiarkan dan mengawal tradisi positif dari ulama NU terdahulu serta sebagai ajang mempererat tali persaudaraan antar anggota, pengurus dan alumni melalui do’a bersama, khataman al-Qur’an, kepungan nampan, dan bincang-bincang dengan alumni ” Temu Kangen Alumni” sebagai ajang silaturahmi dan motivasi dalam berorganisasi.

Kiai Muhammad Kiram dalam mauidlahnya mengatakan ruwahan, kegiatan mengirimkan doa kepada orang-orang yang telah meninggal. Ruwahan lanjutnya termasuk ke dalam bid’ah khasanah yang menjadi tradisi NU yang perlu dilestarikan karena di dalamnya penuh kebaikan.

Selain menjelaskan tentang ruwahan Kiai Kirom juga mengungkapkan tentang Syaban yang berasal dari 5 huruf hijaiyah. Syin (syafa’at) berarti pertolongan, ain (keluhuran kemuliaan), ba’ (kebaikan), alif (penghubung/condong), dan nun (penuh cahaya).

“Secara harfiah berarti Sya’ban ialah bulan penghubung dari dua bulan yang mulia, bulan yang penuh ampunan, kemuliaan, kebaikan, serta penuh cahaya untuk membersihkan hati supaya kita siap menyambut bulan suci Ramadhan,” pungkasnya. (rikha)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Memakna Budaya Merdeka

14 Agustus 2022 - 03:20 WIB

Perkemahan Satu Hari : 
Kecerahan Anak Yang Mulai “Bangkit”

14 Agustus 2022 - 02:02 WIB

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: