Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 26 Jan 2021 13:54 WIB ·

Jum’at Berbagi, Cara Lesbumi – LAZISNU Jepara Berbagi untuk Dhuafa


 Jum’at Berbagi, Cara Lesbumi – LAZISNU Jepara Berbagi untuk Dhuafa Perbesar

nujepara.or.id – Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jepara mempunyai cara untuk berbagi khususnya kepada janda, duda yang sudah tak bekerja serta yatim piatu yakni dengan menggelar kegiatan Jum’at Berbagi.

Kegiatan yang sudah dilaksanakan mulai Desember 2020 rutin dilaksanakan saben Jum’at. Adapun sasaran penerima warga di lingkungan RT 03 dan RT 04 RW 01 Desa Kedungmalang Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara.

Ketua PC Lesbumi PCNU Jepara, Ngateman mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ingin setiap hari Jum’at bisa berbagi kepada sesama dan meringankan beban masyarakat di sekitar. “Selain itu kami ingin mendapatkan keberkahan karena mulianya hari Jum’at,” katanya.

Di samping itu program juga terinspirasi dari sedekah nasi bungkus yang biasanya diberikan sehabis Shalat Jum’at.

Kegiatan yang masih berlangsung hingga sekarang tersebut kemudian dikomunikasikan dengan LAZISNU PCNU Jepara. Sebagai bentuk dukungan setiap bulan LAZISNU PCNU Jepara memberikan bantuan berupa beras 25 kg, mie 2 kardus, minyak 5 kg, dan uang. “Dari bahan baku dan uang tersebut kami olah dengan dibantu relawan,” tambahnya.

Selain disupport LAZISNU Jum’at Berbagi juga didukung dari kas, dan iuran pengurus Lesbumi dan donator yang tidak mengikat.

Saben Jum’at bentuk barang yang dibagikan berupa nasi dan air mineral yang dibagikan kepada 30 orang.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut sedikit membantu kepada sesama meski semampunya terutama di lingkungan yang masih kesulitan dalam hal ekonomi. “Semoga program ini semakin berkembang dan memperoleh dukungan serta bantuan dari masyarakat. Sehingga kedepan tidak hanya nasi kotak yang kami berikan namun merambah ke bentuk yang lainnya,” harap Ngateman. Sampai sekarang pihaknya juga mencoba untuk istiqamah melaksanakan program. “Karena yang sulit itu adalah istiqamah,” pungkasnya. (sm)

Artikel ini telah dibaca 63 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar