Menu

Mode Gelap
Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

Hujjah Aswaja · 14 Jan 2023 02:42 WIB ·

LTMNU Bentengi Masjid dan Musala NU di Jepara dari Faham Radikal


 Ketua PC Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Jepara KH Miftahuddin Al Jafari dan jajaran saat kegiatan Rakor LTMNU se-Kabupaten Jepara, baru-baru ini. Perbesar

Ketua PC Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Jepara KH Miftahuddin Al Jafari dan jajaran saat kegiatan Rakor LTMNU se-Kabupaten Jepara, baru-baru ini.

nujepara.or.id – Penangkapan anggota Khilafatul Muslimin maupun beberapa warga terduga berafiliasi dengan organisasi terorisme di wilayah Kabupaten Jepara beberapa waktu lalu membuka mata berbagai masyarakat jika faham radikal memang ada di Kota Ukir.

Oleh karena itu, perlu upaya yang sistematis untuk membentengi warga dewasa hingga anak-anak khususnya dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU) agar tidak terpapar faham radikal itu.

Ketua PC Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Jepara KH Miftahuddin Al Jafari`mengatakan progam deradikalisasi menjadi tanggung jawab bersama. Berbagai elemen masyarakat harus mengambil peran sesuai dengan kapasitas dan kompetensi masing-masing untuk menangkal radikalisme bahkan terorisme yang bisa menyusup melalui berbagai cara dan sarana.

Faham terlarang itu tak hanya menyusup melalui berbagai konten di dunia maya, namun juga aksi di dunia nyata. Semisal pengambilalihan tempat ibadah yang nantinya bisa digunakan untuk propaganda radikalisme atau terorisme.

“Makanya kita juga perlu menjaga tempat ibadah seperti masjid dan musala khususnya milik NU agar tidak diambil-alih mereka. Karena lewat masjid dan musholla NU itu faham Ahlussunah wal Jamaah akan terus lestari. Faham yang mengajarkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamiin. Islam yang ramah, bukan Islam yang marah,” kata Kiai Miftah saat kegiatan Rakor Kinerja PC LTNMNU se-Kabupaten Jepara, baru-baru ini.

Terkait hal itu, PC LTMNU Kabupaten Jepara melakukan kegiatan yang merujuk pada program kerja Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) masa khidmah 2022-2026, yakni melakukan labelisasi nama masjid dan musala Nahdlatul Ulama. 
Program ini dijalankan melalui kegiatan pemasangan papan (papanisasi) di tempat peribadatan masjid dan musala.

Upaya ini dilakukan selain untuk mengidentifikasi masjid dan musala di bawah naungan NU, juga sebagai usaha menjaga dan melestarikan keberadaan masjid dan musala dari faham dan aliran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

“Untuk kebaikan dan kesuksesan kegiatan labelisasi nama masjid dan musala Nahdlatul Ulama di wilayah Kabupaten Jepara, diperlukan semacam Pedoman Labelisasi Nama Masjid dan Musala NU. Hal ini penting untuk ketertiban, kerapian, dan keindahan dalam pemasangan papan nama,” ujar Kiai Miftah. 

Menurutnya, pedoman yang sudah tersusun itu bersifat opsi pilihan. Artinya tidak harus sesuai dengan pedoman ini, namun dapat mengambil sikap sendiri dalam melakukan label nama masjid dan musala NU.

Beberapa masjid dan musala yang belum memiliki label nama NU dapat merujuk kepada pedoman ini. Namun untuk masjid dan musala yang sudah tertera label nama NU, boleh mengganti atau tetap dengan label nama yang sudah ada.

“Terpenting ada hal mendasar yang wajib ada dari kegiatan papanisasi masjid dan musala NU yakni pencantuman Lambang Nahdlatul Ulama,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 87 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara

28 Januari 2023 - 01:17 WIB

Petinggi Tegalsambi Agus Santoso secara simbolis menyerahkan wakaf tunai kepada Ketua Tim Penggerak Wakaf Tanah RSNU Desa Tegalsambi Purnomo.

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara

23 Januari 2023 - 01:58 WIB

Sebanyak 50 Anak Yatim Mendapat Santunan dari Muslimat NU Petekeyan

20 Januari 2023 - 14:27 WIB

Kesambet

19 Januari 2023 - 08:46 WIB

KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

19 Januari 2023 - 07:09 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: