Menu

Mode Gelap
Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

Kabar · 24 Feb 2019 08:38 WIB ·

Mahasiswa Ajak Santri Al Falah Pelajari Ilmu Falak


 Mahasiswa Ajak Santri Al Falah Pelajari Ilmu Falak Perbesar

Jepara – Sebanyak 25 santri putri Pesantren Al-Falah Desa Ngasem Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara mengikuti Pelatihan Ilmu Falak yang diselenggarakan mahasiswa KKN Unisnu Jepara yang berlangsung di Pesantren, Kamis (14/2/2019)

Acara yang dimulai pukul 20.00 – 21.30 WIB diisi Hudi, Wakil Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Unisnu Jepara. Materi yang disampaikan mengenai waktu shalat secara fiqih dan astronomi, serta menentukan arah kiblat secara praktis dengan menggunakan kompas yang ditarik dengan busur.

Respon dari peserta antusias terlihat ketika sedang praktik menentukan arah kiblat bahkan mereka meminta pelatihan lagi lain waktu dengan materi penanggalan masehi dan penanggalan jawa secara praktis, cepat, dan mudah dipahami.

“Ruang materi ilmu falak mencakup arah kiblat, waktu shalat, penanggalan masehi, penanggalan hijriyah, penanggalan jawa, gerhana bulan dan matahari, membuat kalender, mengoprasikan teropong bintang, dan lain-lain. Ini adalah salah satu materi kuliah Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum yang diharapkan akan mencetak mahasiswa yang paham ilmu falak secara teori menggunakan kalkulator dan excel  serta praktiknya,” terang Hudi praktisi ilmu Falak.

Disela-sela menyampaikan pihaknya berpesan kepada para santri. “Setelah pelatihan ini kalian bisa menerapkan bagaimana mengukur arah kiblat dengan benar ketika akan menjalankan shalat sebelum mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler di sekolah dan perlu diingat meskipun arah kiblat tidak tepat bila merujuk pada ilmu fikih tetap sah namun jika perhitungnnya tidak sesuai dengan ilmu falak tidak tepat maka tidak sah,” tandasnya. (Indah)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara

28 Januari 2023 - 01:17 WIB

Petinggi Tegalsambi Agus Santoso secara simbolis menyerahkan wakaf tunai kepada Ketua Tim Penggerak Wakaf Tanah RSNU Desa Tegalsambi Purnomo.

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara

23 Januari 2023 - 01:58 WIB

Sebanyak 50 Anak Yatim Mendapat Santunan dari Muslimat NU Petekeyan

20 Januari 2023 - 14:27 WIB

Kesambet

19 Januari 2023 - 08:46 WIB

KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

19 Januari 2023 - 07:09 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: