Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 19 Jul 2019 00:52 WIB ·

Mahasiswa Syariah Amati Gerhana Bulan di Alun-alun Jepara


 Mahasiswa Syariah Amati Gerhana Bulan di Alun-alun Jepara Perbesar

Mahasiswa Syari’ah Unisnu mengamati gerhana bulan di Alun-alun Jepara.

nujepara.or.id – Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Unisnu Jepara mengadakan pengamatan gerhana bulan di Alun-alun 1 Jepara pada Rabu (16-17/7/2019) dini hari. Pengamatan ini dimulai pukul 18.30 WIB dengan pemasangan teropong dan alat-alat lainnya.

Pengamatan ini dipimpin oleh Hudi, Wakil Dekan FSH dan juga tim Lajnah Falakiyah Unisnu dengan dibantu beberapa mahasiswa yang dikoordinatori Afif Faisal, mahasiswa prodi Hukum Keluarga Islam.

Kegiatan tersebut memancing minat masyarakat sekitar yang sedang berkunjung di alun-alun untuk menyaksikan proses pengamatan gerhana bulan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Masyarakat yang penasaran untuk melihat bulan lebih dekat dapat melihat melalui beberapa teropong yang sudah disediakan, ada 4 teropong yang disediakan dalam kegiatan ini.

Koordinator kegiatan, Afif Faisal berharap kegiatan ini dapat mengenalkan Fakultas Syariah dan Hukum kepada masyarakat di Jepara khususnya.

“Saya berharap pengamatan ini bisa mengenalkan kepada masyarakat luas, khususnya tentang ilmu falak yang mungkin masyarakat luas kurang mengetahui atau memahami hal ini. Dengan kegiatan ini alhamdulillah masyarakat banyak yang mengunjungi dan melihat lihat juga mengamati bulan lebih dekat melalui teropong yang kami sediakan,” imbuh Afif.

Wakil Dekan FSH, Hudi juga berharap pengamatan tersebut dapat memfasilitasi mahasiswa dalam pengaplikasian mata kuliah ilmu falak agar nantinya dapat terjun di masyarakat.

Menurut hasil pengamatan gerhana dimulai sekitar pukul 03.01 wib dan puncak gerhana terjadi pukul 04.30 wib dengan lebar gerhana 65%. Gerhana diperkirakan akan selesai pada pukul 05.59 wib, namun karena telah memasuki waktu subuh akhirnya pengamatan hanya sampai pukul 04.50 wib. (Puspita Maharani)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: