Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 19 Jul 2019 00:52 WIB ·

Mahasiswa Syariah Amati Gerhana Bulan di Alun-alun Jepara


 Mahasiswa Syariah Amati Gerhana Bulan di Alun-alun Jepara Perbesar

Mahasiswa Syari’ah Unisnu mengamati gerhana bulan di Alun-alun Jepara.

nujepara.or.id – Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Unisnu Jepara mengadakan pengamatan gerhana bulan di Alun-alun 1 Jepara pada Rabu (16-17/7/2019) dini hari. Pengamatan ini dimulai pukul 18.30 WIB dengan pemasangan teropong dan alat-alat lainnya.

Pengamatan ini dipimpin oleh Hudi, Wakil Dekan FSH dan juga tim Lajnah Falakiyah Unisnu dengan dibantu beberapa mahasiswa yang dikoordinatori Afif Faisal, mahasiswa prodi Hukum Keluarga Islam.

Kegiatan tersebut memancing minat masyarakat sekitar yang sedang berkunjung di alun-alun untuk menyaksikan proses pengamatan gerhana bulan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Masyarakat yang penasaran untuk melihat bulan lebih dekat dapat melihat melalui beberapa teropong yang sudah disediakan, ada 4 teropong yang disediakan dalam kegiatan ini.

Koordinator kegiatan, Afif Faisal berharap kegiatan ini dapat mengenalkan Fakultas Syariah dan Hukum kepada masyarakat di Jepara khususnya.

“Saya berharap pengamatan ini bisa mengenalkan kepada masyarakat luas, khususnya tentang ilmu falak yang mungkin masyarakat luas kurang mengetahui atau memahami hal ini. Dengan kegiatan ini alhamdulillah masyarakat banyak yang mengunjungi dan melihat lihat juga mengamati bulan lebih dekat melalui teropong yang kami sediakan,” imbuh Afif.

Wakil Dekan FSH, Hudi juga berharap pengamatan tersebut dapat memfasilitasi mahasiswa dalam pengaplikasian mata kuliah ilmu falak agar nantinya dapat terjun di masyarakat.

Menurut hasil pengamatan gerhana dimulai sekitar pukul 03.01 wib dan puncak gerhana terjadi pukul 04.30 wib dengan lebar gerhana 65%. Gerhana diperkirakan akan selesai pada pukul 05.59 wib, namun karena telah memasuki waktu subuh akhirnya pengamatan hanya sampai pukul 04.50 wib. (Puspita Maharani)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar