Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 19 Jul 2019 00:52 WIB ·

Mahasiswa Syariah Amati Gerhana Bulan di Alun-alun Jepara


 Mahasiswa Syariah Amati Gerhana Bulan di Alun-alun Jepara Perbesar

Mahasiswa Syari’ah Unisnu mengamati gerhana bulan di Alun-alun Jepara.

nujepara.or.id – Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Unisnu Jepara mengadakan pengamatan gerhana bulan di Alun-alun 1 Jepara pada Rabu (16-17/7/2019) dini hari. Pengamatan ini dimulai pukul 18.30 WIB dengan pemasangan teropong dan alat-alat lainnya.

Pengamatan ini dipimpin oleh Hudi, Wakil Dekan FSH dan juga tim Lajnah Falakiyah Unisnu dengan dibantu beberapa mahasiswa yang dikoordinatori Afif Faisal, mahasiswa prodi Hukum Keluarga Islam.

Kegiatan tersebut memancing minat masyarakat sekitar yang sedang berkunjung di alun-alun untuk menyaksikan proses pengamatan gerhana bulan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Masyarakat yang penasaran untuk melihat bulan lebih dekat dapat melihat melalui beberapa teropong yang sudah disediakan, ada 4 teropong yang disediakan dalam kegiatan ini.

Koordinator kegiatan, Afif Faisal berharap kegiatan ini dapat mengenalkan Fakultas Syariah dan Hukum kepada masyarakat di Jepara khususnya.

“Saya berharap pengamatan ini bisa mengenalkan kepada masyarakat luas, khususnya tentang ilmu falak yang mungkin masyarakat luas kurang mengetahui atau memahami hal ini. Dengan kegiatan ini alhamdulillah masyarakat banyak yang mengunjungi dan melihat lihat juga mengamati bulan lebih dekat melalui teropong yang kami sediakan,” imbuh Afif.

Wakil Dekan FSH, Hudi juga berharap pengamatan tersebut dapat memfasilitasi mahasiswa dalam pengaplikasian mata kuliah ilmu falak agar nantinya dapat terjun di masyarakat.

Menurut hasil pengamatan gerhana dimulai sekitar pukul 03.01 wib dan puncak gerhana terjadi pukul 04.30 wib dengan lebar gerhana 65%. Gerhana diperkirakan akan selesai pada pukul 05.59 wib, namun karena telah memasuki waktu subuh akhirnya pengamatan hanya sampai pukul 04.50 wib. (Puspita Maharani)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar