Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 15 Jul 2018 06:32 WIB ·

Memperjuangkan NU Seperti Memperjuangkan Agama


 Memperjuangkan NU Seperti Memperjuangkan Agama Perbesar

Pasca tragedi komunisme tahun 1965, Nahdlatul Ulama (NU) jadi simbol perlawanan umat Islam di seluruh negeri, termasuk di Kabupatan Jepara.
“Memperjuangkan NU waktu itu beratnya seperti memperjuangkan agama Islam,” kenang KH Abdullah Husain, Ketua Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) NU Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Ahad (15/7/2018) siang.
Menurutnya untuk mengenalkan NU harus amaliyahnya dulu yang dikenalkan, “pakai NU tidak bakal diterima, karena takut,” ungkap kiai yang lahir awal tahun 70an ini.
Kiai alumnus Pesantren Tegalrejo Magelang tersebut masih teringat ada rumah anggota Banser di Jepara yang dibakar oleh preman sewaan partai politik yang dikenal sangat menekan NU.
“Taruhan nyawa Kang berjuang di NU waktu itu,” imbuh Kiai Husain di sela-sela mengikuti sidang komisi Bahtsul Masail Muskercab NU Jepara ke-5, di Ndalem Kiai Imam Husni.
Waktu itu, lanjutnya warga NU di Jepara memang terasa betul menghidupi NU. “Ngaku NU waktu itu sangat membahayakan, tidak seperti sekarang, siapa saja ngaku-ngaku,” tambahnya.
Ia menerangkan, “yang ngaku-ngaku aswaja belum tentu NU, tapi NU pasti aswaja,” tegasnya.
Karena itulah, Kiai Husain mendukung pernyataan KH Munif Zuhri yang menyebut “NU sudah agama”.
“Saking banget pentingnya NU hingga beratnya seperti memerjuangkan
agama Islam itu sendiri,” pungkasnya. (ab)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar