Menu

Mode Gelap
Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

Hujjah Aswaja · 14 Jan 2023 03:02 WIB ·

Menjemput Abad Kedua NU: Pentingnya PBNU mendirikan Komite Olah Raga Nahdlatul Ulama


 Logo Porseni NU Tingkat Nasional tahun 2023 Perbesar

Logo Porseni NU Tingkat Nasional tahun 2023

Oleh Kiai Hisyam Zamroni*

nujepara.or.id – Upaya Nahdlatul Ulama (NU) mewadahi kader dan warganya yang tersebar di berbagai profesi memang layak diacungi jempol. NU sangat responsif melihat realitas itu. Hingga saat ini sudah ada  Ikatan Dokter NU, Saudagar NU, Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU dan lainnya. 

Berbagai hal lain yang belum diwadahi juga perlu sentuhan yang sama. Semisal wadah profesi di bidang olah raga untuk talenta atlet atlet NU. Sebab NU memiliki modal dasar atlet-atlet hebat dari mulai jenjang anak anak, remaja sampai dewasa yang tersebar di sekolah/madrasah, perguruan tinggi hingga ranting-ranting NU seluruh Indonesia.

Mayoritas di antara mereka sudah melalui proses pembinaan pada cabang cabang olahraga seperti pencak silat Pagar Nusa, sepak bola santri, sepak takraw, bulu tangkis, bola voly, tenis meja  dan lain sebagainya.  

Atlet Atlet olah raga NU tersebut bahkan sudah ada yang merambah di level nasional atau internasional.

Beberapa di antaranya menjadi atlet pencak silat Pagar Nusa, atlet santri sepak bola, sepak takraw dan lainnya yang tentunya membutuhkan penanganan, pembinaan, pengelolaan dan kompetisi  secara terstruktur, berjenjang, massif dan berkelanjutan seperti perhelatan Porseni NU Tingkat Nasional 2023  sekarang ini diadakan tanggal 14 – 23 Januari di Solo. 

Dari sana, Kebutuhan pengelolaan bidang olah raga di NU bagi atlet atlet profesional NU membutuhkan wadah semacam Komite Olah Raga Nahdlatul Ulama atau disingkat dengan KONU. Langkah ini penting karena menjadi ladang pembinaan secara profesional bagi atlet atlet NU. Lalu, gelaran  kompetisi olahraga di NU dapat direncanakan secara terstruktur, berjenjang dan berkelanjutan. 

Atas dasar itu bidang “keolahragaan” NU yang sudah menjadi “hobby”.Sehingga menjadi sangat logis jika PBNU mendirikan KONU Komite Olah Raga Nahdlatul Ulama sebagai sebuah wadah insan olahraga NU dalam membina dan mengembangkan bidang keolah ragaan jama’ah NU di seluruh Indonesia.

Saat ini, di Jepara sudah ada KONU yang diluncurkan saat Hari Santri 2022. Semoga langkah serupa bisa diikuti daerah lain dan juga pusat. Mari kita songsong kebangkitan NU pada abad kedua ini dengan beragam hal positif. Salah satunya upaya pembinaan dan pemberdayaan atlet-atlet muda NU dalam berbagai bidang olahraga.

*Wakil Ketua PCNU Jepara

Artikel ini telah dibaca 124 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara

28 Januari 2023 - 01:17 WIB

Petinggi Tegalsambi Agus Santoso secara simbolis menyerahkan wakaf tunai kepada Ketua Tim Penggerak Wakaf Tanah RSNU Desa Tegalsambi Purnomo.

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara

23 Januari 2023 - 01:58 WIB

Sebanyak 50 Anak Yatim Mendapat Santunan dari Muslimat NU Petekeyan

20 Januari 2023 - 14:27 WIB

Kesambet

19 Januari 2023 - 08:46 WIB

KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

19 Januari 2023 - 07:09 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: