Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 18 Agu 2020 15:25 WIB ·

Menulis Harus Punya Motivasi


 Menulis Harus Punya Motivasi Perbesar

nujepara.or.id – “Kalau menurut saya, menulis itu harus punya motivasi,” ungkap M. Zainal Abidin, salah satu narasumber dalam acara Sinau Nulis Bareng LTN NU. Dalam acara yang digelar oleh LTN PCNU Jepara lewat aplikasi Zoom Meeting, Ahad (16/8/2020) pagi Zainal menambahkan bahwa dengan adanya motivasi untuk menulis, akan dapat mempermudah jalan seseorang dalam menulis.

“Kalau saya dulu waktu masih kuliah di UIN Walisongo menulis itu motivasinya supaya terkenal, dan supaya dapat honor, kalian harus punya motivasi sendiri,” tambah Dosen Tamu UIN Walisongo itu.

Ditambahkan, selain punya motivasi, Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Kudus ini juga mengharapkan kepada para peserta Sinau Nulis agar memperhatikan Undang-undang Pers ketika menulis berita. “Kalau ingin terlindungi, yang pertama perusahaan harus terdaftar di Dewan Pers, kemudian wartawan juga seharusnya mengikuti Standar Kompetensi Wartawan,” ucapnya.

Menurutnya, kaidah-kaidah jurnalistik ini sangat penting, supaya ketika wartawan menuliskan sebuah berita yang kurang benar, dapat dilindungi oleh Pers.

Lebih lanjut, Zainal menekankan juga kepada para peserta untuk memperhatikan fakta dan opini ketika menulis berita. “Jangan memunculkan opini di dalam berita, misalnya kata “ramai”, ramai itu kan tidak pasti, kalau dalam berita harus angka saja, misal 30, 40, dan sebagainya,” Lanjut Zainal yang juga Koordinator Bidang Publikasi LTN PCNU Jepara.

Sementara itu, Syaiful Mustaqim narasumber lain dalam Sinau Nulis menjelaskan tentang berbagai alasan mengapa seseorang harus menulis dan cara untuk memulai menulis.

“Yang penting niat, lalu membaca basmallah kemudian tulis apa yang sedang kalian pikirkan,” Jelas Mustaqim, Ketua LTN PCNU Jepara sekaligus Kontributor NU Online itu. (Nur Khasanah)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: