Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 18 Agu 2020 15:25 WIB ·

Menulis Harus Punya Motivasi


 Menulis Harus Punya Motivasi Perbesar

nujepara.or.id – “Kalau menurut saya, menulis itu harus punya motivasi,” ungkap M. Zainal Abidin, salah satu narasumber dalam acara Sinau Nulis Bareng LTN NU. Dalam acara yang digelar oleh LTN PCNU Jepara lewat aplikasi Zoom Meeting, Ahad (16/8/2020) pagi Zainal menambahkan bahwa dengan adanya motivasi untuk menulis, akan dapat mempermudah jalan seseorang dalam menulis.

“Kalau saya dulu waktu masih kuliah di UIN Walisongo menulis itu motivasinya supaya terkenal, dan supaya dapat honor, kalian harus punya motivasi sendiri,” tambah Dosen Tamu UIN Walisongo itu.

Ditambahkan, selain punya motivasi, Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Kudus ini juga mengharapkan kepada para peserta Sinau Nulis agar memperhatikan Undang-undang Pers ketika menulis berita. “Kalau ingin terlindungi, yang pertama perusahaan harus terdaftar di Dewan Pers, kemudian wartawan juga seharusnya mengikuti Standar Kompetensi Wartawan,” ucapnya.

Menurutnya, kaidah-kaidah jurnalistik ini sangat penting, supaya ketika wartawan menuliskan sebuah berita yang kurang benar, dapat dilindungi oleh Pers.

Lebih lanjut, Zainal menekankan juga kepada para peserta untuk memperhatikan fakta dan opini ketika menulis berita. “Jangan memunculkan opini di dalam berita, misalnya kata “ramai”, ramai itu kan tidak pasti, kalau dalam berita harus angka saja, misal 30, 40, dan sebagainya,” Lanjut Zainal yang juga Koordinator Bidang Publikasi LTN PCNU Jepara.

Sementara itu, Syaiful Mustaqim narasumber lain dalam Sinau Nulis menjelaskan tentang berbagai alasan mengapa seseorang harus menulis dan cara untuk memulai menulis.

“Yang penting niat, lalu membaca basmallah kemudian tulis apa yang sedang kalian pikirkan,” Jelas Mustaqim, Ketua LTN PCNU Jepara sekaligus Kontributor NU Online itu. (Nur Khasanah)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: