Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 4 Mar 2020 04:24 WIB ·

Muslimat Bangsri Gelar Festival Aswaja 2020


 Muslimat Bangsri Gelar Festival Aswaja 2020 Perbesar

Festival Aswaja PAC Muslimat NU Bangsri.

nujepara.or.id – Iriana, anak berusia 5 tahun terlihat berbahagia. Suaranya begitu lantang ketika Mars Subanul Wathon dilantunkan di panggung. Bersama dengan ratusan peserta lainnya, ia akan berkompetisi dalam Festival Aswaja yang digelar oleh PAC Muslimat NU Bangsri.

Acara tersebut digelar pada Senin (2/3/2020) pagi di Gedung MWC NU setempat. Diselenggarakannya Festival Aswaja merupakan serangkaian dari peringatan hari lahir (Harlah) Nahdlatul Ulama ke-94 dan Muslimat ke-74. Acara festival digelar atas berkerja sama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Muslimat (IGTKM) dan diikuti 31 lembaga pendidikan taman kanak-kanak.

Sebelum acara dimulai, dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mars Jepara, dan mars organisasi. Antuasiasme peserta begitu tinggi saat menyanyikan mars, utamanya Subanul Wathon. Anak-anak turut berdiri dan bernyanyi bersama mengikuti tim paduan suara Muslimat Bangsri.

Setelah pembukaan dilanjutkan bacaan tahlil dan sambutan. Sambutan pertama disampaikan dari ketua panitia. Dilanjutkan sambutan dari Krtua MWCNU, Disdikpora, dan Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) Jepara.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Risifaati menyampaikan bahwa tujuan dari festival adalah untuk memperkenalkan kepada anak-anak dengan paham Aswaja. “Sejak kecil sudah diperkenalkan dengan paham Aswaja agar menjadi kader penerus yang dapat dibanggakan,” katanya.

Perwakilan dari YPM Cabang Jepara, Asmiah, menyampaikan apresiasi program yang dijalankan oleh PAC Bangsri. Ia berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan untuk mendorong anak-anak lebih mengenal dan mengamalkan paham Aswaja. Ia juga sekaligus membuka acara yang diiringi dengan pemotongan tumpeng.

Ragam Lomba

Dalam festival Aswaja terdiri atas empat cabang lomba: Mars Subanul Wathon, Praktik Shalat subuh berjamaah, adzan, dan meghafal surat-surat pendek. Acara diikuti oleh ratusan peserta didik di tingkat TK yang berada di bawah naungan Muslimat NU.

Setiap cabang lomba dilakukan di tempat terpisah. Di panggung utama digelar lomba mars Subanul Wathon. Begitu pula lomba pembacaan surat pendek. Lomba adzan dan salat subuh dilaksanakan di musala at-Taqwa, kompleks Gedung MWCNU Bangsri.

Dalam lomba salat subuh berjamaah merupakan lomba yang paling lama digelar karena masing-masing peserta yang terdiri dari perwakilan 31 sekolah melakukan praktek salat secara utuh, termasuk dengan doa qunut. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan siswa dan terhadap paham Aswaja. Di samping itu, juga melatih para anak-anak untuk giat melakukan salat.

Seluruh hasil pemenang lomba akan diumumkan melalui media sosial resmi lembaga. Penyerahan hadiah akan dilakukan pada puncak peringatan pada 10 April 2020 mendatang. (md)

Artikel ini telah dibaca 70 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar