Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Hujjah Aswaja · 10 Okt 2022 18:11 WIB ·

Ngaji Budaya PC Lesbumi NU: “Muhammadkan Hamba ya Rabbi”


 Ngaji Budaya bersama PC Lesbumi NU Jepara. Perbesar

Ngaji Budaya bersama PC Lesbumi NU Jepara.

nujepara.or.id- Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (PC Lesbumi NU) Kabupaten Jepara kembali menggelar acara kebudayaan pada Sabtu (8/10/2022). Kegiatan yang dikemas dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diselenggarakan di Desa Dongos, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.

Dalam kesempatan itu, Ketua PC Lesbumi Jepara, Ngateman mengatakan “Program kerja Lesbumi secara garis besar ada dua: yaitu pertama suluk Mantingan yg diadakan sebulan sekali di tengah bulan Qomariyah di Masjid Agung Mantingan. Yang kedua yaitu selapanan Ahad leginan yg diadakan secara berkeliling ke setiap MWC NU yg ada di Jepara”, ungkapnya.

“Kegiatan Ahad leginan ini dikemas dengan ngaji Budaya dengan diiringi musik Sekar Lesbumi dan pertunjukan seni masyarakat sekitar yg ditempati. Tujuannya adalah untuk mengapresiasi dan melestarikan kesenian daerah dan bangga menjaga seni daerah”, lanjut Ngateman.

Kegiatan selapanan yg pertama ini di MWC NU Kedung ini berada di desa Dongos RT 3 RW 4 di halaman rumah Kasudi Ketua RT setempat. Ngaji Budaya bersama Sekar Lesbumi dibuka dengan pembacaan puisi Muhammadkan hamba ya Rabbi karya dari Emha Ainun Najib yang dibaca secara parade oleh Aminan Basyari, Ratu Handayani, Den Hasan dan Bajuri.

Sebelumnya, kegiatan PC Lesbumi Jepara ini dimulai siang hari dengan dongeng anak oleh Amin Sururi pengurus Lesbumi DIvisi seni dan dilanjutkan kegiatan mewarnai bersama, kegiatan ditutup dengan membumikan permainan dolanan anak yang mulai ditinggalkan oleh anak-anak. Permainan tradisional dolanan anak disampaikan oleh Den Hasan Founder Rumah belajar ilalang.

Sebelum acara puncak Ngaji Budaya, diawali dengan pembacaan Diba untuk memperingati hari kelahiran nabi Muhammad SAW yg dibawakan oleh tim rebana An-Nur pemuda Dongos. Dilanjutkan dengan pengumuman apresiasi pewarna gambar terbaik. Untuk memotivasi anak-anak untuk berkarya lebih baik. (UA)

Artikel ini telah dibaca 90 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: