Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 7 Mar 2016 20:31 WIB ·

NU Jepara Selenggarakan Shalat Gerhana di Masjid Agung


 NU Jepara Selenggarakan Shalat Gerhana di Masjid Agung Perbesar

nu jepara shalat gerhanaJEPARA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara memastikan akan menggelar shalat gerhana di Masjid Agung Baitul Makmur Jepara. Kegiatan tersebut sudah bekerja sama dengan pengurus Aasjid Agung setempat. Umat Islam dari berbagai kalangan bisa datang ke masjid pada rabu (9/3) pukul 07.00.
“Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus Masjid Agung. Umat Islam di kawasan kota bisa shalat gerhana bersama mulai pukul 07.00,” kata Ketua Panitia shalat gerhana PCNU Ulul Abshor, Senin (7/3).
Ia menjelaskan, khatib dalam shalat gerhana tersebut adalah KH Mundziri Jauhari dan imamnya Hisyam Basthomi.
Sebelumnya, Ketua PCNU KH Hayatun Abdullah Hadziq menyerukan umat Islam menyelenggarakan shalat gerhana pada 9 Maret. Shalat gerhana bisa dilakukan di masjid-masjid setempat.
PCNU, kata dia, secara internal sudah mengintruksikan ke seluruh majelis wakil cabang (MWC) di tingkat kecamatan untuk menggelar shalat gerhana. Hal itu juga diimbau bisa dilakukan di tiap ranting di desa-desa dan kelurahan se-Jepara. Khusus untuk NU tingkat kabupaten, shalat gerhana dipusatkan Masjid Agung Baitul Makmur alun-alun bersama dengan MWC NU Kecamatan Jepara. “Khusus mewadahi umat Islam di kota, bisa mengikuti shalat gerhana di Masjid Agung kompleks alun-alun,” lanjut Gus Yatun.
Shalat gerhana dilakukan menyesuaikan atau bersamaan dengan terjadinya gerhana. Selain hukumnya sunnah muakkad, penyelenggaraan shalat gerhana sekaligus untuk edukasi kepada umat Islam, terutama kalangan muda. “Agar anak-anak, para pelajar juga membiasakan shalat gerhana karena ini amat dianjurkan oleh agama, untuk umat Islam,” jelas dia. Secara khusus, panduan tata cara shalat gerhana sudah dirilis PCNU Jepara melalui website resminya di www.nujepara.or.id. “Karena shalat gerhana ini sifatnya incidental dan jeda waktunya lama, NU memberikan panduan tata caranya yang bisa diakses masyarakat luas,” jelas Gus Yatun.  (ms)
 

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar