Menu

Mode Gelap
Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara Kesambet KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

Kabar · 7 Mar 2016 20:31 WIB ·

NU Jepara Selenggarakan Shalat Gerhana di Masjid Agung


 NU Jepara Selenggarakan Shalat Gerhana di Masjid Agung Perbesar

nu jepara shalat gerhanaJEPARA – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara memastikan akan menggelar shalat gerhana di Masjid Agung Baitul Makmur Jepara. Kegiatan tersebut sudah bekerja sama dengan pengurus Aasjid Agung setempat. Umat Islam dari berbagai kalangan bisa datang ke masjid pada rabu (9/3) pukul 07.00.
“Kami sudah berkoordinasi dengan pengurus Masjid Agung. Umat Islam di kawasan kota bisa shalat gerhana bersama mulai pukul 07.00,” kata Ketua Panitia shalat gerhana PCNU Ulul Abshor, Senin (7/3).
Ia menjelaskan, khatib dalam shalat gerhana tersebut adalah KH Mundziri Jauhari dan imamnya Hisyam Basthomi.
Sebelumnya, Ketua PCNU KH Hayatun Abdullah Hadziq menyerukan umat Islam menyelenggarakan shalat gerhana pada 9 Maret. Shalat gerhana bisa dilakukan di masjid-masjid setempat.
PCNU, kata dia, secara internal sudah mengintruksikan ke seluruh majelis wakil cabang (MWC) di tingkat kecamatan untuk menggelar shalat gerhana. Hal itu juga diimbau bisa dilakukan di tiap ranting di desa-desa dan kelurahan se-Jepara. Khusus untuk NU tingkat kabupaten, shalat gerhana dipusatkan Masjid Agung Baitul Makmur alun-alun bersama dengan MWC NU Kecamatan Jepara. “Khusus mewadahi umat Islam di kota, bisa mengikuti shalat gerhana di Masjid Agung kompleks alun-alun,” lanjut Gus Yatun.
Shalat gerhana dilakukan menyesuaikan atau bersamaan dengan terjadinya gerhana. Selain hukumnya sunnah muakkad, penyelenggaraan shalat gerhana sekaligus untuk edukasi kepada umat Islam, terutama kalangan muda. “Agar anak-anak, para pelajar juga membiasakan shalat gerhana karena ini amat dianjurkan oleh agama, untuk umat Islam,” jelas dia. Secara khusus, panduan tata cara shalat gerhana sudah dirilis PCNU Jepara melalui website resminya di www.nujepara.or.id. “Karena shalat gerhana ini sifatnya incidental dan jeda waktunya lama, NU memberikan panduan tata caranya yang bisa diakses masyarakat luas,” jelas Gus Yatun.  (ms)
 

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Petinggi Tegalsambi Kerahkan Pemdes hingga RT Dukung Gerakan Wakaf RSNU Jepara

28 Januari 2023 - 01:17 WIB

Petinggi Tegalsambi Agus Santoso secara simbolis menyerahkan wakaf tunai kepada Ketua Tim Penggerak Wakaf Tanah RSNU Desa Tegalsambi Purnomo.

Manaqiban Syekh Abdul Qodir Al Jailani Awali Pembangunan RSNU Jepara

24 Januari 2023 - 13:23 WIB

Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq menyerahkan potongan tumpeng kepada Mustasyar KH Makmun saat kegiatan tasyakuran pembelian tanah RSNU Jepara di Desa Troso Kecamatan Pecangaan, Selasa (24/1/2023) sore.

Peringati Satu Abad NU, Warga Sukosono Gelar Lomba Durian Jawara

23 Januari 2023 - 01:58 WIB

Sebanyak 50 Anak Yatim Mendapat Santunan dari Muslimat NU Petekeyan

20 Januari 2023 - 14:27 WIB

Kesambet

19 Januari 2023 - 08:46 WIB

KKN UNISNU Diterjunkan, Rektor : “Berdayakan Warga Nahdliyin”

19 Januari 2023 - 07:09 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: