Menu

Mode Gelap
Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya Peneliti dan Akademisi dari Singapura Kunjungi MA NU Al-mustaqim, Beri Pesan Ini untuk Santri dan Pelajar NU – Muhammadiyah Jepara Siap Kawal Pilkada Berkualitas, Ini 6 Komitmen dan Seruan untuk Para Stakeholder MATAN: Oase Pergerakan Tasawuf Milenial Genjot Kualitas SDM, YPMNU Gelar Pembekalan untuk Pengurus, Guru PAUD & TPQ Muslimat NU Kecamatan Jepara

Kabar · 13 Mei 2024 19:15 WIB ·

NU – Muhammadiyah Jepara Siap Kawal Pilkada Berkualitas, Ini 6 Komitmen dan Seruan untuk Para Stakeholder


 Jajaran PCNU dan PD Muhammadiyah Kabupaten Jepara membacakan seruan dan komitmen untuk pilkada yang damai dan berkualitas di sela-sela kegiatan Halal bi Halal yang digelar di Ono Joglo Resort, Minggu (12/5/2024)  Perbesar

Jajaran PCNU dan PD Muhammadiyah Kabupaten Jepara membacakan seruan dan komitmen untuk pilkada yang damai dan berkualitas di sela-sela kegiatan Halal bi Halal yang digelar di Ono Joglo Resort, Minggu (12/5/2024)

nujepara.or.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Jepara berkomitmen ikut mensukseskan hajatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang damai dan berkualitas.

Pengurus kedua ormas besar di Kota Ukir ini juga menyerukan kepada para pihak terkait, mulai dari penyelenggara pilkada, pemerintah daerah, ASN dan aparat keamanan, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta berbagai elemen masyarakat agar juga bersama-sama mewujudkan Pilgub Jateng dan Pilbup Jepara yang sejuk, aman dan berintegritas.

Komitmen dan seruan itu dibacakan di sela-sela kegiatan Halal Bi Halal NU dan Muhammadiyah Kabupaten Jepara yang digelar di Ono Joglo Resort, Minggu (12/5/2024). Hadir dalam kegiatan ini sekitar 1500 pengurus NU dan Muhammadiyah beserta lembaga dan badan otonomnya, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dan Forkompinda serta Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Komitmen dan seruan itu dibacakan oleh Sekretaris PCNU Jepara Kiai Ahmad Sahil dan Sekretaris PD Muhammadiyah Kiai Hambali.

“Kepada penyelenggara pilkada agar bertindak profesional, netral, adil, berdiri di atas semua golongan dan terbuka serta menjamin terpenuhinya hak politik setiap warga negara sesuai dengan UU yang berlaku,”

“Kepada pemerintah daerah beserta jajarannya agar menjaga terselenggaranya pilkada yang berkualitas serta mendukung segala bentuk upaya dan prakarsa masyarakat demi terciptanya pilkada yang aman, damai, kondusif dan berkualitas di Jepara,” kata Gus Sahil.

Tak hanya itu, ASN dan aparat keamanan juga diimbau untuk menjaga netralitas dan tidak berpihak saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Para kontestan pilkada juga diseru agar menjunjung tinggi sportivitas saat mengikuti pilkada. Mereka juga diharapkan tidak melakukan hal-hal yang bisa memicu gesekan di akar rumput.

“Tokoh agama, tokoh masyarakat juga diharapkan menjaga suasana sejuk saat pilkada. Kepada masyarakat Jepara juga agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab, tidak golput dan menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab dengan memilih pemimpin yang berintegritas, punya track record baik, punya keberanian mengambil kebijakan yang maslahat untuk warga Jepara,”

“Serta mempunyai kemampuan dan kecakapan untuk memimpin Jepara selama lima tahun mendatang,” timpal Kiai Hambali.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Jepara KH Charis Rahman mengatakan meski dihadiri sejumlah pihak yang disebut bakal nyalon saat pilkada, namun pihaknya memastikan jika kegiatan ini murni untuk mempererat hubungan antara NU dan Muhammadiyah.

Kegiatan halal bi halal NU – Muhammadiyah ini rutin digelar tiap tahun. Sehingga ia menyangkal jika halal bi halal ini digelar karena mendekati gawe pilkada.

“NU dan Muhammadiyah merupakan organisasi yang berbeda. Tetapi tidak pernah mencari perbedaan. Jadi jangan mudah suudzon. Lewat kegiatan ini kita ingin kembali ke KM 0 untuk selanjutnya menuju Jepara yang lebih baik,” jelasnya

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Jepara KH Fakhrurrazi, mengatakan jajarannya tak terlibat dalam politik praktis terkait pilkada. Sebab urusan itu merupakan ranah dari partai politik.

“NU dan Muhammadiyah itu sudah berjalan seiringan di berbagai kegiatan. Kita juga punya misi yang sama terlebih urusan kemanusiaan. Urusan pilkada itu kita serahkan parpol saja,” jelasnya..

Sementara itu, Pj Bupati Jepara H Edy Supriyanta menyatakan kegiatan halalbihala ini penting untuk meneguhkan kembali tali silaturahmi antara dua ormas keagamaan besar yang punya banyak pengaruh serta peran dan kontribusi bagi Indonesia.

“Komitmen kebangsaan, NU dan Muhammadiyah selama ini sudah jelas dan teruji dalam merajut hubungan yang harmonis antara agama dan negara. Kedua organisasi Islam ini telah mampu membangun wajah Islam yang toleran dan moderat, serta Islam yang berkeberadaban dan berkemajuan di Jepara,” ucapnya.

Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi mengapresiasi kerukunan yang ditunjukkan oleh NU dan Muhammadiyah di Jepara. Menurutnya kerukunan itu merupakan salah satu pondasi penting untuk keamanan daerah.

“KIta harapkan ini jadi role model. Insyalloh kalau seperti ini terus Jateng juga akan kondusif, gemah ripah loh jinawi,” tandasnya. (Ito)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Ini 6 Poin Komitmen dan Seruan NU – Muhammadiyah Jepara, Sepakat Kawal Pilkada Serentak 2024

Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.

Ngaji Kitab Kifayatul Atqiya’: Menggapai Derajat Taqwa

24 Mei 2024 - 18:04 WIB

Peneliti dan Akademisi dari Singapura Kunjungi MA NU Al-mustaqim, Beri Pesan Ini untuk Santri dan Pelajar

15 Mei 2024 - 10:39 WIB

Kepala MA NU Al-mustaqim, H. Sholahuddin MA menyerahkan kenang-kenangan kepada ketua rombongan peneliti dan akademisi dari Singapura, Mohamed Imran Mohamed Taib.

MATAN: Oase Pergerakan Tasawuf Milenial

13 Mei 2024 - 18:04 WIB

Sampul Buku Tasawuf Pergerakan, Sejarah Berdirinya MATAN dan Jalan Pengabdian Hamdani Mu'in

Genjot Kualitas SDM, YPMNU Gelar Pembekalan untuk Pengurus, Guru PAUD & TPQ Muslimat NU Kecamatan Jepara

10 Mei 2024 - 15:00 WIB

Nara sumber dan para pengurus serta guru yang tergabung dalam IP PUADTPQ dan Ikatan Guru PAUD (IG PAUD) serta Ikatan Guru Taman Pendidikan Al Quran (IP TPQ) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU Jepara foto bersama di sela-sela kegiatan upgrading atau pembekalan yang digelar di gedung Muslimat Ranting Saripan Jepara, Kamis (09/5/2024).
Trending di Kabar