Menu

Mode Gelap
Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (25) NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan? Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!! Ngaji Burdah syarah Mbah Sholeh Darat  ( 2 )

Kabar · 20 Mar 2024 19:56 WIB ·

NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang


 NU Peduli Bersama Kemenag Jepara Salurkan Bantuan Bagi Warga Dorang Perbesar

nujepara.or.id Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara bersama seluruh Badan Otonom (Banom) dan Lembaga NU salurkan bantuan bagi korban banjir di Desa Dorang Kec. Nalumsari. Banjir yang melanda sejak sepekan terakhir, menyisakan permasalahan bagi warga antaranya kebersihan tempat ibadah.

Untuk itu, guna menunjang kebersihan tempat ibadah dan madrasah pasca banjir. PCNU bersama Kemenag Jepara salurkan bantuan bagi warga dan sejumlah tempat ibadah. Tercatat ada 2 Masjid dan Mushalla serta 1 Madrasah yang terdampak.

Bantuan yang dibawa serta antaranya berupa bahan kebutuhan pokok (Bapok) serta alat kebersihan tersebut merupakan sumbangan dari seluruh organisasi NU dan juga pribadi warga NU.

Bantuan diserahkan langsung oleh Rois Syuriah PCNU KH Hayatun bersama sejumlah pengurus dan perwakilan Banom NU, di Komplek Masjid Jami’ Baiturrohim Dukuh Tapen Desa Dorang pada Rabu (20/3/2024) siang. Turut serta menyerahkan bantuan, perwakilan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jepara.

“Alhamdulillah warga NU terutama pengurus NU dan Banom tingkat Kabupaten berhasil menggalang donasi untuk membantu warga kita yang terdampak banjir di beberapa wilayah Jepara. Kebetulan ini di bulan Ramadan, semoga membawa berkah,” terang Mbah Yatun dalam sambutannya.

Dia mengatakan, donasi yang terkumpul di pengurus PCNU dan Banom sekitar Rp 43.000.000 sejak posko dibuka mulai 18 Maret hingga Rabu 20 Maret 2024. Bantuan tersebut seluruhnya dibelikan bahan pokok sesuai kebutuhan masyarakat berdasarkan hasil koordinasi pengurus PCNU Jepara.

Sementara itu, Rois Syuriah MWC NU Nalumsari K. Muhammad Norkhan mengungkap bahwa banjir kali ini memang cukup besar, dan berdampak bagi masyarakat Dorang pada khususnya. Meskipun sering menjadi langganan banjir, tentunya kita harapkan pemerintah bisa mengevaluasi terkait penanganan tanggul sungai yang ada.

Terkait penanganan banjir, MWC NU juga bekerjasama dengan pengurus Gereja GITJ Dorang sebagai bentuk kebersamaan dalam kemanusiaan. Posko NU Peduli dibuka di gereja setempat.

“Bantuan di tingkat kecamatan Nalumsari juga telah dihimpun, namun kiranya masih belum menyukupi. Alhamdulillah hari ini PCNU hadir di tengah kita, memberikan bantuan lagi,” ungkapnya senang.

Ia juga menambahkan, hasil padi petani juga puso atau gagal panen. Padahal tinggal menghitung hari untuk dipanen. Semoga para petani juga diberikan kesabaran.

PCNU dan Kemenag Jepara menyerahkan 400 paket sembako, perangkat alat kebersihan dan beberapa kebutuhan warga lainnya.

Beberapa Banom Lembaga yang turut serta dalam rombongan antaranya dari Muslimat, Fatayat, GP Ansor, Banser, Bagana, Lazisnu, LPBI, LKNU, Lesbumi, IPNU-IPPNU dsb.

Adapun hasil donasi, rencana juga akan didistribusikan ke sejumlah desa yg terdampak banjir. Antaranya Desa Dorang, Gerdu, Sowan Lor, Sowan Kidul, Batukali, serta Kaliombo.

Untuk diketahui, jumlah warga Desa Dorang yang terdampak banjir sebanyak 1.039 kartu keluarga (KK) atau 3.134 jiwa yang tersebar di RW 2 dan RW 3. Adapun banjir kali ini telah merendam 120 hektare area persawahan di Desa Dorang dan kini terancam puso.

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat (25)

5 April 2024 - 15:18 WIB

Kiai Hisyam Zamroni (Wakil Ketua PCNU Jepara), Ngaji Burdah Syarah Mbah Sholeh Darat.

Tidak Pandang Suku, Agama dan Ras, NUPB Jepara Siap Bantu Korban Bencana

31 Maret 2024 - 21:57 WIB

Belajar Dari Geomorfologi “Banjir” Eks Selat Muria, Mau Diapakan?

19 Maret 2024 - 13:50 WIB

Kisah Raden Kusen, Senopati Terakhir Majapahit Saat Menghadapi Gempuran Demak (2)

18 Maret 2024 - 23:03 WIB

Mbah Dimyathi: Jadi Wali Itu Mudah, Ngaji Lebih Sulit!!

16 Maret 2024 - 23:52 WIB

Sedulur Papat Limo Pancer, Wejangan Ruhani Sunan Kalijaga

15 Maret 2024 - 00:06 WIB

Trending di Headline