Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 24 Agu 2020 08:43 WIB ·

PAC IPNU-IPPNU Kota Selenggarakan Upgrading


 PAC IPNU-IPPNU Kota Selenggarakan Upgrading Perbesar

nujepara.or.id – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Jepara masa khidmah 2020 – 2022 menyelenggarakan Up-Grading bagi pengurus baru di Kantor MWC NU Jepara Kota, Jl. Mangun Sarkoro Panggang Jepara pada Ahad (23/8/2020).

Kegiatan diikuti oleh 28 orang pengurus PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Jepara Kota dengan narasumber Pembina PAC IPNU Tahunan, Zakariya Anshori.

Dalam sambutannya, Ketua PAC IPNU Kecamatan Jepara Kota, M. Danil Afkar mengatakan bahwa Up-grading ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan berorganisasi bagi pengurus baru.

“Kami berharap rekan dan rekanita bisa meluangkan waktu untuk mengikuti Up-grading ini sampai selesai. Up-grading ini akan berlangsung 3 atau 4 kali pertemuan setiap hari Minggu pagi,” kata Danil.

Lebih lanjut Danil mengatakan pentingnya berorganisasi bagi pelajar NU agar tidak terbawa arus dan tetap memegang teguh ajarah ahlisunnah wal jamaah an nahdliyyah.

Sementara itu, Zakariya Anshori menyebutkan beberapa materi yang perlu didalami dalam Up-grading ini. Mulai dari Analisa diri, analisa mandat, analisa wilayah, analisa jaringan, analisa SWOT, analisa sosial sampai job-description pengurus harian maupun pengurus pleno.

“Model Up-grading seperti ini sudah saya terapkan di PAC IPNU-IPPNU Tahunan, Alhamdulillah sekarang dari 15 desa di Tahunan sudah ada 17 pimpinan ranting, karena Desa Kecapi dibentuk 3 PR sesuai jumlah PR NU,” ujar Zakariya.

“Saya paham bahwa kondisi objektif di kota berbeda dengan Tahunan, tetapi dengan niat dan kemauan keras segala masalah bisa dicarikan solusinya,” kata Zakariya.

Ia lantas memberikan  gambaran objektif kewilayahan yang hampir sama dengan Tahunan,  walaupun ada perbedaan tata pemerintahan di desa dan kelurahan di Jepara Kota, yang terdiri 11 kelurahan dan 5 desa.

“Coba bandingkan dengan kondisi alam dan topografi di PAC Keling, mulai dari lereng gunung, perbukitan dan pesisir pantai. Dengan medan yang berat dari Desa Tempur di lereng Gunung Muria sampai Bumi Harjo di pantai utara Jawa, PAC IPNU-IPPNU Keling bisa membentuk 18 ranting dari 12 desa. Tentu saja ini bukan seperti membalikkan telapak tangan, perlu konsistensi dan komitmen yang kuat terutama dari figur ketua,” terang Zakariya.

Selanjutnya ia berharap agar kepemimpinan PAC IPNU – IPPNU Jepara kota di bawah kepemimpinan M. Danil Afkar dan Tasya Cornelia Putri bisa lebih baik dari periode sebelumnya. (az)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: