Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 16 Jan 2022 10:26 WIB ·

PCNU Jepara Bangun Madin dan Musala Bagi Korban Erupsi Semeru


 PCNU Jepara Bangun Madin dan Musala Bagi Korban Erupsi Semeru Perbesar

PCNUJEPARA-Erupsi Semeru pada awal Desember 2021 lalu, telah meluluhlantakkan ratusan bangunan, merenggut nyawa sejumlah warga hingga hewan ternak mati atau terjebak dalam abu vulkanik. Banyak fasilitas umum yang rusak, termasuk diantaranya adalah rumah ibadah dan gedung madrasah.

Sebagai bentuk respon dan ikhtiyar meringankan beban warga yang terkena dampak erupsi, maka Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara, bersama Majelis Wakil Cabang, Lembaga, dan Banom bergerak bersama mengumpulkan donasi hingga berhasil mengumpulkan Rp528.962.300. Donasi sebesar setengah miliar lebih itu disalurkan dalam bentuk pembangunan Madrasah Diniyah (madin) dan musala, keduanya berada di desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

SERAHKAN BANTUAN, PCNU Jepara menyerahkan bantuan kepada warga terdampak erupsi Semeru di Lumajang, Ahad (16/1/2022)

Donasi yang dikumpulkan dari warga NU dan masyarakat Jepara itu diantar oleh perwakilan PCNU Jepara, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, Banser, dan Lazisnu, Ahad (16/1/2022).

Wakil Ketua PCNU Jepara, Zainuri Toha, yang mewakili PCNU Jepara dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan adalah wujud kebersamaan sesama warga NU. “Kita ini satu tubuh, jika ada bagian yang merasa sakit, maka semuanya juga akan merasakannya. Jika warga NU di sini merasa sakit, maka warga NU Jepara pun akan merasakan sakitnya pula,” ujarnya.

Zainuri berharap kehadiran PCNU Jepara disamping memberikan hasil donasi, semoga bisa mengobati rasa sakit karna kerugian material dan spiritual. “Donasi yang digunakan untuk musala dan madin ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi jariyah serta mampu memperkuat aqidah ahlussunah wal jamaah annahdliyah,” imbuhnya.

Sebelum penyaluran bantuan, PCNU Jepara telah melakukan asesmen lapangan bersama dengan PCNU Lumajang, untuk menentukan bentuk dan lokasi penyaluran bantuan.

“Kami telah bekerja sama dengan PCNU dan Banser NU Lumajang dalam melakukan asesmen lapangan untuk menentukan bentuk dan lokasi pendistribusian bantuan, dan akhirnya kami bersama memutuskan untuk membangun madin dan musala di desa Sumberwuluh ini,” ujar Ahmad Sahil, Sekretaris PCNU Jepara, disela-sela acara penyerahan bantuan.

Prosesi penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dan langsung dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung Madin Nahdlatul Ulama Al Hidayah di RT 01 RW. 02 dan Musala Baitul Muttaqin di RT 02 RW. 06 Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

BATU PERTAMA, Proses pembangunan gedung Madin dimulai dengan peletakan batu pertama oleh PCNU Jepara.

Bantuan itu diterima dan disambut dengan gembira oleh warga. “Kami sangat berterima kasih kepada PCNU Jepara atas bantuannya dan mohon ada tindak lanjut untuk pendampingan setelah ini, karena banyaknya dampak yang dirasakan seperti sosial, ekonomi, dan pendidikan,” ujar Zaenal Amin yang mewakili PCNU Lumajang dan masyarakat.

“Kami juga meminta do’a semoga semua warga sumberwuluh ini selamat dari marabahaya,” imbuhnya. Selain bantuan pembangunan, PCNU Jepara juga menyalurkan bantuan dalam bentuk barang berupa beras, mi instan, obat nyamuk bakar, dan belasan karung pakaian layak guna. Bantuan diserahkan langsung kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Inilah Cara Qadla’ Puasa Ramadan

15 Mei 2022 - 04:12 WIB

Halal bi Halal NU Jepara Dimaksimalkan Curah Pendapat untuk Kebaikan Umat

15 Mei 2022 - 03:14 WIB

NU dan Penguatan Kampung Hukum

6 Mei 2022 - 03:54 WIB

Makna Cerdas Teks Hadits Puasa Syawal: Bodho Kupat Lepet dan Lombanan

6 Mei 2022 - 03:25 WIB

Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia

29 April 2022 - 04:05 WIB

Harlah 88, Ansor Nalumsari: Berkhidmah Tanpa Batas

26 April 2022 - 04:33 WIB

Trending di Ansor
%d blogger menyukai ini: