Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 16 Jan 2022 10:26 WIB ·

PCNU Jepara Bangun Madin dan Musala Bagi Korban Erupsi Semeru


 PCNU Jepara Bangun Madin dan Musala Bagi Korban Erupsi Semeru Perbesar

PCNUJEPARA-Erupsi Semeru pada awal Desember 2021 lalu, telah meluluhlantakkan ratusan bangunan, merenggut nyawa sejumlah warga hingga hewan ternak mati atau terjebak dalam abu vulkanik. Banyak fasilitas umum yang rusak, termasuk diantaranya adalah rumah ibadah dan gedung madrasah.

Sebagai bentuk respon dan ikhtiyar meringankan beban warga yang terkena dampak erupsi, maka Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara, bersama Majelis Wakil Cabang, Lembaga, dan Banom bergerak bersama mengumpulkan donasi hingga berhasil mengumpulkan Rp528.962.300. Donasi sebesar setengah miliar lebih itu disalurkan dalam bentuk pembangunan Madrasah Diniyah (madin) dan musala, keduanya berada di desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

SERAHKAN BANTUAN, PCNU Jepara menyerahkan bantuan kepada warga terdampak erupsi Semeru di Lumajang, Ahad (16/1/2022)

Donasi yang dikumpulkan dari warga NU dan masyarakat Jepara itu diantar oleh perwakilan PCNU Jepara, Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, Banser, dan Lazisnu, Ahad (16/1/2022).

Wakil Ketua PCNU Jepara, Zainuri Toha, yang mewakili PCNU Jepara dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan adalah wujud kebersamaan sesama warga NU. “Kita ini satu tubuh, jika ada bagian yang merasa sakit, maka semuanya juga akan merasakannya. Jika warga NU di sini merasa sakit, maka warga NU Jepara pun akan merasakan sakitnya pula,” ujarnya.

Zainuri berharap kehadiran PCNU Jepara disamping memberikan hasil donasi, semoga bisa mengobati rasa sakit karna kerugian material dan spiritual. “Donasi yang digunakan untuk musala dan madin ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi jariyah serta mampu memperkuat aqidah ahlussunah wal jamaah annahdliyah,” imbuhnya.

Sebelum penyaluran bantuan, PCNU Jepara telah melakukan asesmen lapangan bersama dengan PCNU Lumajang, untuk menentukan bentuk dan lokasi penyaluran bantuan.

“Kami telah bekerja sama dengan PCNU dan Banser NU Lumajang dalam melakukan asesmen lapangan untuk menentukan bentuk dan lokasi pendistribusian bantuan, dan akhirnya kami bersama memutuskan untuk membangun madin dan musala di desa Sumberwuluh ini,” ujar Ahmad Sahil, Sekretaris PCNU Jepara, disela-sela acara penyerahan bantuan.

Prosesi penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dan langsung dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung Madin Nahdlatul Ulama Al Hidayah di RT 01 RW. 02 dan Musala Baitul Muttaqin di RT 02 RW. 06 Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang.

BATU PERTAMA, Proses pembangunan gedung Madin dimulai dengan peletakan batu pertama oleh PCNU Jepara.

Bantuan itu diterima dan disambut dengan gembira oleh warga. “Kami sangat berterima kasih kepada PCNU Jepara atas bantuannya dan mohon ada tindak lanjut untuk pendampingan setelah ini, karena banyaknya dampak yang dirasakan seperti sosial, ekonomi, dan pendidikan,” ujar Zaenal Amin yang mewakili PCNU Lumajang dan masyarakat.

“Kami juga meminta do’a semoga semua warga sumberwuluh ini selamat dari marabahaya,” imbuhnya. Selain bantuan pembangunan, PCNU Jepara juga menyalurkan bantuan dalam bentuk barang berupa beras, mi instan, obat nyamuk bakar, dan belasan karung pakaian layak guna. Bantuan diserahkan langsung kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru.

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar