Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 26 Des 2019 06:55 WIB ·

PCNU – PDM Dorong Pemkab Jepara Tanggulangi HIV/ AIDS Hingga Cegah Nikah Dini


 PCNU – PDM Dorong Pemkab Jepara Tanggulangi HIV/ AIDS Hingga Cegah Nikah Dini Perbesar

Konferensi pers PCNU – PDM Jepara terkait perkembangan sosial kemasyarakatan di Jepara.

nujepara.or.id – Forum Komunikasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Jepara di akhir tahun 2019 menggelar konferensi pers di Aula Gedung NU lantai 2, Jalan Pemuda No.51 Jepara, Rabu (25/12) pagi terkait perkembangan sosial kemasyarakatan yang terjadi di Jepara akhir-akhir ini.

Kepada sejumlah awak media yang hadir naskah pernyataan sikap yang dibacakan Sekretaris PCNU Jepara, H. Ulul Abshor di antaranya terkait angka kasus HIV di Jepara menempati urutan pertama di Jateng, angka kasus AIDS yang menempati urutan ke empat di Jateng, tingginya peredaran narkoba, merebaknya tempat karaoke yang melanggar Perda No.9 tahun 2016 tentang penyelenggaraan usaha pariwisata.

Di samping itu juga terkait ketersediaan sarana ibadah di lingkungan industri yang tidak layak dan representatif, merebaknya komunitas anak punk, dan meningkatnya angka perceraian dan pernikahan dini di Jepara.

Dari tujuh perkembangan sosial masyakarat di Jepara, pihak PCNU dan PDM juga menyatakan enam sikap. Pertama, mendorong pemerintah daerah Kabupaten Jepara mengambil langkah konkrit menanggulangi penyebaran HIV/ AIDS dan peredaran narkoba.

Kedua, meminta pemerintah daerah Kabupaten Jepara mengambil langkah tegas untuk menertibkan usaha karaoke sesuai dengan Perda No. 9 tahun 2016 pasal 27 dan 28. Ketiga, meminta pemerintah daerah Kabupaten Jepara untuk mengambil langkah tegas terhadap pengusaha/ perusahaan yang tidak menyediakan tempat ibadah yang layak dan representatif.

Keempat, meminta pemerintah daerah Kabupaten Jepara  mendorong pengusaha/ perusahaan menyediakan angkutan karyawan. Kelima, meminta pemerintah daerah Kabupaten Jepara menertibkan anak-anak punk agar tercipta suasana kondusif di masyarakat. Dan keenam, mendorong pemerintah kabupaten Jepara melakukan upaya menurunkan angka perceraian dan pencegahan nikah dini di Jepara.

Ketua PCNU Jepara, KH Hayatun Abdullah Hadziq mengatakan pernyataan sikap itu muncul lantaran PCNU – PDM sudah merajut hubungan harmonis beberapa tahun ini. Sehingga di akhir tahun 2019 ini pihaknya memberikan dorongan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jepara agar di tahun 2020 yang akan datang semakin baik.

“Kami ingin menyelamatkan Jepara dan umat agar selamat dunia dan akhirat,” harap kiai yang akrab disapa Mbah Yatun ini.

Hal senada disampaikan Ketua PDM Jepara, KH. Fachrurrozi. Menurutnya sebagai organisasi sosial kemasyarakatan punya tugas untuk amar ma’ruf nahi munkar. Selebihnya untuk tindakan diserahkan kepada Pemerintah Daerah bersama stake holder yang terkait.

Pernyataan sikap tersebut secara resmi ditandatangani Rais Syuriah KH Ubaidillah Noor Umar, Ketua PCNU KH Hayatun Abdullah Hadziq serta Ketua PDM Jepara, KH Fachrurrozi. Surat tersebut juga ditembuskan kepada PWNU, PBNU, PW Muhammadiyah serta PP Muhammadiyah. (ip)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: