Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 11 Sep 2017 06:18 WIB ·

PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa


 PD Muhammadiyah – PCNU Jepara : Tidak Benar Berita Pengusiran Santri di Karimunjawa Perbesar

KLARIFIKASI BERSAMA; PCNU Jepara dan PDM Muhammadiyah Jepara bersepakat menandatangi Klarifikasi Bersama , Ahad (11/09/2017)


Jepara – Menyikapi isu di media sosial dan media online provokatif terkait pemberitaan adanya pengusiran dan penolakan 47 santri dari Ittihadul Ma’ahid Islam (ITMAM) PP Muhammadiyah di Kepulauan Karimunjawa Jepara, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Jepara dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara bertemu di Mapolres Jepara, Ahad (11/09/2017) malam.
Dalam Klarifikasi bersama PCNU Jepara dan PDM Jepara yang berlangsung mulai pukul 21.00 – 23.50 WIB tersebut, dihasilkan sikap berikut :

  1. Pemberitaan bahwa telah terjadi penolakan dan pengusiran santri adalah tidak benar.
  2. PCNU Jepara dan PDM Jepara sepakat menyikapi masalah tersebut dengan mengedepankan ukhuwwah islamiyah, ukhuwwah wathaniyah, ukhuwwah basyariyah serta tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Menyekapakati agar gedung yang diwakafkan kepada PP Muhammadiyah tersebut dihentikan (dimauqufkan) penggunaannya untuk beberapa waktu sampai segala sesuatunya terpenuhi.
  4. Mengintensifkan komunikasi semua pihak dan mewaspadai paham radikalisme serta pihak lain yang hendak memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan demikian, berita-berita provokatif yang menyebut ada pengusiran santri di Karimunjawa sudah tidak berlaku sejak pernyataan sikap di atas ditulis.
“PDM Jepara merasa ayem, tidak ada apa-apa,” kata KH Sadali, S.Ag, Wakil Ketua PDM Jepara yang di Mapolres Jepara, duduk bersebelah dengan Rais Syuriah PCNU Jepara, KH Ubaidillah Noor Umar.
Sebelum mengakhiri pertemuan, antara Kiai Ubaidillah dan Kiai Sadali saling berpelukan, saling genggam tangan dan lalu foto bersama dengan hadirin lainnya.
Selain KH Ubaidillah Noor Umar dan KH Sadali, ikut bertandatangan dalam pernyataan sikap itu antara lain adalah Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, S.I.K, Ketua MUI Jepara Dr. H. Mashudi, M. Ag, Rustamaji, S.H., MH. (Kesbangpol), H. Badrudin, S.Ag., M.H. (FKUB Jateng untuk Jepara) dan Arif Darmawan S.Sos., M.H. (Dinas Kominfo), disaksikan oleh banyak pihak, baik dari PDM Jepara maupun PCNU Jepara. (ab)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)

PMWC Maarif NU Batealit Juara Umum Pekan Madaris III Jepara

28 November 2022 - 01:14 WIB

Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas

27 November 2022 - 14:11 WIB

Sebanyak 76 pelaku UMKM dari wilayah Kecamatan Bateslit dan sekitarnya mengikuti kegiatan yang digelar PAC Fatayat Batealit, Kamis (24/11/2022)
Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: