Menu

Mode Gelap
Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya Peneliti dan Akademisi dari Singapura Kunjungi MA NU Al-mustaqim, Beri Pesan Ini untuk Santri dan Pelajar NU – Muhammadiyah Jepara Siap Kawal Pilkada Berkualitas, Ini 6 Komitmen dan Seruan untuk Para Stakeholder MATAN: Oase Pergerakan Tasawuf Milenial Genjot Kualitas SDM, YPMNU Gelar Pembekalan untuk Pengurus, Guru PAUD & TPQ Muslimat NU Kecamatan Jepara

Kabar · 15 Mei 2024 10:39 WIB ·

Peneliti dan Akademisi dari Singapura Kunjungi MA NU Al-mustaqim, Beri Pesan Ini untuk Santri dan Pelajar


 Kepala MA NU Al-mustaqim, H. Sholahuddin MA menyerahkan kenang-kenangan kepada ketua rombongan peneliti dan akademisi dari Singapura, Mohamed Imran Mohamed Taib. Perbesar

Kepala MA NU Al-mustaqim, H. Sholahuddin MA menyerahkan kenang-kenangan kepada ketua rombongan peneliti dan akademisi dari Singapura, Mohamed Imran Mohamed Taib.

nujepara.or.id – Belasan peneliti dan akademisi dari Singapura berkunjung ke Madrasah Aliyah NU Al-mustaqim yang berlokasi di Kedung, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (14/5/2024).

Kedatangan para peneliti dan akademisi ini untuk berbagi wawasan dan sekaligus menyemangati santri dan pelajar MA NU Al-mustaqim soal pentingnya penguasaan bahasa dan pendidikan berkualitas untuk generasi milenial.

Kedatangan mereka disambut antusias oleh santri dan pelajar MTs-MA NU Al-mustaqim. Puluhan generasi milenial ini semangat mengikuti kegiatan sharing dengan kalangan terpelajar dari negeri Jiran tersebut.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh ketua Yayasan Muhsin Ali dan sambutan selamat datang oleh kepala MA NU Al-mustaqim, H. Sholahuddin MA.

Dalam sambutanya, Gus Sholah -panggilan akrab H Sholahudin- mengatakan pentingnya kalangan santri dan pelajar agar berani berinteraksi dan mengutarakan pikiran, aspirasi dan cita-cita mereka kepada orang yang berbeda negara, kebudayaan dan agama. Tentu hal itu harus dibarengi dengan kemampuan berbahasa asing.

Terkait hal itu, Yayasan Al-mustaqim juga berupaya membekali santri dan anak didiknya dengan kemampuan berbahasa asing. Baik bahasa Inggris maupun Arab.

“Keberanian adalah salah satu jalan menuju kesuksesan,” ujar Kepala MA NU Al-mustaqim ini.

Kegiatan ini dimoderatori bu Atiyatun Nikmah dengan menggunakan bahasa campuran, Indonesia dan Inggris. Suasana kian gayeng dengan selipan humor sehingga suasana cair dan terbangun kedekatan antara para peneliti dan akademisi dengan santri – pelajar dari Al-mmustaqim.

Sementara itu ketua rombongan, Mohamed Imran Mohamed Taib mengapresiasi proses pembelajaran yang diterapkan di Al-mustaqim. Ia juga berpesan agar santri dan pelajar Al-mustawim memiliki rasa keingintahuan (curousity) yang tinggi agar bisa sukses menimba ilmu baik di ponpes, sekolah bahkan hingga perguruan tinggi. Rasa keingintahuan ini bisa dipupuk dengan membaca dan menulis.

“Apa yang diucapkan akan hilang, dan apa yang ditulis akan abadi,” kata Imran Mohamed Taib menyitir kata mutiara dari sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan juga pemberian kenang-kenangan 1 Bendel majalah MANUAL POST kepada Mohamed Imran Mohamed Taib yang mewakili para peneliti dan akademisi dari Singapura.

Artikel ini telah dibaca 118 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.

Ngaji Kitab Kifayatul Atqiya’: Menggapai Derajat Taqwa

24 Mei 2024 - 18:04 WIB

NU – Muhammadiyah Jepara Siap Kawal Pilkada Berkualitas, Ini 6 Komitmen dan Seruan untuk Para Stakeholder

13 Mei 2024 - 19:15 WIB

Jajaran PCNU dan PD Muhammadiyah Kabupaten Jepara membacakan seruan dan komitmen untuk pilkada yang damai dan berkualitas di sela-sela kegiatan Halal bi Halal yang digelar di Ono Joglo Resort, Minggu (12/5/2024)

MATAN: Oase Pergerakan Tasawuf Milenial

13 Mei 2024 - 18:04 WIB

Sampul Buku Tasawuf Pergerakan, Sejarah Berdirinya MATAN dan Jalan Pengabdian Hamdani Mu'in

Genjot Kualitas SDM, YPMNU Gelar Pembekalan untuk Pengurus, Guru PAUD & TPQ Muslimat NU Kecamatan Jepara

10 Mei 2024 - 15:00 WIB

Nara sumber dan para pengurus serta guru yang tergabung dalam IP PUADTPQ dan Ikatan Guru PAUD (IG PAUD) serta Ikatan Guru Taman Pendidikan Al Quran (IP TPQ) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Muslimat NU Jepara foto bersama di sela-sela kegiatan upgrading atau pembekalan yang digelar di gedung Muslimat Ranting Saripan Jepara, Kamis (09/5/2024).
Trending di Kabar