Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 12 Mei 2019 04:13 WIB ·

Pentingnya Meneladani Akhlak Rasulullah SAW


 Pentingnya Meneladani Akhlak Rasulullah SAW Perbesar

nujepara.or.id – Nabi Muhammad SAW sebagai sosok pemaaf seharusnya menjadi referensi bagi umat Islam dalam menjalani pergaulan sehari-hari. Suka memaafkan orang lain adalah bagian dari akhlak yang cukup tinggi nilainya.

Demikian diungkapkan Saiful Basori saat memberikan ceramahnya di Musala Al Ikhlas Desa Pelang Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, Rabu (8/5/2019) sore.

Menurut Sekretaris GP Ansor Ranting Pelang itu salah satu keistiwewaan akhlak Nabi Muhammad adalah terletak pada jiwa pemaafnya yang luar biasa. Dan di antara sebab Allah begitu memuliakan dan mencintai beliau karena akhlaknya yang paling istimewa dibanding nabi lainnya.

Misalnya, Nabi Nuh yang berdakwah sekitar 900 tahun lamanya, namun hanya memiliki pengikut kurang lebih 80 orang. Selebihnya adalah golongan orang kafir yang menolak dakwah Nabi Nuh hingga Sang Nabi memintakan adzab kepada Allah untuk mereka.

“Nabi Muhammad tidak membalas umatnya saat dilempar batu di Thaif sampai darahnya mengucur dari pelipisnya. Ketika Jibril menawarkan pembalasan untuk mereka, beliau menjawab dengan doa ‘Ya Allah berilah hidayah kepada kaumku karena sesungguhnya mereka tidak tahu’ dan doa tersebut dikabulkan Allah,” pungkasnya. (ip)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Malam Puncak Gebyar Muharram, MWC NU Kedung Gelar Doa Bersama

1 Agustus 2022 - 13:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: