Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 7 Okt 2020 01:14 WIB ·

Politeknik Balekambang Sediakan Beragam Beasiswa Kuliah


 Politeknik Balekambang Sediakan Beragam Beasiswa Kuliah Perbesar

nujepara.or.id – Politeknik Balekambang yang merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi vokasi yang dikelola Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Desa Gemiring Lor Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa baru. Beasiswa diberikan untuk lulusan SMA/MA/SMK.

Sebagaimana informasi yang diterima NU Online ada 6 jenis beasiswa yang disediakan. Pertama, beasiswa Tahfidz dikhususkan untuk calon mahasiswa penghafal al-qur’an. Hafal 10 juz gratis 2 semester, 15 juz gratis 4 semester, 20 juz gratis 6 semester, dan 30 juz gratis 8 semester.

Kedua, beasiswa kitab kuning. Beasiswa ini diberikan untuk calon mahasiswa yang mampu membaca dan memahami isi kandungan kitab Fathul Muin. Calon mahasiswa yang menguasai kitab klasik ini diberikan gratis 8 semester.

Ketiga, beasiswa prestasi akademik. Adalah beasiswa bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik. Untuk tingkat Kabupaten gratis 1 semester, Provinsi gratis 2 semester, dan Nasional gratis 4 semester.

Keempat, beasiswa prestasi non akademik. Untuk penjelasannya sama dengan beasiswa prestasi akademik.

Berikutnya, beasiswa prestasi kelas dikhususkan bagi siswa yang memeroleh rangking 1 – 3. Serta beasiswa alumni Balekambang.

Direktur Politeknik Balekambang, Miftahudin mengatakan pendidikan tinggi yang dikelolanya memiliki 3 prodi Diploma 4 (D. 4) Rekayasa Perangkat Lunak, Administrasi Bisnis Internasional, dan Akuntansi Keuangan Publik.

“Untuk peluang kerja lulusan rekayasa perangkat lunak di antaranya system analyst, software maintenance, software tester, software developer, dan technopreneur,” katanya.

Adapun peluang kerja untuk jebolan administrasi bisnis internasional yaitu enterpreneur, office manager, intrapreneur, executive administrator assistant, manajer bisnis internasional, dan lain-lain.

Sedangkan peluang kerja lulusan akuntansi keuangan publik adalah manajer perbankan, account officer, wirausaha, manajer industri keuangan non bank, konsultan lembaga keuangan dll.

Sejak SK izin resmi Politeknik Balekambang diterbitkan Menristekdikti dengan nomor : 435/KPT/l/2017 dan ditetapkan di Jakarta pada 8 Agustus 2017 mahasiswa Politeknik berasal dari berbagai daerah yaitu Jepara, Kudus, Demak, Grobogan, Pekalongan, Semarang, Batang, Bekasi, dan lain-lain.

Ditambahkan Gus Miftah pemberian beasiswa adalah apresiasi bagi para generasi yang memiliki prestasi. “Yang membedakan dari yang lainnya adalah adanya beasiswa bagi yang mampu membaca dan memahami kitab kuning,” tambahnya.

Dengan beasiswa tersebut pihaknya berharap santri yang memiliki kemampuan pemahaman terhadap kutubutturost juga nantinya memiliki skill dalam bidang vokasi. Ini juga menjadi ciri khas bagi ponpes Balekambang. Ada juga beasiswa bagi yang tidak mampu secara ekonomi tapi memiliki keinginan studi lanjut,” pungkasnya. (sm)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Malam Puncak Gebyar Muharram, MWC NU Kedung Gelar Doa Bersama

1 Agustus 2022 - 13:33 WIB

Trending di Hujjah Aswaja
%d blogger menyukai ini: