Menu

Mode Gelap
Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU Dimakamkan di Mayong, Ini Kisah Raden Ayu Mas Semangkin Sang Senopati Perang Lereng Muria Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

Kabar · 29 Jun 2024 10:36 WIB ·

Rektor Ajak Jaga Kebersihan Kampus UNISNU, Ikut Turun Langsung ke Sungai


 Rektor Ajak Jaga Kebersihan Kampus UNISNU, Ikut Turun Langsung ke Sungai Perbesar

nujepara.or.id – Ratusan sivitas akademika UNISNU Jepara lakukan kerja bakti bersih-bersih di sekitaran lingkungan kampus, antaranya area gedung baru dan sungai yang terletak di sisi belakang kampus. Rektor UNISNU, Prof Abdul Djamil pun ikut memimpin langsung kegiatan kerja bakti pada Jumat (28/6/2024) pagi.

Kegiatan difokuskan di sungai yang ada di belakang gedung Perpustakaan. Kerja bakti dimulai pukul 07.00 WIB, Rektor turun langsung ke sungai dan membersihkan sampah yang mulai menumpuk dan menghambat aliran sungai.

Rektor UNISNU Jepara, Prof Abdul Djamil (kaos merah) ikut turun langsung membersihkan sungai yang berada di komplek kampus UNISNU

Seluruh dosen dan tenaga kependidikan pun sangat bersemangat ikut membersihkan sungai. Sebagian antaranya didominasi sampah, ranting dan kayu.

“Sungai yang ada di belakang gedung perpustakaan itu sudah terlihat kumuh dan banyak sampah, sehingga harus segera dibersihkan, karena itu saya mengajak para pegawai untuk kerja bakti,” unggkap Rektor sebelum kerja bakti dimulai.

Ia bercerita tentang pengalamannya saat melihat sungai di area kampus luar negeri yang betul-betul dijaga ekosistem dan kebersihannya. UNISNU kebetulan dilewati aliran sungai, harapannya bisa mengadopsi hal baik tersebut. Sungai bukan saja merupakan suatu bagian dari lingkungan alam, namun sungai juga telah menjadi bagian penting dalam kaitannya dengan kehidupan manusia.

“Saya ingin sungai ini seperti yang ada di Universitas Leiden Belanda, tampilannya bersih dan menjadi daya tarik tersendiri,” tandas Rektor yang menjabat sejak 30 April 2024 itu.

Untuk ikut menjaga alam, Rektor UNISNU juga menerbitkan surat Edaran perihal Kampus Hijau. Lewat surat edaran nomor 53/ED/UNISNU/VI/2024 tentang peningkatan kesadaran kampus hijau. Edaran ini dimaksudkan untuk mewujudkan lingkungan kampus yang nyaman, bersih, teduh, indah, dan sehat.

Edaran yang dikeluarkan pada 14 Juni 2024 itu memberikan instruksi kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa Unisnu Jepara untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi menciptakan kampus hijau serta gerakan penanaman pohon pada lahan kosong di lingkungan kampus, untuk menjaga lingkungan kampus tetap teduh, bersih, indah, dan rapi.

Melalui edaran tersebut, Rektor melarang penebangan pohon atau pemotongan ranting yang dapat menghilangkan keteduhan dan keindahan kampus.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani

19 Juli 2024 - 15:01 WIB

NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU

16 Juli 2024 - 16:16 WIB

Prihatin Pengguna Transportasi Umum Menurun, Mahasiswa Unisnu Ciptakan Aplikasi JETA

14 Juli 2024 - 22:46 WIB

Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama

10 Juli 2024 - 11:52 WIB

Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

10 Juli 2024 - 01:31 WIB

Peserta Pawai Obor Desa Bawu berjalan kaki menyambut Tahun Baru Islam 1446 H

YPM NU Jepara Boyong Empat Tropy Juara di Gebyar PAUD dan TPQ Tingkat Jateng

9 Juli 2024 - 09:41 WIB

Trending di Kabar