Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 2 Jan 2021 05:09 WIB ·

Rijalul Ansor Bahas 5 Pokok Pondasi Islam


 Rijalul Ansor Bahas 5 Pokok Pondasi Islam Perbesar

nujepara.or.id – Awal tahun 2021, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Sowan Kidul Kedung Jepara kembali meneguhkan ajaran pondasi Islam. Hal ini terlihat saat kajian ilmu kitab Arbain Nawawi dalam kegiatan Rijalul Ansor, Jumat (1/1/21).

Ustad Malik saat memberikan pemaparan bahwa Islam dibangun di atas lima perkara. Bersyahadat, menunaikan shalat, menunaikan zakat, menunaikan haji, dan berpuasa.

“Hadits ini adalah riwayat Abdullah bin Umar. Umar di sini adalah Umar bin Khattab radhiyallahu anhuma,” kata Ustad Malik.

Malik manambahkan kalau melihat kandungan hadits ini Islam itu adalah bersyahadat. Bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali hanya Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Kemudian menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan dan haji ke Baitullah jika engkau mampu.

Puluhan kader mengikuti kajian pokok ini di Pondok Syafaatu Ikhwan Sowan Kidul. Tak lupa di awal tahun dalam giat itu
Ansor Sowan Kidul juga merawat ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah an Nahdliyah. Yakni merawat tradisi khataman Alquran, tahlilan, dan Burdahan.

Ketua PR GP Ansor Sowan Kidul Jayadi mengatakan 5 pokok pondasi Islam perlu kita pelajari kembali untuk memantapkan Aqidah dan iman kader kader NU. Pihaknya akan terus melakukan rutinan dan kajian untuk meneguhkan ajaran Islam.

Sementara itu Ketua Rijalur Ansor Sowan Kidul Satibi mengajak kepada anggota Ansor untuk selalu merekrut teman terutama teman yang tidak mempunyai jamaah mengaji. Hal ini penting untuk kaderisasi sehingga semakin meneguhkan nilai-nilai ajaran Islam terutama Ahlussunnah Wal Jamaah.

“Kita perlu untuk mengajak teman atau masyarakat sebagai investasi GP Ansor mendatang,” kata Satibi. (ms)

Artikel ini telah dibaca 295 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar