Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 2 Jan 2021 05:09 WIB ·

Rijalul Ansor Bahas 5 Pokok Pondasi Islam


 Rijalul Ansor Bahas 5 Pokok Pondasi Islam Perbesar

nujepara.or.id – Awal tahun 2021, Gerakan Pemuda Ansor Ranting Sowan Kidul Kedung Jepara kembali meneguhkan ajaran pondasi Islam. Hal ini terlihat saat kajian ilmu kitab Arbain Nawawi dalam kegiatan Rijalul Ansor, Jumat (1/1/21).

Ustad Malik saat memberikan pemaparan bahwa Islam dibangun di atas lima perkara. Bersyahadat, menunaikan shalat, menunaikan zakat, menunaikan haji, dan berpuasa.

“Hadits ini adalah riwayat Abdullah bin Umar. Umar di sini adalah Umar bin Khattab radhiyallahu anhuma,” kata Ustad Malik.

Malik manambahkan kalau melihat kandungan hadits ini Islam itu adalah bersyahadat. Bahwa tidak ada yang berhak disembah kecuali hanya Allah dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Kemudian menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa ramadhan dan haji ke Baitullah jika engkau mampu.

Puluhan kader mengikuti kajian pokok ini di Pondok Syafaatu Ikhwan Sowan Kidul. Tak lupa di awal tahun dalam giat itu
Ansor Sowan Kidul juga merawat ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah an Nahdliyah. Yakni merawat tradisi khataman Alquran, tahlilan, dan Burdahan.

Ketua PR GP Ansor Sowan Kidul Jayadi mengatakan 5 pokok pondasi Islam perlu kita pelajari kembali untuk memantapkan Aqidah dan iman kader kader NU. Pihaknya akan terus melakukan rutinan dan kajian untuk meneguhkan ajaran Islam.

Sementara itu Ketua Rijalur Ansor Sowan Kidul Satibi mengajak kepada anggota Ansor untuk selalu merekrut teman terutama teman yang tidak mempunyai jamaah mengaji. Hal ini penting untuk kaderisasi sehingga semakin meneguhkan nilai-nilai ajaran Islam terutama Ahlussunnah Wal Jamaah.

“Kita perlu untuk mengajak teman atau masyarakat sebagai investasi GP Ansor mendatang,” kata Satibi. (ms)

Artikel ini telah dibaca 236 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar