Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 25 Apr 2022 14:08 WIB ·

Sebanyak 162 Anak Yatim Mendapatkan Santunan dari YPM NU Kabupaten Jepara


 Yayasan Pendidikan Muslimat NU Jepara saat memberikan santunan kepada anak yatim. Perbesar

Yayasan Pendidikan Muslimat NU Jepara saat memberikan santunan kepada anak yatim.

nujepara.or.id- Yayasan Pendidikan Muslimat (YPM) NU Cabang Jepara menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa santunan kepada ratusan anak yatim di aula kantor YPM NU, Potroyudan Jepara, Minggu (24/4/2022). Acara diselenggarakan untuk menyantuni anak-anak yatim dan wujud cinta kepada mereka, sekaligus menggapai berkah di Bulan Suci Ramadan 1443 H.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengurus Muslimat NU Cabang Jepara Noor Ainy, panitia dari pengurus YPM NU, perwakilan wali yatama, koordinaror tingkat kecamatan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Muslimat NU (IGTKMNU), serta perwakilan anak yatim dari beberapa kecamatan di Jepara.

Jumlah yatim yang disantuni ada 162 anak. Nama-nama mereka diusulkan oleh lembaga pendidikan anak usia dini di bawah naungan YPM NU Cabang Jepara. Secara teknis hari ini anak yatim yang hadir hanya perwakilan tiap kecamatan mengingat lokasi yang jauh. Selanjutnya proses pemberian santunan diamanahkan kepada koordinator IGTKM NU tingkat kecamatan.

Farida Ahmad, ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Cabang Jepara mengatakan sumber dana santunan yatama tahun ini berasal dari 51 donatur. Mereka berasal dari internal pengurus cabang muslimat NU sendiri, Basnaz Kabupaten Jepara, para kerabat dan relasi pengurus YPM NU, maupun dari kalangan pengusaha di Jepara.

Ia menjelaskan santunan yatama di Bulan Suci Ramadan ini adalah kali pertama. Sebelumnya kegiatan serupa diselenggrakan di Bulan Muharam. “Insyallah program ini akan menjadi program berkala. Karena sisa dana Yatama akan dimasukkan dalam rekening tersendiri untuk kemudian menjadi program baru, yakni “Pundi Yatama YPM NU,” jelas Farida Ahmad.

Panitia penyelenggara berharap rekening yatama ini nantinya sewaktu-waktu bisa diisi oleh para donatur dan para aghniya yang ingin bersedekah untuk anak yatim. Harapannya dari rekening Pundi Yatama YPM NU itulah bisa juga sewaktu-waktu untuk membantu kebutuhan pendidikan anak yatim yang bersekolah di lembaga pendidikan Muslimat NU.

Program bakti sosial ini bisa terus dilanjutkan sebagai bagian dari dukungan belajar dan mengaji bagi anak, khususnya untuk membahagiakan anak yatim yang bersekolah. Ketua PC Muslimat NU Cabang Jepara Noor Ainy juga berharap selain program yatama juga ada program yang mengawal minat anak pada tahfidz Alquran. “Program ini sudah selayaknya bisa diselenggarakan di sekolah TK/RA/TPQ Muslimat NU yang dipromotori oleh tim YPM NU. Ini dimaksudkan untuk memupuk rasa cinta Al quran sejak dini,” katanya.

Mamlukhah, salah satu ketua IGTKM NU Kecamatan Bangsri mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam kegiatan itu, Kecamatan Bangsri mendapat kuota 38 anak yatim yang mendapatkan santunan.

Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Selamat Jalan GURUKU, Syeikh Dr Yusuf Qardawi

28 September 2022 - 07:20 WIB

IPNU – IPPNU Gelar Festival Budaya dan Literasi Pelajar, Ini Kegiatannya

27 September 2022 - 23:44 WIB

Perayaan Maulid Nabi itu Ekspresi Cinta !! 

27 September 2022 - 14:42 WIB

Lomba Tulis HSN “Bangga Meneladani Kiai Jepara” Berhadiah Jutaan Rupiah, Simak Caranya

27 September 2022 - 08:45 WIB

NU, Muhammadiyah dan MUI Haramkan Capit Boneka, Ini Alasannya

27 September 2022 - 04:36 WIB

Bagaimana Hukum Memilih Eks Koruptor dan Anggota Ormas Terlarang Saat Pemilu? Ini Hasil Bahtsul Masailnya

23 September 2022 - 11:50 WIB

credit foto : @ayamgebukkoruptor
Trending di Bahtsul Masail
%d blogger menyukai ini: