Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Kabar · 28 Sep 2022 07:20 WIB ·

Selamat Jalan GURUKU, Syeikh Dr Yusuf Qardawi


 Selamat Jalan GURUKU, Syeikh Dr Yusuf Qardawi Perbesar

Oleh: Dr. KH. Nasrulloh Afandi, Lc., MA

nujepara.or.id – Saya kenal dengan Syeikh Dr Yusuf Qardawi, saat masih kuliah di negara Maroko, dikenalkan oleh guruku Syeikh Ahmad Risouni yang memang asli Maroko. Ya, karena Syeikh Yusuf Qardawi, ulama kelahiran Mesir ini memang beberapa kali ke Maroko, ke rumah Syeikh Ahmad Risouni.

Dalam disertasi doktor saya di Universitas Al-Qurawiyin Maroko, ada tiga tokoh atau ilmuwan terkemuka yang banyak menginspirasi dan membantu. Tokoh pertama dan kedua yakni Syeikh Risouni dan Prof Jaser Audah. Keduanya adalah  pakar Maqashid Syariah terkemuka di dunia. Sedang tokoh ketiga adalah Syeikh Yusuf Qardawi yang juga dikenal luas di dunia Islam.     

Untuk Syeikh Yusuf Qardawi, “interaksi” saya dengan beliau sebenarnya sudah terjalin lama. Meski tak bertemu secara langsung, namun sejak kuliah S1, saya aktif mengkonsumsi pemikiran dan gagasan beliau. Baik melalui buku-buku, majalah, jurnal, atau artikel.

Sewaktu menggarap disertasi doktor, atas rekomendasi Syeikh Ahmad Risouni, saya banyak berkomunikasi dengan Syeikh Yusuf Qardawi. Oleh karena itu, tidak heran, jika dalam disertasi doktor saya, banyak diwarnai pandangan dan pemikiran Syeikh Yusuf Qardawi. Oleh dewan penyidang, disertasi saya bidang Maqashid Syariah itu, diketuk palu. Alhamdulillah dengan Yudisium Summa Cumm Laude atau predikat tertinggi.

Meski merasa ada “kedekatan”, namun saat kabar wafatnya Syeikh Yusuf Qardawi beredar di medsos beberapa hari lalu, saya yang sedang berada di Jawa Timur, memang lebih banyak diam. Tentu saja sembari tetap mengecek kebenaran berita tersebut. Maklum saja, karena, sejak saya masih kuliah di Timur Tengah, sudah beberapa kali muncul berita viral wafatnya  Syeikh Yusuf Qardawi, ulama-ulama atau ilmuwan besar lainnya. Namun setelah ditelusuri ternyata hoax.  

Namun kali ini, informasi itu ternyata benar. Terlebih orang -orang terpercaya, seperti Syeikh Dr Ahmad Risouni dan Prof Jaser Audah juga menginformasikan kebenaran info tersebut. Asisten Syeikh Yusuf Qardawi juga menegaskan kebenaran info itu. Berbekal keyakinan itu, aku menulis refleksi ini.

Kini, fisikmu telah tiada guru ….

Tapi ilmumu…

Gagasan-gagasanmu… 

Ide-ide cemerlangmu… 

Masih tersimpan rapi dalam memori jutaan otak manusia…

Di buku-buku cetak dan digitalnya jutaan para pecinta ilmu di seluruh dunia. Termasuk saya salah satunya , Insya Alloh…

Selamat jalan guru…

Semoga diampuni segala dosamu..

Surga tempatmu, Amiin …

28 September 2022, Ponpes Balekambang Jepara, Jateng

* Murid Syeikh Dr Yusuf Qardawi

* Ketua PP Pergunu

* Wakil Ketua Komisi Kerukunan Antar Umat Beragama MUI Pusat  

Artikel ini telah dibaca 88 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: