Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 19 Des 2019 12:54 WIB ·

Soft Launching Buku KH Ahmad Fauzan


 Soft Launching Buku KH Ahmad Fauzan Perbesar

Ketua PW GP Ansor Jateng, H. Sholahuddin Aly saat soft launching buku “KH Ahmad Fauzan”.

nujepara.or.id – Kali pertama, buku tentang KH Ahmad Fauzan Jepara dilaunching. Buku tersebut merupakan karya sejarah  yang membahas perjalanan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jepara. Peluncuran buku bertepatan dengan haulnya yang ke-48 di Banjaragung, Bangsri, Selasa (18/12) siang.

Judul buku tersebut adalah K.H. Ahmad Fauzan, Pemikiran, dan Peranannya di Jepara (1942-1972). Buku tersebut sedikit dibedah oleh Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, H. Sholahuddin Aly. Di dalam pemaparannya, haul merupakan acara penting yang mengupas biografi seorang tokoh atau ulama. “Kehadiran buku ini merupakan upaya untuk melawan lupa dengan jasa dan perjuangan dari KH Fauzan,” katanya di hadapan ratusan jamaah.

Karya ini, lanjutnya, merupakan hasil penelitan akademik yang dilakukan oleh M. Dalhar dalam program Ilmu Sejarah pada Universitas Diponegoro Semarang. Beberapa murid atau orang yang tahu tentang KH Fauzan ditulis secara kronologis dengan disiplin ilmu terkait. “Ada beberapa fakta penting yang perlu diketahui oleh para generasi penerus,” katanya.

KH Ahmad Fauzan merupakan ulama yang memiliki jasa besar dalam mengembangkan paham Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) sebagaimana yang dikembangkan NU. Kontribusinya dalam  bidang politik menjadikan NU – pada pada Pemilu 1955 – memenangi pemilihan mutlak di Jepara. Kemengangan  Partai NU tersebut dapat dilacak pada surat kabar pada masa itu.

Diketahui pula, bahwa pada 1949 ketika diselenggarakan Muktamar NU di Magelang, KH Fauzan bersama dengan KH Rosyid turut hadir sebagai perwakilan NU Cabang Jepara.

Buku tersebut saat ini masih dalam proses penyempuraan. Ketua Tanfidiyah NU Jepara direncanakan memberikan kata pengantarnya. Di samping itu juga, pihak dari Lesbumi NU Jepara juga akan mempromosikan dan menggelar seminar di beberapa tempat. (md) 

Artikel ini telah dibaca 157 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pj Bupati Jepara Launching NU Mart MWC Kedung: Dari Kita, Oleh Kita, Untuk NU dan Bantu Progam Pemerintah

2 Maret 2024 - 16:26 WIB

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Rois Syuriah PCNU Jepara KH Khayatun Abdullah Hadziq memotong pita saat launching NU Mart MWC NU Kedung, Sabtu (2/3/2024)

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

Trending di Kabar