Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 19 Des 2019 12:54 WIB ·

Soft Launching Buku KH Ahmad Fauzan


 Soft Launching Buku KH Ahmad Fauzan Perbesar

Ketua PW GP Ansor Jateng, H. Sholahuddin Aly saat soft launching buku “KH Ahmad Fauzan”.

nujepara.or.id – Kali pertama, buku tentang KH Ahmad Fauzan Jepara dilaunching. Buku tersebut merupakan karya sejarah  yang membahas perjalanan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jepara. Peluncuran buku bertepatan dengan haulnya yang ke-48 di Banjaragung, Bangsri, Selasa (18/12) siang.

Judul buku tersebut adalah K.H. Ahmad Fauzan, Pemikiran, dan Peranannya di Jepara (1942-1972). Buku tersebut sedikit dibedah oleh Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah, H. Sholahuddin Aly. Di dalam pemaparannya, haul merupakan acara penting yang mengupas biografi seorang tokoh atau ulama. “Kehadiran buku ini merupakan upaya untuk melawan lupa dengan jasa dan perjuangan dari KH Fauzan,” katanya di hadapan ratusan jamaah.

Karya ini, lanjutnya, merupakan hasil penelitan akademik yang dilakukan oleh M. Dalhar dalam program Ilmu Sejarah pada Universitas Diponegoro Semarang. Beberapa murid atau orang yang tahu tentang KH Fauzan ditulis secara kronologis dengan disiplin ilmu terkait. “Ada beberapa fakta penting yang perlu diketahui oleh para generasi penerus,” katanya.

KH Ahmad Fauzan merupakan ulama yang memiliki jasa besar dalam mengembangkan paham Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) sebagaimana yang dikembangkan NU. Kontribusinya dalam  bidang politik menjadikan NU – pada pada Pemilu 1955 – memenangi pemilihan mutlak di Jepara. Kemengangan  Partai NU tersebut dapat dilacak pada surat kabar pada masa itu.

Diketahui pula, bahwa pada 1949 ketika diselenggarakan Muktamar NU di Magelang, KH Fauzan bersama dengan KH Rosyid turut hadir sebagai perwakilan NU Cabang Jepara.

Buku tersebut saat ini masih dalam proses penyempuraan. Ketua Tanfidiyah NU Jepara direncanakan memberikan kata pengantarnya. Di samping itu juga, pihak dari Lesbumi NU Jepara juga akan mempromosikan dan menggelar seminar di beberapa tempat. (md) 

Artikel ini telah dibaca 166 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar