Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 23 Mei 2016 10:44 WIB ·

TNI Banyumas Juarai Festival Hadrah Jawaso Sejateng


 TNI Banyumas Juarai Festival Hadrah Jawaso Sejateng Perbesar

jawaso - Copy
PECANGAAN – Jika di tempat lain Nisfu Sya’ban diperingati dengan membaca Yasin tiga kali, oleh Jamiyyah Sholawat Walisongo (Jawaso) Pecangaan, malam itu diperingati dengan arwahan massal dan festival hadroh se Jateng. Berlangsung di Gedung MWC NU Pecangaan, Jl. Rahayu, Pecangaan Kulon, Jepara, (21-22/05/2016).
Festival yang dirangkum sekaligus dengan peluncuran album Jawaso ke-5 bertajuk “Taman Nabi” itu, diikuti oleh 24 grup rebana dari beberapa kabupaten, antara lain Kudus (8), Jepara (6), Pati (4), Demak (2), Rembang, Semarang, Magelang dan Banyumas (masing-masing 1 grup).
Ada yang menarik dalam festival kali ini. Satu grup peserta ternyata ada yang khusyuk pakai seragam TNI. Itu bukan seragam manggung, tapi seragama harian. Grup rebana itu berasal dari anggota TNI Yonif 405 Banyumas Jawa Tengah. Grup itulah yang menyingkirkan 23 grup rebana lain yang ikut festival. Luar biasa, mereka berhasil judi pemenang.
Oleh juri, grup rebana TNI Yonif 405 Banyumas dipilih jadi Juara Pertama karena menurut Muhammad Nadzif, salah satu juri asal Sidoarjo, ia terbaik di suara vokal, pelafalan, penghayatan, adab serta koreonya yang berkesan. Disusul juara lain oleh kelompok hadroh Al-Fakhri Pati (Juara II), An-Nahdhoh Kudus (Juara III), Nurul Furqon Jepara (Harapan I) dan Al-Falah Putra Jepara (Harapan II). Vokal terbaik diraih Al-Aqsho Jepara. Juara I-III memboyong piala, uang tabanas dan seperangkat alat rebana dari penitia penyelenggara.
Semaraknya acara, menurut ketua panitia, Nur Ahsin, berkat kerjasama dengan rekan-rekanita IPNU-IPPNU Ancab Pecangaan dan dukungan Bupati Jepara Ahmad Marzuki serta arahan dari Kiai Najib (PRNU Cangaan Kulon), Kiai Zahid (Pengasuh Jawaso) dan Kiai Yahya Syarof (MWC NU Pecangaan). “Melalui kerja bareng mereka inilah, bersama SMK Walisongo Pecangaan, album Jawaso alhamdulillah bisa punya video klip,” lanjut Ahsin.
Syaiful, SE., komandan group rebana TNI Yonif 405 mengucapkan banyak terima kasih atas terselenggaranya Festival Hadrah Se-Jawa Tengah Jawaso. “Semoga bisa memotivasi generasi muda untuk menambah kreatifitas, khususnya di bidang hadrah,” katanya. (abd)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Muharram, Masjid Baitul Muttaqin Bulungan Santuni 20 Yatim Piatu

8 Agustus 2022 - 05:53 WIB

Harlah Unisnu Ke-31: Candradimuka Pemimpin Masa Depan Jepara

7 Agustus 2022 - 03:33 WIB

Ketua PBNU : Jangan Kiaikan Dukun, Kita Harus Selektif

4 Agustus 2022 - 02:37 WIB

Ilustrasi praktik perdukunan (@dukunsantet)

PCNU Jepara Lantik PRNU Guyangan II

2 Agustus 2022 - 05:28 WIB

NU Harus Lebih Peka Pada Rakyat Kecil

1 Agustus 2022 - 13:49 WIB

Trending di Kabar
%d blogger menyukai ini: