Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 22 Jun 2021 08:45 WIB ·

Unisnu Siapkan Mahasiswa Ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar


 Unisnu Siapkan Mahasiswa Ikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar Perbesar

Mahasiswa Prodi PBI FTIK Unisnu Jepara, mengikuti sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar secara daring senin, 21/6/2021

nujepara.or.id – Program Studi Pendikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Unisnu Jepara, Senin (21/6/2021) kemarin memotivasi dan melakukan sosialisasi secara daring kepada para mahasiswanya untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar. Ini dilakukan dalam rangka menyambut program yang di luncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Melalui forum virtual itu, ketua program studi PBI, Husni Mubarok menjelaskan kepada mahasiswa tentang pentingnya mengikuti program pertukaran mahasiswa dan kampus merdeka. Menurutnya ini menjadi kesempata berharga bagi mahasiswa dengan mengikuti program ini. Pasalnya, program ini akan memberikan pengalaman menarik kepada mahasiswa selama mengikuti program.

Program pertukaran mahasiswa merdeka misalnya, selain mengikuti pembelajaran mata kuliah di perguruan tinggi lain, mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka juga akan mendapatkan pengalaman langsung berinteraksi dengan mahasiswa dari daerah lain dan mempelajari kebudayaan daerah lain melalui Modul Nusantara. Modul Nusantara ini senilai 2 sks dan wajib diambil oleh mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Modul Nusantara dilaksanakan di perguruan tinggi penerima. Modul Nusantara dibagi ke dalam empat jenis kegiatan yaitu kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial. Dalam pelaksanaan Modul Nusantara, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen pembimbing modul nusantara dan dibantu oleh mentor.

“Dalam program pertukaran mahasiswa merdeka, nantinya mahasiswa mendapatkan pengakuan resmi mata kuliah maksimal 20 SKS. Mahasiswa juga akan mendapatakan dukungan insentif selama mengikuti program, diantaranya bantuan transportasi, Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama 4 bulan, bantuan akomodasi dan juga pulsa”, jelas Husni.

Selain itu Husni Mubarok, juga mengajak mahasiswanya untuk mengikuti program kampus mengajar. Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian yang berguna untuk memasuki masa depan. Nantinya mahasiswa akan menjadi partner guru dan sekolah dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran di SD maupun di SMP.

Program Kampus Mengajar bukan hal baru lagi bagi priodi PBI ini, karena sebalumnya beberapa mahasiswa prodi PBI telah berhasil lolos dan aktif mengikuti pada angkatan sebelumnya. Ini menjadi modal prodi peningkatkan partisipasi dalam progam Kampus Mengajar angkatan 2 tahun 2021. (Az)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar