Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 15 Mar 2020 08:48 WIB ·

Warga Nahdliyin Harus Solid Bergerak


 Warga Nahdliyin Harus Solid Bergerak Perbesar

Ketua PBNU, KH Marsudi Syuhud meresmikan Gedung MWCNU Kalinyamatan Jepara. (Foto; Faqih)

nujepara.or.id – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Marsudi Syuhud mengintruksikan kepada seluruh kaum Nahdliyyin untuk selalu solid dalam bergerak. Hal itu bertujuan agar NU tidak mempan digembosi oleh pihak manapun.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kyai Marsudi saat hadir dalam peresmian Gedung Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Kalinyamatan, kemarin. Ia menganalogikan, dalam perjalanannya yang hampir satu abad ini, NU bisa menjadi semut yang memiliki daya sangat besar.

Buktinya, kata Kyai Marsudi, warga Nahdliyyin yang berada di akar rumput bisa berdaya dengan membangun gedung-gedung NU sebagai pusat perjuangan. ”Meskipun pada tataran paling kecil, nyatanya warga NU di Kalinyamatan ini bisa membangun gedung baru yang amat megah ini,” kata Kyai Marsudi.

Di usia ke 97 tahun ini, imbuh Kyai Marsudi, warga Nahdliyyin memiliki tantangan besar untuk tetap menjaga warisan luhur para ulama dan kyai pendiri NU. Yakni benturan antara berbagai kepentingan yang kerap menyasar ke tubuh NU.

Untuk itu, pihaknya mengajak agar seluruh warga Nahdliyyin solid dalam menjada kesatuan. Dan terus bergerak maju dengan tetap merawat sekaligus menjalani khazanah-khazanah NU. ”NU harus tetap solid. NU harus kuat untuk menjaga Islam Nusantara dan NKRI,” tegas Kyai Marsudi.

Ia juga menuturkan, meskipun zaman terus maju, warga Nahdliyyin tidak boleh lengah dengan dalih apapun yang menjadi senjata pihak-pihak lain yang ingin mengusik kedamaian NKRI. Untuk itu, diharapkan warga Nahdliyyin di akar rumput, terutama di Jepara, harus bisa lebih kuat menjaga diri dari hal-hal yang mengakibatkan hal-hal tersebut.

Sementara itu, Ketua PCNU Jepara Kyai Hayatun Abdullah Hadziq, menyatakan bersiap untuk terus menyolidkan warga Nahdliyyin dalam berbagai aspek.

”Mari terus bergerak dan solid. NU sebagai organisasi kemasyarakatan Islam di Indonesia harus tetap tampil sebagai pengawal kemajuan dan persatuan masyarakat dan umat di negeri ini,” tutur Kyai Hayatun. (fa)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar