Menu

Mode Gelap
Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

Kabar · 3 Nov 2019 04:09 WIB ·

Yayasan Matholi’ul Huda Bugel Gelar Shalat Istisqa’


 Yayasan Matholi’ul Huda Bugel Gelar Shalat Istisqa’ Perbesar

Yayasan Matholi’ul Huda Bugel menggelar shalat istisqa’.

nujepara.or.id – Kekeringan yang sedang melanda daerah Jepara khususnya Kecamatan Kedung sudah dirasakan masyarakat sejak dua bulan terakhir. Hal ini menggugah para guru dan siswa di Yayasan Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara merasa perlu untuk melaksanakan shalat istisqo.

Shalat istisqo dilaksanakan Kamis (31/10/2019) dipimpin langsung KH Mahsun Sulaiman selaku Ketua Yayasan yang bertempat di lapangan Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel.

Acara ini diikuti oleh 100 tenaga pendidik dan 1500 siswa yang terdiri dari siswa putra MI, Mts, dan aliyah mulai pukul 12.00 WIB. Dimulai dengan melaksanakan shalat dhuhur kemudian disambung dengan sholat istisqa’ dan khutbah.

Dalam khutbahnya, KH Mahsun menyampaikan bahwa segala bentuk kekeringan yang sedang melanda Jepara baik berupa tidak turunnya hujan, keringnya sumur maupun mampetnya sumber bukan merupakan bentuk kebakhilan Allah SWT.

“Akan tetapi kekeringan tersebut adalah sebagai pengingat bagi kita bahwa sesungguhnya melimpahnya air di waktu-waktu yang lalu merupakan bentuk kemurahan dan kenikmatan dari Allah SWT yang patut kita nikmati dan syukuri. Namun ketika kita mendapatkan musibah yang dalam hal ini adalah kekeringan, maka hanya kepada Allahlah kita memohon,” paparnya.

Saat khutbah berlangsung, para jamaah sangat antusias dengan pelaksanaan shalat istisqa’ ini. Walaupun panas terik matahari menyengat kepala dan tubuh, dengan senang hati para siswa mendengarkan khutbah yang sedang disampaikan.

Hal ini karena sebagian murid dan guru sudah merasakan betapa susahnya mencari air untuk mencukupi kebutuhan sehari hari, sehingga merasa sangat perlu untuk melaksanakan shalat istisqa. Selain karena sudah merasakan kekeringan, antusias murid juga dikarenakan baru pertama kali ini shalat istisqo dilaksanakan di yayasan Matholi’ul Huda Bugel Jepara. (am)

Artikel ini telah dibaca 313 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi

1 Juni 2024 - 09:55 WIB

Pengurus IPNU IPPNU Ranting Desa Banjargung periode 2024 - 2026 dilantik, Jumat (31/5/2024). Para pengurus yang baru diinstruksikan fokus kaderisasi para pelajar yang diproyeksikan menjadi generasi masa depan andalan Nahdlatul Ulama.

Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

31 Mei 2024 - 14:26 WIB

Tanamkan Cinta Lingkungan Sejak Dini, SDIU Fadlun Nafis Ajak Anak Didik Tanam Mangrove di Pantai Kropak Bondo

25 Mei 2024 - 11:40 WIB

Pelajar SDIU Fadlun Nafis Bangsri Jepara menanam mangrove di Pantai Kropak Bondo.

Kepala Kemenag Jepara hingga Turis dari Kenya Kagumi Stand Gelar Karya Siswa MTs Sadamiyyah, Ini Alasannya

25 Mei 2024 - 11:30 WIB

Kepala Kemenag Jepara, Ketua LP Ma'arif NU Jepara dan lainnya foto bersama di depan stand karya pelajar MTs Sadamiyyah di Alun-alun Jepara.
Trending di Kabar