Menu

Mode Gelap
Langkah Pencegahan Perundungan dan Kekerasan di Sekolah, Dosen PGSD UNISNU Jepara Gelar Workshop UNISNU Gelar ECoBESC 2024, Rektor : “Transformasi Ekonomi Digital menawarkan Peluang Besar bagi Generasi Muda” Rawon Ansor Tahunan Serius Perkuat Kaderisasi dan Penguatan Kemandirian Ekonomi Kader Hari Santri Nasional 2024, Ini Pesan dan Harapan Rais Syuriah PCNU Hingga Pj Bupati Jepara  Baznas Jepara Salurkan 400 Paket Sembako untuk Cegah Stunting

Headline · 28 Agu 2024 13:09 WIB ·

KKN Unisnu Dampingi Mitra Tingkatkan Branding Produk di Desa Pendem


 KKN Unisnu Dampingi Mitra Tingkatkan Branding Produk di Desa Pendem Perbesar

JEPARA (nujepara.or.id) – Sebagai makanan lokal, tape yang dibuat melalui proses fermentasi mempunyai kekhasan rasa dan aroma. Makanan lokal ini diproduksi oleh Sutina Pengusaha UMKM di Desa Pendem. “Sejauh ini pemasaran tape bu Sutina hanya di sekitar lingkungan tempat tinggalnya,” ujar Muhammad Saiful Amin Koordinator mahasiswa desa (Kormades) KKN Unisnu Desa Pendem. Selain itu, mitra belum memiliki personal branding yang bisa mengangkat perekonomiannya dalam jangkauan luas, tambahnya.

Pendampingan tim KKN Unisnu kepada mitra bertujuan untuk meningkatkan personal branding dan memperluas pemasaran produk mereka melalui platform digital. Kegiatan ini juga menghadirkan Petinggi Desa Pendem Nur Ismail dan para pelaku UMKM Desa Pendem.

Pemateri kegiatan menghadirkan tim KKN Unisnu Anggraini. Menurutnya membangun personal branding sangat penting. Mereka menekankan bahwa logo yang kuat dan kemasan yang menarik bisa menjadi alat penting dalam membangun citra usaha. “Identitas visual sangat penting untuk UMKM, karena bisa menjadi pembeda di pasar yang kompetitif. Kami sarankan agar Ibu Sutinah menggunakan logo yang unik dan kemasan yang mencerminkan kualitas produk,” ungkap Anggraini salah satu mahasiswa KKN UNISNU yang bertugas dalam pendampingan sosialisasi.

Selain itu, pemanfaatan platform digital juga penting agar pemasaran menjangkau konsumen secara luas. “Dengan adanya internet, jangkauan pasar tidak lagi terbatas pada wilayah sekitar. Pelaku UMKM bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produknya ke seluruh Indonesia,” ungkap Muhammad Saiful Amin yang juga turut menyampaikan materi pemasaran digital.

Tim KKN Unisnu, kemudian, mendampingi mitra berpromosi lewat platform toko online. “Kami mendampingi cara membuat akun toko online, menyusun deskripsi produk, menentukan harga yang sesuai, hingga strategi promosi dan pengelolaan pengiriman barang,” terang Saiful panggilan Muhammad Saiful Amin. Sehingga produk yang sudah terpasang di akun platform toko online bisa dengan mudah diakses oleh konsumen se-Indonesia hingga mancanegara, pungkasnya.

Alvaros/KKN Unisnu ke-XVII Desa Pendem

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Haul Sultan Hadlirin Mantingan ke-491, Prof KH. Said Aqil Siradj Ingatkan NU sebagai Benteng Akidah Aswaja

19 November 2024 - 02:00 WIB

Langkah Pencegahan Perundungan dan Kekerasan di Sekolah, Dosen PGSD UNISNU Jepara Gelar Workshop

12 November 2024 - 11:46 WIB

Diskusi Pahlawan Jaman Now, Pemdes Tahunan Gandeng Jaringan GUSDURian

10 November 2024 - 20:44 WIB

Ngaji Kitab Minahus Saniyah Jatman MWC NU Tahunan Putaran Lima, Bahas Cinta Dunia

3 November 2024 - 19:14 WIB

UNISNU Gelar ECoBESC 2024, Rektor : “Transformasi Ekonomi Digital menawarkan Peluang Besar bagi Generasi Muda”

30 Oktober 2024 - 12:48 WIB

MWC NU Kedung Jepara Gelar Acara Spesial untuk Hari Santri 2024

22 Oktober 2024 - 17:10 WIB

Trending di Headline