Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 28 Mar 2021 14:47 WIB ·

Ansor Kedung Tanam Pohon di Area Persawahan


 Ansor Kedung Tanam Pohon di Area Persawahan Perbesar

nujepara.or.id – Ikhtiyar PAC GP Ansor Kedung Jepara untuk bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat nampaknya mulai terlaksana. Hal ini terlihat saat PAC GP Ansor Kedung melakukan reboisasi di Desa Sowan Kidul Kedung Jepara, Ahad (28/3/2021).

Reboisasi dilakukan dengan menanam pohon di sepanjang kurang lebih 700 m area persawahan Suareng Sowan Kidul. Penanaman dilakukan dengan melibatkan peserta Pendidikan Latihan Khusus (Diklatsus) Balantas dan Protokoler Satkorcab Banser Jepara dan Ansor Banser Sowan Kidul.

Penghijauan ini merupakan pelaksanaan program kerja  bidang sosial ekonomi PAC Ansor Kedung dengan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Jepara, Pemdes, Satkorcab Banser Jepara, Satkoryon Kedung, dan PR Ansor Sowan Kidul.

Ketua PAC GP Ansor Kedung, Sabiq Wafiyuddin mengharapkan program reboisasi di sepanjang persawahan dengan tumbuhan-tumbuhan peneduh dapat tumbuh dengan lebat. Dengan tumbuhan yang lebat nantinya diharapkan bermanfaat untuk masyarakat.

“Semoga tumbuh lebat dan memberi manfaat bagi masyarakat,” harap Gus Sabiq.

Gerakan reboisasi Ansor Kedung Jepara. (Foto: Istimewa)

Sementara itu Ketua Bidang Sosial Ekonomi PAC Ansor Kedung, Syukron Makmun mengatakan penanaman pohon ini bukan hanya dimaknai sebagai kegiatan sosial melainkan sebuah amanah Rasul SAW.

Menurutnya dengan menjalankan perintah Nabi akan bermakna pahala. Ia mengangap kita perlu bersyukur pada alam yang telah memberikan oksigen. Dengan adanya pohon ada hubungan timbal balik yaitu manusia menghirup oksigen yang dikeluarkan pohon dan manusia mengeluarkan karbon dioksida yang dibutuhkan pohon untuk berfotosintesis. Maka manusia dan pohon seperti halnya sahabat.

Selanjutnya Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kasatkorcab Banser Jepara, Kasatkoryon Kedung, koordinator acara, Pemdes dan PR Ansor Sowan Kidul atas partisipasi dalam mensukseskan acara.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat,” kata Syukron Makmun.

Penanaman berjalan lancar dimulai pagi pukul 05.30 – 08.00 WIB. Semua bergerak serentak menanam di area yang sudah ditandai pada zona marking oleh tim PAC Ansor Kedung. Setelah selesai terdapat serah terima antara Ketua PAC Ansor Kedung kepada Ketua PR Ansor Sowan Kidul Jayadi. Serah terima tersebut sebagai penanda bahwa proses penjagaan dan perawatan selanjutnya dimandatkan kepada Ansor Sowan Kidul.

Ketua PR Ansor menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada PAC Ansor Kedung yang telah melaksanakan  penghijauan penanaman pohon. Ini adalah langkah yang baik yang dapat menjadi inspirasi juga semangat bagi Ansor di tingkatan Ranting se- Kedung. “Terima kasih, semoga menjadi amal baik kita. Amin,” harap Jayadi. (ms)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar