Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Headline · 8 Des 2023 14:09 WIB ·

Asistensi dan Pemberdayaan Buruh Perempuan, DPC Sarbumusi NU Jepara Gandeng Owner Usaha Handicraft


 Kegiatan Asistensi dan Pemberdayaan Buruh Perempuan Perbesar

Kegiatan Asistensi dan Pemberdayaan Buruh Perempuan

nujepara.or.id – DPC Sarbumusi NU Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan asistensi dan pemberdayaan buruh perempuan dengan tema “Strategi Membangun Usaha Kerajinan Tangan atau Handicraft” yang dilaksanakan di Gedung PCNU Jepara pada Minggu (3/12/2023).

Pada kegiatan asistensi dan pemberdayaan ini diikuti oleh 85 peserta yang terdiri dari buruh perempuan formal yang bekerja di perusahan dan pekerja perempuan informal yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Jepara.

Ketua DPC Sarbumusi NU Huda, SHI., MH. mengatakan bahwa di Kabupaten Jepara memiliki sumber daya manusia yang banyak, tidak hanya berasal dari perempuan yang berpendidikan tinggi secara formal, namun banyak juga skill dari orang yang tidak jalur pendidikan tetapi memiliki ide, skill yang kreatif. Perempuan-perempuan tersebut terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang apabila diberdayakan untuk mengolah bahan-bahan yang ada disekitarnya akan mampu menghasilkan produk produk home industry yang kreatif dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Soeharjono Wakil Presiden DPP-K Sarbumusi NU Jakarta yang hadir dalam kegiatan asistensi dan pemberdayaan buruh perempuan memberikan apresiasi baik kepada DPC Sarbumusi NU Jepara atas kegiatan yang dilaksanakan dan mengharap supaya kegiatan–kegiatan Sarbumusi di Jepara selalu aktif.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah para owner usaha kerajinan tangan atau handicraft yang berada di Kabupaten Jepara. Di antaranya adalah owner Azola Sochib Achmad. Azola merupakan sebuah home industry yang memproduksi produk handicraft berupa produk sepatu tenun, sepatu batik, tas tenun, peci tenun, topi tenun, dan aksesoris tenun lainnya.

Kemudian oleh Suryo Doni owner dari Omah Lurik Jepara. Omah Lurik Jepara merupakan sebuah home industry yang memproduksi produk handicraft berupa kain tenun lurik, kain tenun lurik lollopop, kain tenun endek bali, tas kantor tenun, dompet tenun dll.

Narasumber selanjutnya adalah owner Rotan Jepara Umar Hamdan. Rotan Jepara merupakan sebuah home industry yang memproduksi produk handicraft berupa Natural Wickers dan Synthetic Wiackers.

Para narasumber kegiatan asistensi dan pemberdayaan ini menjelaskan produk profil company usahanya masing-masing. Setelah pemaparan dari narasumber sesi berikutnya adalah tanya jawab dan observasi pada Display Produk. Para peserta langsung mendatangi Display Produk para narasumber dan langsung melakukan tanya jawab dengan para narasumber. Para peserta berkesempatan untuk konsultasi secara langsung dengan para narasumber tentang produk handicraft.

Dalam kegiatan ini Ketua DPC Sarbumusi NU Jepara Huda, SHI., MH. mengharapkan bahwa para buruh/pekerja perempuan di Kabupaten Jepara dapat meningkatkan kualitas kemandirian ekonomi buruh perempuan dan ketahanan rumah tangganya melalui membangun usaha kerajinan tangan atau handicraft yang tangguh dan kuat.

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PCNU Jepara Selenggarakan BIMTEK Gabungan Sistem Pengelolaan (SIPNU) Untuk MWC NU Kedung Dan Pecangaan

8 Januari 2024 - 11:30 WIB

71 Unit RTLH Diguyur Bantuan Rehab Baznas

22 Desember 2023 - 12:56 WIB

Bedah Buku, Lesbumi NU Jepara Bahas Jejaring Ulama Jepara

22 November 2023 - 21:23 WIB

Khutbah Jumat: Hidup Damai dan Rukun dalam Perbedaan Pilihan Politik

14 November 2023 - 05:58 WIB

Ansor Menganti, Terus Bergerak Menjaga: Himayatud-Din-Himayatud-Daulah

13 November 2023 - 08:59 WIB

MDS RIJALUL ANSOR JEPARA TURBA KE RANTING SUKOSONO KEDUNG JEPARA

12 November 2023 - 10:49 WIB

Trending di Ansor