Menu

Mode Gelap
Iedul Fitri dan Hari Anti-Kelaparan Sedunia Syarat “Ngaji” di Mbah Google dan Internet Kuatkan UMKM, Ansor Jalin Kerjasama Dengan BNI Jepara NU Jepara Dukung Progam 1 Juta Vaksin Booster Suluk Mantingan : Membangun Relasi Agama, Seni dan Budaya

Kabar · 9 Nov 2018 15:33 WIB ·

BEM Politeknik dan Ma’had Aly Balekambang Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah


 BEM Politeknik dan Ma’had Aly Balekambang Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Perbesar

Jepara – Menulis memiliki banyak tujuan, di antaranya mengembangkan pola pikir dan kreativitas dalam diri dengan sebuah karya.
Maka dari itu BEM Politeknik Balekambang bekerjasama dengan BEM Ma’had Aly Balekambang menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang bertempat di kampus Ma’had Aly Balekambang, Selasa (06/11/2018).
Hadir sebagai narasumber dari Indonesian Student Association in Rusia. Acara diikuti 100 santri yang terdiri dari Mahasiswa Politeknik Balekambang, Mahasantri Ma’had Aly Balekambang, dan Kru Majalah Balekambang.
Direktur Politeknik Balekambang Miftahuddin dalam sambutannya menyampaikan Mahasiswa dan Mahasantri harus mampu menulis sebuah karya ilmiah karena apabila tidak mampu melakukannya maka hanyalah sebatas nama mahasiswa yang melekat padanya.
“Mahasantri/Mahasiswa kok gak bisa nulis karya tulis ilmiah ya berarti hanya namanya saja yang mahasiswa tapi kosong,” ungkapnya.
Ia menambahkan karya tulis ilmiah itu ibarat sebuah makanan, jadi sangat penting untuk memilikinya.
“Saya berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi kalian, para santri dan mahasiswa Politeknik dan mahasantri Ma’had Aly sehingga bisa menjadi generasi penerus penulis Indonesia,” pungkasnya.
Widya Priyahita, merupakan anggota Indonesian Student Association in Rusia.
Dirinya sudah beberapa kali menjadi narasumber di berbagai negara. Kesempatan itu dia menyampaikan sebuah materi “Mengulas Hulu- Hilir Aktivitas Ilmiah (penelitian, penulisan dan publikasi)”.
Dalam penyampainnya Widya menjelaskan kepada peserta bahwa meneliti tidak semata-mata hanya untuk traveling, melainkan untuk menambah pengalaman, dan pengetahuan/ wawasan.
“Meskipun niat awal melakukan penelitian, saya bisa jalan-jalan dan mendapatkan uang. Tapi di sisi lain, juga mendapatkan ilmu-ilmu baru di setiap daerah di mana saya singgah,” terangnya.
Selain mengajarkan bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar, dia juga memberikan motivasi supaya bisa melanjutkan studi di luar negeri.
“Ubahlah mimpi kalian belajar di luar negeri menjadi sebuah rencana, dan salah satu cara untuk bisa studi dan berkunjung ke luar negeri adalah dengan karya tulis ilmiah,” tutur pria kelahiran Yogyakarta ini.
Widya Priyahita berpesan kepada semua peserta untuk memulai menulis dari hal yang paling disukai, maka dengan hal tersebut akan menjadikan terbiasa dalam menulis.
“Mulailah menulis dari sekarang, Mulailah Menulis dari hal yang kamu sukai, maka kamu akan terbiasa menulis.” Sambungnya.
Salah satu peserta, Nikita Salma Rachim mengaku senang dengan adanya pelatihan karena bisa mendapat ilmu baru dan pengalaman baru.
“Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. Karena acara ini tidak hanya tentang pelatihan karya ilmiah saja, tapi juga tentang motivasi kuliah di luar negeri dan pengalaman penelitian di alam terbuka,” akunya. (dina)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Teladani Tiga Perempuan Hebat, Muslimat NU Jepara Gelar Parade Hadrah

18 Agustus 2022 - 23:27 WIB

Ansor Nalumsari Cetak Kader Pemimpin Lewat PKD

16 Agustus 2022 - 08:46 WIB

Memakna Budaya Merdeka

14 Agustus 2022 - 03:20 WIB

Perkemahan Satu Hari : 
Kecerahan Anak Yang Mulai “Bangkit”

14 Agustus 2022 - 02:02 WIB

Dukungan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Mengalir Dari KRI Dewaruci

12 Agustus 2022 - 06:41 WIB

UNISNU Harlah ke-31, Berdzikir bersama Al Khidmah dan Hadirkan KH. Marzuki Mustamar

10 Agustus 2022 - 06:48 WIB

Trending di Harlah
%d blogger menyukai ini: