Menu

Mode Gelap
Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU Dimakamkan di Mayong, Ini Kisah Raden Ayu Mas Semangkin Sang Senopati Perang Lereng Muria Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

Kabar · 9 Nov 2018 15:33 WIB ·

BEM Politeknik dan Ma’had Aly Balekambang Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah


 BEM Politeknik dan Ma’had Aly Balekambang Adakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Perbesar

Jepara – Menulis memiliki banyak tujuan, di antaranya mengembangkan pola pikir dan kreativitas dalam diri dengan sebuah karya.
Maka dari itu BEM Politeknik Balekambang bekerjasama dengan BEM Ma’had Aly Balekambang menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang bertempat di kampus Ma’had Aly Balekambang, Selasa (06/11/2018).
Hadir sebagai narasumber dari Indonesian Student Association in Rusia. Acara diikuti 100 santri yang terdiri dari Mahasiswa Politeknik Balekambang, Mahasantri Ma’had Aly Balekambang, dan Kru Majalah Balekambang.
Direktur Politeknik Balekambang Miftahuddin dalam sambutannya menyampaikan Mahasiswa dan Mahasantri harus mampu menulis sebuah karya ilmiah karena apabila tidak mampu melakukannya maka hanyalah sebatas nama mahasiswa yang melekat padanya.
“Mahasantri/Mahasiswa kok gak bisa nulis karya tulis ilmiah ya berarti hanya namanya saja yang mahasiswa tapi kosong,” ungkapnya.
Ia menambahkan karya tulis ilmiah itu ibarat sebuah makanan, jadi sangat penting untuk memilikinya.
“Saya berharap pelatihan ini bisa bermanfaat bagi kalian, para santri dan mahasiswa Politeknik dan mahasantri Ma’had Aly sehingga bisa menjadi generasi penerus penulis Indonesia,” pungkasnya.
Widya Priyahita, merupakan anggota Indonesian Student Association in Rusia.
Dirinya sudah beberapa kali menjadi narasumber di berbagai negara. Kesempatan itu dia menyampaikan sebuah materi “Mengulas Hulu- Hilir Aktivitas Ilmiah (penelitian, penulisan dan publikasi)”.
Dalam penyampainnya Widya menjelaskan kepada peserta bahwa meneliti tidak semata-mata hanya untuk traveling, melainkan untuk menambah pengalaman, dan pengetahuan/ wawasan.
“Meskipun niat awal melakukan penelitian, saya bisa jalan-jalan dan mendapatkan uang. Tapi di sisi lain, juga mendapatkan ilmu-ilmu baru di setiap daerah di mana saya singgah,” terangnya.
Selain mengajarkan bagaimana cara membuat karya tulis ilmiah yang baik dan benar, dia juga memberikan motivasi supaya bisa melanjutkan studi di luar negeri.
“Ubahlah mimpi kalian belajar di luar negeri menjadi sebuah rencana, dan salah satu cara untuk bisa studi dan berkunjung ke luar negeri adalah dengan karya tulis ilmiah,” tutur pria kelahiran Yogyakarta ini.
Widya Priyahita berpesan kepada semua peserta untuk memulai menulis dari hal yang paling disukai, maka dengan hal tersebut akan menjadikan terbiasa dalam menulis.
“Mulailah menulis dari sekarang, Mulailah Menulis dari hal yang kamu sukai, maka kamu akan terbiasa menulis.” Sambungnya.
Salah satu peserta, Nikita Salma Rachim mengaku senang dengan adanya pelatihan karena bisa mendapat ilmu baru dan pengalaman baru.
“Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. Karena acara ini tidak hanya tentang pelatihan karya ilmiah saja, tapi juga tentang motivasi kuliah di luar negeri dan pengalaman penelitian di alam terbuka,” akunya. (dina)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peduli Hutan Muria, Ratusan Siswa MTs dan MA Safinatul Huda Ikuti Matsama Bareng Perhutani

19 Juli 2024 - 15:01 WIB

NU Sorong Papua Kirimkan Santri ke Jepara, Salah Satunya Kuliah di UNISNU

16 Juli 2024 - 16:16 WIB

Prihatin Pengguna Transportasi Umum Menurun, Mahasiswa Unisnu Ciptakan Aplikasi JETA

14 Juli 2024 - 22:46 WIB

Rayakan 1 Muharram, NU Ranting Bulungan Gelar Doa Bersama

10 Juli 2024 - 11:52 WIB

Pawai Obor Warga NU Desa Bawu Sambut Tahun Baru 1446 Hijriyah, Momentum Perkuat Semangat Hijrah ke Arah Kebaikan

10 Juli 2024 - 01:31 WIB

Peserta Pawai Obor Desa Bawu berjalan kaki menyambut Tahun Baru Islam 1446 H

YPM NU Jepara Boyong Empat Tropy Juara di Gebyar PAUD dan TPQ Tingkat Jateng

9 Juli 2024 - 09:41 WIB

Trending di Kabar