Menu

Mode Gelap
Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah Lantik IPNU-IPPNU Ranting Banjaragung, Ketua MWC NU Bangsri: Fokus Kaderisasi Sejarah NU dan Klaim Para Habaib

Kabar · 31 Jan 2021 05:54 WIB ·

Gerakan Pramuka MA NU Nahdlatul Fata Jepara Tanam Pohon Sejuta Manfaat


 Gerakan Pramuka MA NU Nahdlatul Fata Jepara Tanam Pohon Sejuta Manfaat Perbesar

nujepara.or.id – Ambalan Ki Ageng Abdillah dan Raden Ayu Kemuning MA NU Nahdlatul Fata Desa Petekeyan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara menggelar kegiatan “Pramuka Peduli Lingkungan” dengan agenda penanaman pohon sejuta manfaat.

Kegiatan dilaksanakan pada Jum’at (29/1) berlokasi di sekitar Lapangan Sepak Bola Waringin Agung Desa Petekeyan. 

Ambalan yang berada dalam naungan Gugus Depan 06.139/06.140 MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan tergerak untuk melakukan kegiatan guna melatih kemandirian, kepekaan sosial dan cinta lingkungan bagi kader penggerak pramuka meskipun dalam kondisi Pandemi Covid 19.

Kegiatan pramuka peduli lingkungan ini diikuti sekitar 50 pramuka Penegak, didampingi sejumlah Pembina, dan pelatih Pramuka serta Kamabigus MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Pramuka Nahdlatul Fata dalam giat ini bekerja sama dengan Pemerintah Desa Petekeyan dan Karang Taruna Pasir Putih dalam hal pengadaan bibit pohon.

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan bibit pohon penghijauan oleh Petinggi Desa Petekeyan, Rohman kepada Ketua Kamabigus, H. Nur Khandir yang disaksikan oleh perwakilan pengurus Karang Taruna Pasir Putih.

Petinggi Desa Petekeyan, Rohman menyampaikan apresiasi kepada pramuka penegak MA NU Nahdlatul Fata yang turut peduli terhadap lingkungan sebagai media pembentukan karakter (character building) siswa dengan banyak berlatih disiplin, bertanggung jawab, dan menumbuhkan kepekaan sosial serta kepedulian terhadap lingkungan.

Ketua Kamabigus, H. Nur Khandir mengungkapkan dengan ditanamkannya kerakter disiplin, mandiri, bertanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan pihaknya berharap pramuka penegak MA NU Nahdlatul Fata menjadi generasi yang bisa menghadapi segala tantangan zaman.

Ditambahkan, siswa juga memiliki pengalaman belajar lebih bermakna dengan berinteraksi langsung dengan alam terbuka. “Setiap peserta harus senantiasa mencintai lingkungan dan selalu menjaga serta melestarikan alam. Disamping itu meskipun dalam kondisi pandemi Covid 19 tidak berarti kita abai terhadap kelestarian alam,” pesan Kamabigus.

Pembina Pramuka, Hariyanto menambahkan kegiatan dilaksanakan sebagai salah satu bentuk realisasi program Gugus Depan Pramuka  06.139/06.140 MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Dewan Ambalan Ki Ageng Abdillah dan Raden Ayu Kemuning.

“Tujuan  lain dari kegiatan ini di antaranya adalah sebagai bentuk nyata pengabdian anggota Pramuka  kepada masyarakat dan kepedulian terhadap lingkungan, meningkatkan semangat kerja sama antar anggota Pramuka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang sosial dan kepramukaan serta meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, life skill, ketangguhan dan ketangkasan,” pungkas Hariyanto. (sm)

Artikel ini telah dibaca 179 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Majlis “kopi” an-Nahdhoh Balekambang Salurkan Ribuan Paket Daging Kurban untuk Warga Jepara dan Kudus

22 Juni 2024 - 19:30 WIB

Penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1445 H di Majlis an-Nahdhoh, Jepara

Alhamdulillah, Pengecoran Lantai 3 RSU Aseh Rampung, Rais Syuriah: Kita Punya Tanggung Jawab Organisasi dan Moral Agar Rumah Sakit Ini Bisa Segera Operasional

22 Juni 2024 - 19:04 WIB

Kondisi lantai 3 RSU Aseh setelah dilakukan pengecoran. Hingga Sabtu (22/6) ini masih dilakukan penyiraman di titik pengecoran itu.

PC Fatayat NU, Perempuan-perempuan Tangguh Dibalik Pembangunan RSU Aseh Jepara

21 Juni 2024 - 20:31 WIB

Forum Lingkar Diskusi Nilai Hijrah (Li Dinihi): Mencari Sosok Pemimpin Jepara

21 Juni 2024 - 20:02 WIB

Membumikan Tasawuf, Jatman Idaroh Ghusniyah Kecamatan Tahunan Gelar Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah

17 Juni 2024 - 08:56 WIB

Ngaji Bareng Kitab Minahus Saniyah yang digelar di pondok pesantren An Nur Mangunan, Sabtu (15/6/2024) dihadiri sejumlah Pengurus MWC NU Tahunan, Rois Syuriyah Ranting, dan ratusan santri.

UNISNU Jepara Luluskan 425 Wisudawan, Rektor Tekankan Intelektualitas dan Akhlaqul Karimah

1 Juni 2024 - 20:48 WIB

Trending di Kabar