Menu

Mode Gelap
PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama” NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

Kabar · 14 Mei 2023 14:42 WIB ·

IKA PMII Nalumsari, Halal Bi Halal dan Komitmen Dukung Kemandirian Ekonomi NU


 Alumni IKA PMII Nalumsari foto bersama dengan jajaran pengurus IKA PMII Jepara saat kegiatan halam bihalal yang digelar Ahad (14/5/2023). Perbesar

Alumni IKA PMII Nalumsari foto bersama dengan jajaran pengurus IKA PMII Jepara saat kegiatan halam bihalal yang digelar Ahad (14/5/2023).

nujepara.or.id – Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Anak Cabang Nalumsari menggelar kegiatan halal bi halal Idul Fitri 1444 H, Ahad sore (14/5/2023). Kegiatan yang diselenggarakan di Cafe Basecamp 37 Daren Nalumsari itu, dihadiri sekitar 20-an alumni kader dan aktivis PMII.

Menariknya sebagai sebuah ikatan alumni, IKA PMII Nalumsari menyatukan kader lintas kampus serta lintas provinsi. Setidaknya ada alumni dari IAIN Kudus, Universitas Muria Kudus, UIN Jakarta, Universitas Diponegoro Semarang, UNISNU Jepara, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Semarang, dan Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Profesi yang kini digeluti para alumni ini juga beragam. Mulai dari penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, akademisi, birokrat, pelaku UMKM, pelaku sektor pembiayaan umat, dan sejumlah profesi lain.

Ketua IKA Nalumsari Kholid Wardana menyampaikan, hal terpenting dalam wadah ikatan alumni adalah komunikasi dan silaturrahim. Alumni PMII asal IAIN Kudus itu menambahkan bahwa garis koordinasi sesama ikatan menjadi penting, terutama sinergi dengan IKA Cabang Jepara.

Ke depan, pihaknya akan mengkonsolidasi secara internal sekaligus pendataan kembali sejumlah alumni di Nalumsari. Langkah demikian mesti ditempuh karena aktivitas yang kini digeluti para alumni tidak semuanya berada di lingkaran jajaran pengurus NU atau NU struktural.

“Ada juga yang beraktivitas di lingkaran NU kultural. Para alumni PMII ini harus disatukan. Kalau itu terjadi maka akan jadi kekuatan besar untuk kemandirian jam’iyah serta keberjamaahan NU,” ujar Kholid Wardana.

Sementara itu, Ketua IKA PMII Cabang Jepara Kusdiyanto menekankan perlunya alumni berdikari serta memiliki badan usaha mandiri. Langkah itu sudah menjadi keputusan hasil rapat koordinasi di tingkat Cabang bahwa alumni mesti mengambil peran dalam kemandirian ekonomi. 

Sebagai bagian strategi menuju kemandirian ekonomi, dalam rentang tiga bulan ke depan direncanakan IKA PMII Jepara sudah memiliki badan usaha yang didanai dari sharing modal alumni.

“Badan usaha tentu banyak sekali modelnya, bisa usaha di bidang kesehatan, pembiayaan ekonomi umat, pengembangan jalur pendidikan menuju perguruan tinggi, dan lainnya,” tandasnya. (Kholidin)

Artikel ini telah dibaca 159 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PCNU Jepara Gelar Peringatan Harlah Ke-101 NU, Mbah Yatun : “NU-Muhammadiyah Benteng Negara, Kita Seirama”

28 Januari 2024 - 23:45 WIB

NU Ranting Bulungan Pakis Aji Gelar Musran Ala Muktamar

28 Januari 2024 - 22:22 WIB

Mulai dari Kyai, TNI dan Polri Hadiri Haul Gus Dur di “Majelis Kopi“ Gus Nasrul

24 Januari 2024 - 15:14 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkuyung Pembangunan RSU Aseh

28 Desember 2023 - 10:29 WIB

NU Gelar Khaul Massal Serentak se-Jepara, Ikhtiar Sengkyung Pembangunan RSU Aseh.

Upgrade Profesionalisme Guru Madrasah di Jepara, UNISNU Berikan Pelatihan PPG dan TIK

15 Desember 2023 - 15:51 WIB

PC LPBI NU Kuatkan Kader Tanggap Bencana di Jepara Lewat Pelatihan dan Edukasi

8 Desember 2023 - 21:23 WIB

Trending di Kabar