Menu

Mode Gelap
KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian” Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa Fatayat Batealit Dorong UMKM Naik Kelas Guru: Antara Profesi dan Tuntunan 

Esai · 3 Nov 2022 13:52 WIB ·

Islam with Smiling Face


 Abdul Wahab Saleem Perbesar

Abdul Wahab Saleem

Oleh: Dr Abdul Wahab Saleem*

nujepara.or.id- Agama Islam merupakan agama yang agung, tetapi terkadang manusia Islam (muslim) itu sendiri yang menghalangi keagungan Islam akibat dari praktek-praktek keislaman yang justru tidak sesuai dengan nilai dasar Islam itu sendiri, karena perilaku keislaman terkadang hanya dibungkus dengan “simbol-simbol” yang hampa makna. Meski nilai ketuhanan selalu dikampanyekan tetapi nilai-nilai kemanusiaan terabaikan, agama menjadi terkesan garang, mencekam, meneror, keras dan kaku.

Hal-hal demikian tentunya menjadi kegalauan tersendiri bagi kita yang selalu mengharapkan bahwa proses keislaman seharusnya bernuansa Rahmatan lil-‘alamin, karena Nabi Muhammad diutus juga membawa misi rahmat bagi semesta alam. “Dan tiadalah Kami mengutusmu kecuali sebagai rahmat bagi semesta alam”.

Belakangan, kita melihat terjadi “kelainan” dalam dunia dakwah Islam kita. Banyak orang atau bahkan kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai pendakwah, akan tetapi mereka seakan kehilangan “ruh al-da’wah” (spirit mengajak) dan yang terlihat justru “ruh al-adawah” (spirit memusuhi). Pernyataan ini bukan tanpa alasan, melihat massifnya aksi dakwah yang dilakukan oleh sebagian orang atau kelompok dengan mempertontonkan kebencian dan penolakan terhadap siapapun yang “berbeda” dengan mereka.

Tentu hal ini sangat disayangkan, karena semua sepakat, bahwa Islam tidak pernah mengajarkan diskriminasi, tidak pernah mengapresiasi konflik yang disulut oleh SARA. Sehingga, sekali lagi, kita harus mengingat kembali potret perjalanan dakwah Rasul Agung Muhammad SAW yang dipenuhi dengan “ruh al-da’wah” dan bukan “ruh al-adawah”.

Dalam melaksanakan aktifitas dakwahnya, Rasul selalu mengedepankan akhlaqul karimah, inspiratif, tidak hanya aspiratif. Inilah yang kemudian mewajarkan beliau mendapat pujian dari Allah “dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti luhur” (Qs. Al-Qalam/68: 4).

Ayat ini menurut Abu Na’im dalam al-Dala’il dan juga al-Wahidi dalam asbab al-nuzul adalah bentuk apresiasi Allah SWT terhadap keluhuran budi Rasulullah, karena dalam setiap hal, Rasul selalu menampakkan muka yang tersenyum (bassam), bahkan dalam komentar Aisyah, tiada seorangpun yang akhlaqnya lebih baik daripada Rasulullah.

Beliau apabila dipanggil oleh sahabat atau keluarganya selalu menyambutnya dengan muka yang tersenyum seraya mengucap “labbaik” (okey, dengan senang hati). Mendakwahkan Islam dengan muka yang tersenyum inilah yang dipraktekkan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa dakwah Rasulullah sering berhadapan dengan para penentang yang sangat keras, kaku, dan bahkan tidak manusiawi. Akan tetapi, itu semua tidak meruntuhkan moralitas Rasul yang sangat inspiratif. ketegasan yang penuh kesantunan selalu beliau jadikan sebagai model berdakwah.

Tetapi belakangan ini, seakan kita menyaksikan model-model dakwah yang “lain”, berteriak-teriak, melakukan sweeping, main hakim sendiri, merasa paling benar, paling berhak menghuni surga dan sebagainya, yang justru semakin terasa menjauhkan dakwah dari tujuan utamanya, yaitu mengeluarkan orang dari kegelapan menuju terang-benderang. Bagaimana mungkin bisa mengajak orang lain keluar dari kegelapan apabila praktik dakwahnya mengandung “kegelapan” juga?

Point penting yang dapat kita petik dari tulisan sederhana ini adalah keniscayaan menampilkan dan mendakwahkan Islam “with smiling face” (Islam dengan wajah yang tersenyum), Islam dengan tampilan keramahan, karena dengan Islam yang semacam inilah tujuan-tujuan persatuan dan persaudaraan baik antar maupun antara pemeluk agama dan juga antar dan antara warga bangsa dapat tercapai.

Agenda “mempersatukan” dan “mempersaudarakan” merupakan gerakan yang harus dilakukan oleh semua warga bangsa saat ini, bukan sekedar terwacanakan melalui berbagai pembicaraan dan diskusi yang terkadang tidak memiliki makna. Hal ini sangat penting dilakukan di tengah kondisi bangsa yang katanya menjunjung tinggi nilai persatuan tetapi berbagai aksi pemicu disintegrasi tak henti-hentinya merebak dan terkesan “didiamkan”.

Bangsa yang katanya bersaudara tetapi sering menampilkan jiwa-jiwa permusuhan. Bangsa yang katanya menjunjung tinggi demokrasi tetapi tidak siap untuk menerima perbedaan pendapat. Sektarianisme, arogansi kelompok atau golongan, kebiasaan “truth claim” dengan menyesatkan dan mengkafirkan kelompok lain menjadi pemandangan yang sangat biasa di depan mata. Dan hal-hal inilah yang seharusnya sekali lagi menjadi fokus lahan garap kita bersama dalam berdakwah. Wallahu A’lam.

* Dekan Fadakom UNISNU Jepara

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

YPM NU Jepara Berhasil Borong Tropy dalam Ajang Festival Aswaja Tingkat Provinsi

5 Desember 2022 - 12:02 WIB

Peduli Cianjur, Pengurus Ranting NU Tahunan Galang Dana untuk Korban Gempa

4 Desember 2022 - 11:53 WIB

Rakernas Lesbumi NU Ke-V, Ketum PBNU: Mari Membangun Narasi sebagai Strategi

3 Desember 2022 - 03:33 WIB

KH Ma’mun Adullah Hadziq Didorong Masuk Dewan Pembina RSI Sultan Hadlirin

1 Desember 2022 - 04:27 WIB

Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta (baju putih) berbincang dengan salah seorang pasien yang berobat di RSI Sultan Hadlirin, Rabu (30/11/2022).

Wisuda UNISNU, Pesan Rais Aam PBNU : “Masa Depan NU Ada Di tangan Kalian”

30 November 2022 - 03:08 WIB

Riwayat Pesisir Utara, Pusat Penyebaran Islam di Pulau Jawa

29 November 2022 - 00:16 WIB

Kota Pelabuhan Jepara tahun 1600-an (Sumber KITLV)
Trending di Islam Nusantara
%d blogger menyukai ini: